KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sering Muncul Kasus Perceraian dan KDRT, Inikah Bukti Pernikahan Butuh Perencanaan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e737797df0fb60496825d3/sering-muncul-kasus-perceraian-dan-kdrt-inikah-bukti-pernikahan-butuh-perencanaan

Sering Muncul Kasus Perceraian dan KDRT, Inikah Bukti Pernikahan Butuh Perencanaan?

Sering Muncul Kasus Perceraian dan KDRT, Inikah Bukti Pernikahan Butuh Perencanaan?
Sering muncul dan beredar kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) sampai dengan perceraian dan pembunuhan karena sebuah masalah, apakah tandanya menikah itu butuh perencanaan?


Menikah, bagi semua orang yang normal baik itu laki-laki ataupun perempuan pasti menginginkan hal ini.

Menjalin hubungan rumah tangga berdasar pada kasih dan sayang tentu menjadi impian bagi semua orang.

Bahkan saat ini sering kali anak-anak usia remaja yang gila cinta dan kasih sayang memberanikan diri membangun rumah tangga tanpa ada perencanaan dan kesiapan baik mental maupun yang lainnya.

Menikah tanpa adanya kesiapan mental dan kemapanan ekonomi sudah dapat dipastikan akan ada masalah yang timbul setelah menikah.

Tidak jauh-jauh, sering muncul berita atau kabar perceraian yang terjadi menimpa rumah tangga baru yang di dalamnya anak-anak remaja kurang cukup usia memaksakan diri untuk menikah.

Lantas apa saja sih yang harus dipersiapkan dan direncanakan sebelum menikah?
Apakah bisa hanya modal cinta kasih sayang dan niat saja?


Sering Muncul Kasus Perceraian dan KDRT, Inikah Bukti Pernikahan Butuh Perencanaan?
sumber gambar

1. Kemapanan Pikiran dan Keuangan
Ini adalah hal yang utama dan paling penting GanSis.
Setiap pernikahan baik istri atau suami harus mapan dalam berpikir dan keuangan.

Maksud dari kemapanan pikiran adalah dapat mencari solusi atas setiap masalah yang dihadapi, mencari jalan keluar berdua dengan cara baik-baik, serta tidak ada emosi dalam menyelesaikan masalah.

Kalaupun ada salah satu orang yang emosi maka salah satu harus bisa untuk sementara waktu menahan diri dan tidak menanggapi agar masalah tidak semakin luas.

~ Mapan Keuangan
Tidak perlu munafik untuk mengakui bahwa kehidupan sehari-hari membutuhkan uang.

Banyak muncul kasus perceraian atau bahkan sampai pada pembunuhan yang diakibatkan karena masalah ekonomi.

Tuntutan dari salah satu pasangan membuat diri pasangannya merasa emosi, geram, atau bahkan kalap melakukan yang tidak-tidak. Sebab itulah sebelum menikah mapanlah dalam pikiran dan keuangan.

Sering Muncul Kasus Perceraian dan KDRT, Inikah Bukti Pernikahan Butuh Perencanaan?
sumber gambar

2. Kepercayaan
Tidak kalah penting dari kemapanan pikiran dan keuangan, kepercayaan juga sangat penting untuk dimiliki oleh sepasang suami istri.

Saat suami meragukan istri atau istri meragukan suami tanpa adanya komunikasi yang baik maka akan terjadi perselisihan, perselingkuhan, pengkhianatan.

Krisis kepercayaan kepada pasangan akan membuat seseorang mudah curiga tanpa alasan, cemburu berlebihan, khawatir tanpa arah dan tujuan.

Ingat, jika sepasang kekasih telah memutuskan untuk menjalin sebuah ikatan pernikahan berdasarkan cinta dan kasih sayang, maka mereka harus bisa berkomitmen dan menjaganya sampai akhir.

Jadi kesimpulannya sebelum menikah maka sepasang kekasih harus bisa saling menjaga kepercayaan satu sama lain ya GanSis.

Sering Muncul Kasus Perceraian dan KDRT, Inikah Bukti Pernikahan Butuh Perencanaan?
sumber gambar

3. Kehormatan
Keperawanan maupun keperjakaan masih sering dipermasalahkan sebelum menjalin sebuah ikatan pernikahan.

Kebanyakan orang masih memegang teguh nilai bahwa perawan dan perjaka adalah sebuah kehormatan.

Tidak sedikit seseorang yang membatalkan pernikahan karena mengetahui pasangan sudah tidak lagi suci dan tidak mampu menjaga kehormatan sebelum menikah, itulah sebabnya pembicaraan tentang perjaka atau perawan itu perlu dibicarakan sebelum adanya pernikahan.

Sering Muncul Kasus Perceraian dan KDRT, Inikah Bukti Pernikahan Butuh Perencanaan?


Bagaimana, apakah kalian yang ingin menikah sudah memikirkan dan siap semua yang perlu dipersiapkan?

Ingat menikah adalah ibadah dan ibadah tidak ada yang dilakukan dengan menyakiti satu sama lain.

Oke, semoga thread kali ini bermanfaat dan bagi GanSis yang ingin menambahkan pendapat boleh komentar di bawah.


Sering Muncul Kasus Perceraian dan KDRT, Inikah Bukti Pernikahan Butuh Perencanaan?


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Opini pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
emoticon-Matabelo nikah gak cuma butuh niat mandi wajib
profile-picture
Rainbow555 memberi reputasi
emoticon-Ngakak yang jomlo sabar dulu
profile-picture
Rainbow555 memberi reputasi
Kuncinya saling pengertian...

