KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Fenomena Ghozali Everyday, Mengguncang Seni Tingkat Dewa!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e680f3a9e0216e4b44b428/fenomena-ghozali-everyday-mengguncang-seni-tingkat-dewa

Fenomena Ghozali Everyday, Mengguncang Seni Tingkat Dewa!



Fenomena Ghozali Everyday, Mengguncang Seni Tingkat Dewa!

Saat ini Indonesia sedang diguncang dengan fenomena Ghozali Everiday, karena menjadi kaya akibat fotonya di beli orang dengan nilai yang fantastis di opensea.

Banyak orang yang melihat foto-foto itu dianggap biasa-biasa saja, tapi kenapa laku keras dan mendulang uang, itu yang membuat orang heran, lantas latah meniru jejaknya.

Foto-foto Ghozali nama lengkapnya Sultan Gustaf Al Ghozali, memang dijual dalam bentuk NFT, yaitu sebuah karya yang dijual online dalam bentuk cryptocurrency, seperti Bitcoin (BTC) atau Ethereum (ETH).

Fenomena Ghozali Everyday, Mengguncang Seni Tingkat Dewa!

Namun pemikiran orang Indonesia yang melihat opensea ini bisa menjual foto yang sederhana dengan hasil yang luar biasa, tentunya mereka punya pemikiran hal itu sangat mudah, tapi tentunya juga tidak sesederhana itu. Sama halnya dengan konten kreator untuk mendulang penghasilan diperlukan kreatifitas, tidak mudah mencari subscriber atau follower bahkan mengundang views dan hasilnya ada yang sukses banyak juga yang gagal.

Dari kasus Ghozali ini kita akan membahas dulu teknologi dibaliknya,

Fenomena Ghozali Everyday, Mengguncang Seni Tingkat Dewa!

Karena bisa dibilang dunia ini perubahannya semakin gila semakin radikal, tidak hanya kaum tua bahkan kaum muda sajapun kalau gaptek teknologi akan terseok-seok mengejarnya. Otomatis idealis bukan harga mati di dalam dunia digital, tapi hype dan mengikuti arah pasar itu yang harus dicari.

Seperti teknologi blockchain, ini yang dipakai dalam transaksi digital lewat opensea. Karena pada dasarnya blockchain ingin menciptakan transaksi yang aman, cepat dan simple, terdesentralisasi, serta permanen menarik minat banyak industri karena ingin menghilangkan peran bank.

Dimana bank, rentan terhadap serangan hacking dan pelanggaran keamanan yang canggih.

Quote:


Fenomena Ghozali Everyday, Mengguncang Seni Tingkat Dewa!

Namun di tahun 2014, blockchain juga mengenalkan Non-Fungible Token (NFT), intinya sih adalah berkas digital yang sudah disertifikasi sebagai karya seni, dan mempunyai keunikan hal itu bisa berupa koleksi foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game, dan sebagainya.

Kenapa foto Ghozali bisa laku mahal?

Fenomena Ghozali Everyday, Mengguncang Seni Tingkat Dewa!

Jadi contoh simple yang dilakukan Ghozali, adalah seperti ini, kalau kamu punya kaus bola beli di tanah abang Rp 100 ribu, tentu kalau ada orang yang punya kaus yang sama nilai jualnya juga tidak berubah, tapi kalau kaus kamu ditandatangi oleh Christiano Ronaldo, atau legenda sepakbola lainnya dan tersertifikasi originalitasnya, maka nilainya akan lebih mahal bila di jual.

Jadi Ghozali bukan hanya sekedar menjual foto selfienya saja, tapi ia menjual berkas digital yang menunjukkan sertifikasi keunikan dibandingkan yang lainnya.

Jadi yang dijual Ghozali adalah sebuah karya seni, yang terkadang seni itu tidak bisa dijelaskan dengan pemikiran yang logis.

Fenomena Ghozali Everyday, Mengguncang Seni Tingkat Dewa!

Coba lihat lukisan interchange diatas, yang dilukis tahun 1955 dan terjual di tahun 2015 dengan harga USD 300 juta sekitar Rp 4,3 trilliun. Apakah menurut kamu lukisan diatas bagus? Atau kamu bisa membuat lukisan yang lebih bagus dari itu?

Apa yang menyebabkan harga dari sebuah karya bisa dijual mahal?

Pertama, siapa yang membuat karyanya, dan ada histori apa yang terjadi dibalik si karya tersebut.

Quote:


Cerita dibalik sebuah karya ini yang membuat harganya menjadi tak bernilai dan mahal.

Kedua, tempat menjual karya seni tersebut, atau biasanya kita lebih mengenal tempat lelangnya.

Ketiga, adalah karyanya memang menarik dan disukai oleh banyak orang.

Terakhir, adalah keunikan dari karya yang ditampilkan. Tentu ini semua memberikan dampak mengapa sebuah karya bisa terjual dengan harga yang fantastis, dan dibeli dengan sudut pandang subjektif.

