KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kronologi Sejarawan Bonnie Triyana Dipolisikan di Belanda
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e80748bd9f5f228136d3de/kronologi-sejarawan-bonnie-triyana-dipolisikan-di-belanda

Kronologi Sejarawan Bonnie Triyana Dipolisikan di Belanda


Kronologi Sejarawan Bonnie Triyana Dipolisikan di Belanda

Rijksmuseum. Ilustrasi. (AP Photo/Aleksandar Furtula)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pegiat sejarah Bonnie Triyana menciptakan ketegangan di Belanda usai pernyataannya memicu debat panas soal sejarah kelam periode 1945-1947. Dalam memori kolektif di Indonesia, periode itu dikenal sebagai Agresi Belanda. Sementara di Belanda mengenang periode itu sebagai 'Periode Bersiap'.
Ketegangan berawal saat Bonnie meniadakan istilah 'bersiap' dalam galeri pameran yang digelar Rijksmuseum, Amsterdam yang akan dibuka pada 11 Februari dan berlangsung hingga Juni 2022. Pada pameran itu, Bonnie tercatat sebagai kurator tamu.

Dalam ed-op (editorial opinion) ditegaskan tim kurator memutuskan untuk tidak menggunakan kata bersiap sebagai istilah umum yang mengacu pada masa kekerasan di Indonesia pada masa revolusi. Bonnie menilai istilah 'Bersiap' yang digunakan hanya akan menebalkan cap sentimen rasialisme terhadap orang-orang Indonesia semasa periode 1945-1947. 'Periode Bersiap', dalam pandangan Bonnie, selalu menampilkan narasi tentang wajah orang Indonesia yang primitif, biadab, serta tersulut kebencian ras.


"Padahal akar persoalannya adalah ketidakadilan yang diciptakan kolonialisme, yang membentuk struktur masyarakat yang hierarkis secara rasial guna menyelubungi eksploitasi terhadap koloninya," tulis Bonnie dalam sebuah artikel opini di situs NRC, 10 Januari 2022.


Argumentasi Bonnie diungkapkan melalui sebuah fakta-fakta sejarah yang tertulis mengenai kebencian ras yang terjadi di Semarang, Banten, hingga Sumatra. Sebuah kondisi saat kebencian rakyat membuncah terhadap orang-orang Belanda, Tionghoa, hingga pribumi yang mendapat istilah 'kolaborator Belanda' seperti aristokrat, wedana, hingga kesultanan.

Kecaman terhadap Bonnie salah satunya datang dari Federasi Indo-Belanda (FIN) di Den Haag. Mereka menilai apa yang dilakukan Bonnie dan aksinya dalam pameran Rijksmuseum adalah sebuah pemalsuan sejarah. Pihaknya mengklaim sedang mengajukan pengaduan resmi terhadap sang kurator. FIN mengingatkan banyak serdadu Belanda yang tewas usai dibebaskan dari kamp tawanan perang usai Jepang minggat dari Nusantara.  Dalam sejumlah pemberitaan, FIN mengklaim telah melaporkan Bonnie ke Kepolisian Den Haag terkait artikelnya tersebut.

"Pada Kamis (13/1) sore, FIN mengajukan laporan terhadap penyusun atas penghinaan kelompok di sebuah kantor polisi di Den Haag," tulis laporan sejumlah media di Belanda, salah satunya dikutip dari nu.nl.

"Ini tidak lebih dari penolakan periode di mana orang Indonesia mengambil bagian dalam penganiayaan rasis, penyiksaan dan pemerkosaan," pernyataan FIN, melalui Juru Bicara Michael Lentze seperti dikutip dari Dutchnews.nl, 12 January 2022.

"Bahkan para korban harus tunduk pada propaganda Indonesia. Orang-orang yang tidak bersalah dibantai dengan cara brutal." sambung Lentze.

Sementara itu, pihak Rijksmuseum seolah tak ingin terlibat dalam ketegangan tersebut. Pihak museum menegaskan pameran tersebut berfokus pada memori tentang pengalaman pribadi orang-orang yang 'terperangkap dalam konflik besar' daripada masalah rasa bersalah.

Direktur Rijksmuseum, Taco Dibbits mengatakan bahwa kata "bersiap" akan tetap utuh dalam keseluruhan pameran. Menurut Dibbits, adapun esai Triyana mencerminkan "pendapat pribadinya" dan tidak ditinjau oleh departemen komunikasi museum sebelum diterbitkan.

"Kami menafsirkannya dan menempatkannya dalam konteks sejarah semua kekerasan pada waktu itu," kata Dibbits.

"Dalam opini, Bonnie Triyana menunjukkan bahwa dia sendiri lebih memilih untuk tidak menggunakan kata itu," tegasnya.

Pameran Rijksmuseum akan menampilkan 200 objek, termasuk bahan arsip, dokumen, foto, dan lukisan, termasuk tujuh lukisan terpenting dalam sejarah Indonesia sebagai bagian dari pameran. Selain itu, juga ditampilkan Kawan-kawan Repoeloesi oleh Sudjojono dan Biografi II di Malioboro karya Harijadi Sumadidjaja.

Pameran ini dikuratori dua kurator sejarah Rijksmuseum, Harm Stevens dan Marion Anker, serta dua kurator tamu Indonesia: Bonnie Triyana dan kurator Amir Sidharta. Usai gelaran di Amsterdam, pameran serupa juga akan digelar di Museum Nasional pada 2023 mendatang.