Itu sudah.

Walau hidup susah akan terasa susah rasanya jika kita saling mengerti..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tonozz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Pernikahan butuh kekerasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tonozz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kebanyakan yang mau nikah cuma mikir enak2nya aja... Gak mau tau tanggung jawabnya gimana...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Mystheary
Menikah harus siap lahir batin, harus sabar dan harus saling percaya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dr pengalaman smua teman2ku sih menikah perlu duit...banyak...
awalnya sok2an karna cinta...
pas uda nikah,ada anak...
baru sdar kalo susu formula,pampers dll mahal...
gaji cowo nya nda cukup...
istri ngamuk2...
suami emosi karna masih labil akhirnua main tangan...
istri lapor ortu...cerai...
anak? nda ada yg urus dr ortu...
dititipin ke kakek neneknya...
akhirnya kimpoi lagi...
dan ulangi lagi siklus itu...
makanya kalo ada anak kecil ayo remaja nda sopan santun,tawuran dll itu salahkan ortunya...mereka kira besarkan anak kucing bukan manusia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agenmiskin dan 12 lainnya memberi reputasi
Ane sesalkan jg
Byk anak muda yg pola pikir nya cetek / ortu nya jg kolot nyuruh nikah dini

Laki nya mokondo, cewe nya ga selektif
Alhasil beranak pinak, anak ga ke urus
Krn ekonomi ga kuat.

Abs itu kejadian konflik dalam rumah tangga
Cere, akhirnya luntang lantung

emoticon-Cape d... emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Tonozz dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh shast777
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
ya pada dasarnya pernikahan adalah penjara, ud siap utk tidak bebas lagi?


emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote "namanya jg masih remaja", "namanya jg masih labil" "maklumin aj" itu halu dan sesat bgt. Ga ad quote lain yg lbh mendidik?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
icecool87 dan 2 lainnya memberi reputasi
usahakan ente tajir dulu sebelum berpikir untuk pacaran baik di pihak cewe maupun cowo....supaya kualitas penerus nya juga agak mendingan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
nikah tanpa rencana, modal dan mental? mampus, madesu, goblok.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Diubah oleh wen12691
Pernikahan itu kehidupan keras bung...bukan buat kaum yg mendang mending, mending nikah drpd zina..mending nikah drpd kumpul kebo, saran ogut buat elo2 yg ga bs nahan euwe atau biji pelirnya celamitan, mending ente jajan l*nte ketauan..abis diembat ga kepikiran, drpd ngegarap pacar atau anak orang..sampe bunting mental belum siap, ribet ujungnya nnti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
giovanni2406 dan 3 lainnya memberi reputasi
Apakah setiap kegagalan adalah krn tdk ada perencanaan??

gagal itu hal yg lumrah terjadi dlm kehidupan manusia. Dr situ manusia bisa mendapat pelajaran asam garam nya dunia...

Org yg menjelekan kegagalan... artinya org tsb masih bocah... belum mencicipi kerasnya dunia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:

emoticon-Matabelo iya gan, apa lagi menikah usia dini

Quote:

emoticon-2 Jempol tepat

Quote:

emoticon-Matabelo iya gan, makanya harus matang pemikiran, keungan, dll

Quote:

emoticon-Cape d... jangan sampai ada yang meniru

Quote:

emoticon-Matabelo sebenernya gak seutuhnya penjara juga sih gan
profile-picture
shast777 memberi reputasi
Quote:

emoticon-Cape d... gak bisa dimaklumi kalau soal yang swrius begitu

Quote:

emoticon-2 Jempol bener

Quote:

emoticon-Matabelo ngeri ya

Quote:

emoticon-Matabelo sebenernya gak baik juga sih sarannya ini

Quote:

emoticon-Matabelo kalau bisa ya jangan gagal di dalam pernikahan gan
profile-picture
agenmiskin memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nikah jangan skenario, apalagi sampe 24 kali.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
nikah itu butuh usaha.waktu dan komitmen dari ke2 pihak emoticon-linux2 kebanyakan yg nikah buru2 dan muda cuma gara2 mau eue legal, padahal secara hidup masih hedon foya2 dan keinginan yg pengen dipenuhi emoticon-Nohope ujung2 pas punya anak hidupnya ngeluh terus emoticon-Nohope pengalaman punya kolega tempat lama nikah umur baru 23 sekarang punya anak padahal bininya juga kerja tapi setiap ngoceh ngeluh mulu kekurangan dsb emoticon-Nohope tapi hobi manas2in orang yg belom nikah biar ada orang yg kesusahan kyk dia emoticon-Nohope
saran klo nikah niatnya cuma mau eue mending jangan emoticon-linux2 dijamin pas nikah juga jarang2 atau bosen emoticon-linux2 mending habis beberapa ratus ribu buat BO emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
masnukho dan wen12691 memberi reputasi
Diubah oleh gusmi21
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bener gan.. mayan jd pembelajaran nih... niceeee
profile-picture
masnukho memberi reputasi
yang paling utama niat gan, lalu kesiapan lahir batin... Nikah itu ga cuma urusan kasur, tapi lebih kompleks. Untuk menjalani semua itu butuh yang namanya komunikasi dengan pasangan. Biar gimana pun suami istri adalah seorang pribadi yang berbeda, supaya ga bentrok perlu yang namanya dialog dan saling pengertian...emoticon-Big Grin
profile-picture
masnukho memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di