Fenomena Ghozali Everyday, Mengguncang Seni Tingkat Dewa!

Lalu bagaimana dengan karya Ghozali?

Tentu ini berkaitan dengan rumah lelangnya, yang berganti menjadi marketplace yaitu opensea yang mudah diakses banyak orang dan cukup diakui dunia. Pembuatnya adalah Ghozali dan yang membeli adalah orang yang secara subjektif tidak secara logis, menilai hal itu unik karena ada histori dibalik foto itu selama 5 tahun dibalik PC atau laptop dan pantas dibeli dengan harga tinggi.

Dan hal itu pernah dilakukan Scott Winkelmann, dimana NFT everyday berupa kolase foto dari 2007 hingga 2020. Yang laku dihargai Rp 991 Milliar.

Fenomena Ghozali Everyday, Mengguncang Seni Tingkat Dewa!

Jadi bila hanya latah, lalu asal menjual foto selfie dijamin tidak bisa mengikuti langkah Ghozali yang memang bisa dikatakan cukup beruntung di dunia NFT. Karena proses, kreasi dan tentunya edukasi diperlukan untuk berkecimpung di dalam dunia digital dimasa depan.



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Fenomena Ghozali Everyday, Mengguncang Seni Tingkat Dewa!

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2022
referensi : klik, klik, klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Fenomena Ghozali Everyday, Mengguncang Seni Tingkat Dewa!








profile-picture
profile-picture
profile-picture
gepyan dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh c4punk1950...
Halaman 1 dari 2
Liar biasa nih mamaliaFenomena Ghozali Everyday, Mengguncang Seni Tingkat Dewa!
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Ane tetap bertahan di KASKUS...
emoticon-Cool

Kali aja di kemudian hari, cendol bisak diuangkan...
emoticon-Goyang
Fenomena Ghozali Everyday, Mengguncang Seni Tingkat Dewa!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
underman527 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh adolfsbasthian
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
komen ane tetap sama, money laundering
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
Bisa jadi modus operandi suap menyuap, bisa jadi modus operandi utk money laundering.

NFT keren !!!
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Dunia seni itu abu²
Ibarat air seni, buang air seni bikin tubuh sehat. Tp bagi org lain bisa jadi musibah, apalagi org sering buang seni sembarangan + abis makan jengki
Kaya atas ane
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
ya ini mah seperti kayak bacan, gelombang cinta dll.. yang ngerti harga dan value nya ya orang2 di komunitas tersebut. kalo ane sebagai awam ya ogah banget beli gituan...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Exploitasi kata "SENI" yang berlebihan dan nampaknya udah jadi bumerang saat ada posting foto bakso di openseas lu pada kelonjotan padahal itu seni
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Sebagus2 nya lukisan tidak akan bisa mengalahkan hasil foto... Yg bikin mahal dari seni nilai intrinsik nya ya gan... Ane cuman bisa mangap aja baca tulisan gan cap emoticon-Matabelo
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Dulu pas awal2 beeple trending , nft seperti membawa angin segar buat pekerja seni digital, eh sekarang malah sepert gini
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Bingung mau komen apa .. ane tetap setia investasi di Logam mulia
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Dan gara2 dia sekarang opensea jadi tempat sampah banyak orang indo tolol jual gambar random dijadikan NFT

ada yg jual potongan rambut tampil dari belakang, ada yg jual sisa makanan bahkan ada yg jual foto ktp nya. diambil orang dijadikan modal pinjol baru tau rasa emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
knoopy dan c4punk1950... memberi reputasi
seni itu mahal bos ... kecuali air seni wkwk
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Abis up NFT masuk open sea trs buka dompet, eh giliran mw coba post sampel seni harus pake ETH dan ternyata upload bayar .
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Udah ane baca
Ane ulang baca lagi
Ane baca lagi berulangkali
Sampai akhirnya ane berulangkali baca

TETAP AJA ANE NGGAK NGARTI
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akurza22 dan 4 lainnya memberi reputasi
Gak ngerti lagi ane sama berita ginian.
Ane tetap setia dengan kesibukan ane, mendaki gunung. Itu sudah.
profile-picture
profile-picture
Rainbow555 dan c4punk1950... memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kalau yang niru2 dipastikan tidak akan pernah bsia menyamai. Aslinya masih banyak peluang lain tapi kita itu sukanya niru2 doang gans.
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Rejeki sudah ada yang atur gan... jalani sesuai pribadi masing2 aja...
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Org indo pasti mikirnya copy paste gambar trs upload di opensea emoticon-Smilie)
profile-picture
profile-picture
akurza22 dan c4punk1950... memberi reputasi
Nice info gan... Thanks
profile-picture
c4punk1950... memberi reputasi
Diubah oleh taura0112
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di