(ain/ain)


https://www.cnnindonesia.com/nasiona...ign=cmssocmed.
Londo kepanasan...

FIN organisasi yg kepanasan pas raja Belanda minta maaf ke Indonesia Maret 2020 
dan film De Oost tentang Westerling 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 5 lainnya memberi reputasi
Belanda gatau malu, udh kalah mau balik lgi..bahkan smpet2 nya bantai di peristiwa tragedi Westerling.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
maroonia dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Londo brengsek.
Sukanya main tata kata, mirip-mirip sama orang brengsek yang mainin kata menggusur jadi menggeser atau melukis.

emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
14145 dan 8 lainnya memberi reputasi
Periode bersiap apaan?

Bersiap menjajah lagi? emoticon-Wakaka

Heran seheran herannya ane sama orang Indonesia yang masih overproud dengan Londo, khususon saat piala dunia kok ya ada yang tanpa empati mendukung overproud ke tim oranye. emoticon-Ngakak

Apa kagak inget dulu nenek moyang kita dijajah, ditindas, disiksa sama Londo? emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kepala.Jenggot dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
hal wajar, orang kita juga kepanasan kalo ada yang ngomongin operasi seroja emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
vlad.eisenhauer dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ini fin lagi pengen memaksakan sejarah versi mereka kah?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jerryreality513 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
belanda itu dulu ada taringnya dan masih bisa bersaing dengan inggris, kalau sekarang sih tanpa nato dan sekutu bullshit itu negara gurem gak ada tajinya sama sekali, kalau kalian kalah dari belanda sekarang itu jelas memalukan karena Nazi Jerman sendiri puluhan tahun yang lalu perlu waktu gak sampai 24 jam untuk menaklukkan seluruh wilayah belanda di eropa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jerryreality513
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Bonnie Triyana

Ane jujur aja suka banget sama tulisan dia
Panutan ane kalau baca atikel sejarah
Analisis nya bisa dipertanggung jawabkan dan dia menjelaskan nya sistematis (tanpa kesan ambigu) dan nggak pernah bawa bawa masalah politik

Btw dia redaksi Historia
https://historia.id/

Kalau reaksi Belanda ya wajar lah
Sudut pandang negara yang dijajah dan menjajah pasti beda

Ambil contoh
Chiang Kai Sek
Di Taiwan dianggap pahlawan dan sangat dihormati
Tapi di Tiongkok Daratan ya dianggap negatif

Masih banyak contoh lain nya
Monggo ditambahkan

Beda posisi beda perspektif lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wilkes12 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Si boni aja yg govlog

Kalo belanda ga bikin RIS. Indon udah jadi bancakan sekutu. Mirip irak

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wilkes12 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dimata belanda tahun 1945 terjadi kerusuhan massa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jerryreality513 dan 2 lainnya memberi reputasi
emang gak salah juga sih masa itu emng banyak orang pribumi terlibat kekerasan rasial kepada warga keturunan
profile-picture
autumnfairy memberi reputasi
Diubah oleh Aragons
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bonnie Triyana ..... salut atas keberaniannya emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
wilkes12 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
"Ini tidak lebih dari penolakan periode di mana orang Indonesia mengambil bagian dalam penganiayaan rasis, penyiksaan dan pemerkosaan," pernyataan FIN, melalui Juru Bicara Michael Lentze seperti dikutip dari Dutchnews.nl, 12 January 2022.


Ini bener sebetulnya. Yang gw denger dari cerita2 mbah gw (beliau usia remaja-awal 20an pas jaman agresi militer belanda), emang orang2 Indonesia juga banyak yg gitu. Belanda emang nafsu buat balikin daerah kekuasaannya, tapi justru yang paling bengis itu tentara2 bayaran pribumi atau yang emang pengen manfaatin belanda buat rebutan kekuasaan.
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Namanya juga sejarah, beda orang beda penamaan..... coba nama orang yang laporin itu di bikin list, biar nanti mereka kalo ke indo jadi ga bisa pulang
Mau benar atau salah, ane dukung Bonnie emoticon-Belgia
diskusi intelektual lawan dengan diskusi juga, yang penting sama2 ada datanya

klo dikit2 lafor folisi apa bedanya dengan wakanda? emoticon-Big Grin


ngakunya negara demokrasi emoticon-Big Grin
profile-picture
jerryreality513 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emang bisa ya pendapat keilmuan dipolisikan ? klo bisa sampe batasan mana ?
profile-picture
jerryreality513 memberi reputasi
memang ada periode kelam setelah jepang pulang dari tahun 1945-1946, yaitu pembantaian bule-bule sipil eropa (tidak hanya orang belanda) sebanyak 20 - 40 ribu di seluruh indonesia. dinamakan "Periode Bersiap" oleh orang luar.

baca-baca di wikipedia english saja (bukan wikipedia yang id). wikipedia english kan bisa diedit semua orang dari berbagai negara asalkan mencantumkan bukti artikelnya.
https://en.wikipedia.org/wiki/Bersiap
profile-picture
jerryreality513 memberi reputasi
Diubah oleh kampret.strez
Post ini telah dihapus
Gak usah kaget.
Sejarah emang ditulis secara subjektif.
profile-picture
jerryreality513 memberi reputasi
kepanasan gimana indon bayar kali ratusan sampai ribuaan triliun supaya RI merdeka dari belanda suriname aja gratis
profile-picture
jerryreality513 memberi reputasi


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di