KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Terlihat Sepele, Ini Cara Atur Spion Kendaraan yang Benar dan Aman!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e5886afcfead40870553b6/terlihat-sepele-ini-cara-atur-spion-kendaraan-yang-benar-dan-aman

Terlihat Sepele, Ini Cara Atur Spion Kendaraan yang Benar dan Aman!

Terlihat Sepele, Ini Cara Atur Spion Kendaraan yang Benar dan Aman!

[ HT# 914 ]

Berfilosofilah pada spion kendaraan; "Kita perlu lihat ke belakang sekali-kali, agar kita punya reminder dan waspada", itulah yang pernah saya dengar dari mentor saya. Kaca spion kendaraan yang terlihat sepele ternyata amat penting bagi keselamatan dan bukan aksesoris kendaraan semata.

Belakangan kaca spion aftermarket banyak beredar jenis dan bentuknya, meski sama-sama merefleksikan 'penampakan' objek di belakang tapi terkadang visualnya lebih terbatas dari ukuran standar. Ini sangat tidak disarankan terlebih demi gaya posisinya berpindah tempat atau ukurannya semakin kecil maka titik blind spot akan semakin besar, berbahaya!

Terlihat Sepele, Ini Cara Atur Spion Kendaraan yang Benar dan Aman!

Bentuk dan ukuran spion standar pabrikan dibuat oleh insinyur otomotif dengan pertimbangan, perhitungan berbagai aspek keselamatan dan kenyamanan berkendara, untuk itu buatlah posisi spion tetap fungsional dan maksimal sesuai peruntukannya.

Lalu bagaimana tips mengatur spion yang baik dan benar, berikut informasi yang saya dapat dari teman bengkel langganan saya.

Terlihat Sepele, Ini Cara Atur Spion Kendaraan yang Benar dan Aman!

PERTAMA. Pastikan kondisi fisik spion dalam keadaan baik dan berfungsi normal, cermin yang tidak bergetar, cermin tidak jamuran atau pecah. Letak spion yang tidak pada tempatnya mungkin patah, menghadap atas atau ke dalam), cermin kotor membuat visual rider atau pengemudi jadi terbatas.

Kaca spion yang cerminnya kotor sebaiknya dibersihkan dulu, kalau rusak sebaiknya langsung diganti. Berkendara dengan spion yang tidak layak pakai sangat berbahaya dimana blind spot belakang sangat besar disini. Rawan di tabrak atau diserempet dari belakang terlebih di kondisi jalan yang cahayanya minim atau lalulintas padat.

KEDUA. Buat kamu sebagai rider atau pengemudi di posisi duduk senyaman mungkin, sesuai kebiasaan sehari-hari. Pastikan juga tetap mudah mengoperasikan rem dan transmisi, atur pandangan kiri dan kanan kaca spion agar dapat menjangkau pinggiran tengah-ujung belakang bodi kendaraan kita, objek dibelakang terdekat dan terjauh dengan sangat baik.

Terlihat Sepele, Ini Cara Atur Spion Kendaraan yang Benar dan Aman!

Jika spion tengah mobil, aturlah agak menunduk agar kita tidak selalu mendongak atau menggerakkan kepala terlalu sering karena akan menganggu kosentrasi berkendara. Jika kebetulan penumpang sedang penuh maka sesuaikan sudut pandang spion tengah agar tidak terhalang oleh penumpang atau barang. Jika malam hari ada pantulan lampu kendaraan belakang maka aturlah lagi posisi spion agar tidak menyilaukan tapi visual pengemudi terhadap objek dibelakang melalui spion tetap terlihat baik.

KETIGA. Memasang spion tambahan bisa jadi cara terbaik untuk menambah luas visual raider atau pengemudi. Ya, spion tambahan di olshop banyak dijual ukuran, bentuk dan peruntukkannya, mulai dari sifatnya tambahan sampai sekaligus sebagai kamera perekam (dashcam).

Terlihat Sepele, Ini Cara Atur Spion Kendaraan yang Benar dan Aman!

Agar tidak berkesan berlebihan dalam memasang spion tambahan cobalah untuk fokus pada blind spot pandangan di posisi duduk ternyaman kita, faktor lain karena mungkin postur kita pendek atau lebih tinggi, keterbatasan penglihatan, tentu membutuhkan spion tambahan sesuai kebutuhan saja. Semoga bermanfaat.


Terlihat Sepele, Ini Cara Atur Spion Kendaraan yang Benar dan Aman!

Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel


Terlihat Sepele, Ini Cara Atur Spion Kendaraan yang Benar dan Aman!
Terlihat Sepele, Ini Cara Atur Spion Kendaraan yang Benar dan Aman!
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
profile-picture
profile-picture
davecchio dan jlamp memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Gassskeuuun! emoticon-Ngacir2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ane gan, pas pakai motor cewek
(temen, sodara, tentangga dll)
Sering bet spion kiri tu auto madep muka njer
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ashrose dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
GanKrim bikin trit hampir tengah malem... Ckckck...
emoticon-Matabelo
Terlihat Sepele, Ini Cara Atur Spion Kendaraan yang Benar dan Aman!
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
spion mobil sekarang ringkih dan mahal 2

mending cery ane hu
Emang sih. Tp gw set seluas mungkin tp tetep keliatan body mobil sedikit.. buat ngkukur sama biar bisa lurus sama jalanan
ya ella begitu aja pake diajarin.
kita pake logic aja udah bisa. ane selalu mengutamakan pandangan yg luas kalo bawa mobil. spion selalu disetting body mobil sedikit sekali terlihat. sisanya ke luar
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Banyak yang masih menganggap spion ini tidak berguna. Padahal sangat krusial sekali, apalagi kalau jalan di jalur cepat, kalau tiba2 pindah jalur tanpa lihat belakang bisa masalah
profile-picture
piscerian memberi reputasi
Yang paling bikin ngeri adalah kendaraan yang berada di samping bukan yang dibelakang......sering miss
owalah baru tau ane
Gue dulu pernah bonceng kendaraan temen, spion nya di pilox cat.. pas jalan langsung gue tanya, itu kagak dipakai apa? Terus dijawab, gak perlu kok..
Gue pasrah dah.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Gitu yak
{thread_title}
Diubah oleh indra.blora
Post ini telah dihapus
ane sering tuh benahi spion waktu motornya jalan, udah tau bahaya bukannya berhenti dulu. Tapi sekarang udah enggak sih tobat
profile-picture
iskrim memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
oh gitu

nice thread
Gw kadang gak percaya spion, kadang melirik ke belakang bray buat memastikan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Kalau gue ada 2 setingan, mau dalam kota atau lukot. Kalo dalam kota rada sempit buat ngantisipasi motor beat mber yang suka mepet-mepet. Mode lukot biasanya lebih luas area yg keliatan di spion, soalnya banyak lewat jalan tol
profile-picture
iskrim memberi reputasi
masih menjadi misteri bagaimana cara melihat dengan spion seperti ini, sering di jumpai kalangan anak touring


https://s.kaskus.id/images/2022/01/18/2637305_20220118043132.PNG
Klo yg kiri kanan biasanya cm dapat ekornya aja atau pilar C supaya pandangan sampingnya lebih luas... klo tengah biasanya pas di kaca belakang...

Jangan terlalu melipat sehingga sampai pintu depan kelihatan, klo kayak gitu biasanya besar blindspot nya...

Mohon petunjuk jika keliru...
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nice threadnya gan., emoticon-Om Telolet Om!


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di