KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wanita Asal Madura Tak Tamat SD dan Jualan Cemilan, Kini Jadi Miliarder di Arab
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e55cabdd2f450c4a659bcc/wanita-asal-madura-tak-tamat-sd-dan-jualan-cemilan-kini-jadi-miliarder-di-arab

Wanita Asal Madura Tak Tamat SD dan Jualan Cemilan, Kini Jadi Miliarder di Arab

Wanita Asal Madura Tak Tamat SD dan Jualan Cemilan, Kini Jadi Miliarder di Arab

Menjadi TKI di negeri orang memang terkesan seperti menjalni kehidupan nan keras, tapi tidak semuanya mengalami nasib yang ironis. Di tengah usaha mencari nafkah, ada beberapa yang berhasil menemukan titik balik dalam hidupnya.

Belakangan nama Risma, mencuat karena latar belakangnya yang bahkan tak lulus sekolah dasar. Mencoba peruntungan di Arab Saudi, ternyata mengantarkannya bertemu rezeki yang tak diduga-duga.

Tapi hal ini bukannya terjadi begitu saja dan membuat dia menjadi crazy rich Indonesia. Berikut ini cerita lengkapnya.

Sejak kecil, Risma memang merasakan tantangan hidup yang besar mengikuti orang tuanya. Menurut penuturannya di kanal Youtube Faiz Slamet, wanita tersebut hanya sempat merasakan bangku sekolah hanya sampai kelas 5 SD. Selanjutnya, orang tua Risma membawanya ikut mengadu nasib di Arab Saudi untuk menetap dan bekerja di sana..

Sementara itu, orang tuanya sendiri juga bukan ke Arab dengan modal besar. Sang ayah langsung bekerja ikut orang sebagai driver. Sementara ibunya tidak bekerja. Tapi, Risma sendiri diberkahi kemampuan untuk wirausaha sejak masih muda. Yakni dengan jualan snack kecil-kecilan ke rumah-rumah.


Produk pertama yang jadi modal kesuksesannya hanyalah cemilan seperti kerupuk yang banyak kita temukan di warung-warung sekitar. Tapi di tangan Risma yang masih muda, ia mulai pasarkan dari skala rumahan. Tak terasa, ia sedang belajar bisnis secara otodidak dan mulai menjajakan bak PKL di depan hotel-hotel, sampai akhirnya Risma bisa memasukkan produknya ke toko.

Ada sebuah cerita yang cukup menarik. Di mana ia sempat berjualan di sekitar Laut Merah. Saat itu, masih belum ada penjual di sana. Risma melihat peluang ini dan mulai menjajakan jualannya. Sejak itu, mulai banyak orang ikut berjualan di lokasi tersebut. Produk cemilan Risma juga masih ada, tapi kini karyawannya yang melanjutkan. Bakat pelopor dan kegigihan wanita keturunan Madura itu memang mengagumkan.

Awalnya, Risma memiliki 4 karyawan dari keluarganya sendiri. Tapi kini, ia bisa menyewakan sebuah gedung untuk tempat tinggal pegawai yang jumlahnya bisa mencapai 14-80 an orang, dengan biaya sekitar Rp 500 juta per tahun. Hal ini karena Risma tak hanya berhenti di produk cemilan. Ia juga membuka bisnis katering yang melayani jemaah haji.

Keuntungan Risma dari bisnisnya ini, pernah mencapai 3,7 M dalam rupiah di tahun 2010. Pada masa itu, tentunya nilai sefantastis ini sangat besar. Ini yang membuat Risma sempat disebut sebagai miliarder. Tapi bisnis yang keuntungannya sebuas itu, ruginya juga tak kalah ganas.

Wanita berhijab ini menuturkan bahwa ia sendiri pernah rugi dalam jumlah miliaran. Karena kadang ada kecurangan dari sisi mitra agen travel atau faktor lainnya, seperti pandemi kemarin. Menyikapi dengan intonasi yang tetap tenang dan legowo, ia menceritakan bahwa namanya hidup, tantangan seperti itu sudah biasa dan pasti ada.

Nah yang luar biasa adalah meski boncos, dirinya masih diberkahi kemampuan untuk tetap membayar gaji pegawai. Memang begitulah rezeki bila diusahakan dengan benar dan niat yang baik ya, selalu ada jalannya meski secara matematika manusia sepertinya tidak mungkin.

Ketika paceklik penghasilan dari bisnis cemilan akibat pandemi, usaha catering Risma masih berjalan sehingga ada pemasukan yang cukup dari situ.

Beli mobil seperti beli kacang goreng, ajak pegawai liburan di asetnya sendiri

Jam terbang nampaknya tak membohongi bagaimana ia bisa mengelola dan membesarkan usaha dengan modalnya sendiri. Selain itu, apa yang ia dapatkan tak dinikmati sendiri, melainkan juga bisa dirasakan oleh orang-orang sekitar maupun karyawannya.

Risma selain memiliki beberapa aset pribadi dan mobil harga seratus jutaan yang standar baginya, ia juga memiliki sebuah bisnis properti berupa bangunan peristirahatan. Penikmatnya bukan hanya orang yang menyewa untuk acara keluarga dan lain-lain, tapi ada kalanya ia membawa pegawainya bersantai di tempat tersebut. Bangunan ini memiliki fasilitas seperti panggung karaoke, halaman luas, kolam renang dan tempat bermain anak.

https://www.boombastis.com/wanita-ma...er-arab/300220

Rezeki ga kemana
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Iya.

Oke.

Sip.
profile-picture
profile-picture
Mosta2011 dan pilotugal2an541 memberi reputasi
Subonnolloh, barokah ya ukhti emoticon-Nyepi
Lihat 26 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 26 balasan
ini baru keren emoticon-2 Jempol

biar kata dia gak sekolah, tapi dia mau belajar emoticon-Big Grin


banyak di negeri ini yang es2 dan es3 yang cuman pandai merangkai dan menata kata supaya membenarkan hal2 yang tidak benar emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buncitbubar dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pesan moralnya: nga usah sekolah atau apa nih (?)

.......emoticon-Ngacir
Ga pake disuntik dana puluhan M bisa sukses
Madura yg baik
Wes rejekine
Rico huang ngakunya dari 0
William tanuwijaya ngakunya dari 0
Kaesang ngakunya dari 0
Sekarang risma dari 0 juga
.
.
.
Kekuatan dari 0. .emoticon-Angkat Beer
story bullshit,isi thread doi blng bokapny kerja d Arab cm sopir,tp kok bs bw bini ame anak k Arab? doi blng jualan cemilan awalny model PKL ddpn hotel2,itu Arab Saudi ape negeri +62? thn 2010 bs profit 3,7M ame puny 4 org karyawan? klo story success kudu jujur dunk mbak,blg aje kimpoi ame org Arab,dpt duit bs buka usaha cemilan trus profit gede.emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Cerita2 semacam gini kebanyakan ada sesuatu nya. Ga boleh terlalu di percaya Lah




emoticon-Traveller




profile-picture
profile-picture
profile-picture
tepsuzot dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bajier
ingat ya adik2, dia ga sekolah bisa sukses karena diluar itu dia menekuni suatu bidang
profile-picture
Nibrashilmy2 memberi reputasi
Warga the lock lemack yg sukses di ngarab gak cuma dia brayyy... yg lebih sukses vanyak. jd keinget kang jualan obat kuat disono.
Yang penting berusaha n berdoa, rejeki pasti datangemoticon-Imlek
berita model beginian nih yg sesat... seolah2 nonjolin kalo kaga sekolah bisa sukses dan kaya...ckckckck
profile-picture
ambarawan memberi reputasi
Tekad dan Konsisten yang luarbiasa emoticon-thumbsup
Post ini telah dihapus
Knapa berita kalo bikin headline nggak pernah yang positif ya.

Ngapain coba ditulis ga lulus sd.
Malah bikin orang males sekolah
"Menurut penuturannya di kanal Youtube Faiz Slamet, wanita tersebut hanya sempat merasakan bangku sekolah hanya sampai kelas 5 SD.

mbak ini blm sempat dpt pelajaran peribahasa kelas 6 sd, yakni
daripada hujan emas di negeri orang lebih baik hujan batu di negeri sendiri
yoii emoticon-Angkat Beer
wis garis uripe,,

wis ben lah

Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di