KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Guru Disebut "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa", Berapa Gajinya Di Indonesia?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e5362855439d791a37a7ce/guru-disebut-quotpahlawan-tanpa-tanda-jasaquot-berapa-gajinya-di-indonesia

Guru Disebut "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa", Berapa Gajinya Di Indonesia?


Guru Disebut "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa", Berapa Gajinya Di Indonesia?

Kata orang,gaji Guru masih belum sebanding dengan jasa mereka dalam mendidik generasi muda Indonesia. Lantas berapa gaji guru yang disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa ini? Gaji guru berperan penting untuk menunjang kesejahteraan guru.

Bagi Guru honorer mungkin besaran gajinya masih belum memadai untuk menunjang hidup sehari-harinya.

Namun bagi Guru yang sudah berstatus PNS, meski gaji pokoknya kecil, pemerintah memberikan berbagai tunjangan agar kesejahteraan guru bisa tercapai. Selain itu, guru PNS juga mendapatkan gaji setiap bulannya meski sudah pensiun.

Faktor tersebutlah yang kerap membuat banyak orang ingin menjadi guru PNS. Selain itu, formasi guru juga menjadi formasi yang paling sering dibuka saat seleksi CPNS.


Gaji Guru PNS

Gaji Guru PNS sudah diatur pemerintah dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Dalam peraturan tersebut, gaji Guru PNS berlaku setara untuk semua instansi pemerintah baik di pusat maupun daerah. Besaran gaji guru berbeda tiap golongan dan masa kerjanya.

Saat ini, persyaratan untuk menjadi guru di Jakarta minimal lulusan sarjana atau S1. Dengan demikian, guru yang baru diterima menjadi PNS otomatis langsung masuk ke Golongan IIIa.

Berikut besaran gaji guru yang diterima setiap bulannya, dilansir dari PP Nomor 15 tahun 2019:


Gaji Guru PNS Golongan I

Guru PNS golongan ini adalah guru lulusan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP). Pada guru PNS Golongan I dibagi menjadi empat tingkatan besaran gaji sebagai berikut:

◼Golongan I-A Rp 1.560.800 hingga Rp 2.335.800.

◼Golongan I-B Rp 1.704.500 hingga Rp 2.472.900.

◼Golongan I-C Rp 1.776.600 hingga Rp 2.577.500.

◼Golongan I-D Rp 1.851.800 hingga Rp 2.686.500.


Gaji Guru PNS Golongan II

Guru PNS golongan ini adalah guru lulusan sekolah menengah atas (SMA), Diploma 1 (D1), Diploma 2 (D2), dan Diploma 3 (D3). Ada empat tingkatan gaji pada guru PNS Golongan II. Berikut rinciannya:

◼Golongan II-A Rp 2.022.200 hingga Rp 3.373.600.

◼Golongan II-B Rp 2.208.400 hingga Rp 3.516.300.

◼Golongan II-C Rp 2.301.800 hingga Rp 3.665.000.

◼Golongan II-D Rp 2.399.200 hingga Rp 3.820.000.


Gaji Guru PNS Golongan III

Guru PNS golongan ini adalah guru lulusan strata 1 (S1), strata 2 (S2), dan strata 3 (S3). Terdapat empat tingkatan besaran gaji pada guru PNS Golongan III. Berikut rinciannya:

◼Golongan III-A Rp 2.579.400 hingga Rp 4.236.400.

◼Golongan III-B Rp 2.688.500 hingga Rp 4.415.600.

◼Golongan III-C Rp 2.802.300 hingga Rp 4.602.400.

◼Golongan III-D Rp 2.920.800 hingga Rp 4.797.000.


Gaji Guru PNS Golongan IV

Gaji guru PNS Golongan IV dibagi menjadi lima tingkatan. Berikut besaran gaji guru PNS Golongan IV:

◼Golongan IV-A Rp 3.044.300 hingga Rp 5.000.000.

◼Golongan IV-B Rp 3.173.100 hingga Rp 5.211.500.

◼Golongan IV-C Rp 3.307.300 hingga Rp 5.431.900.

◼Golongan IV-D Rp 3.447.200 hingga Rp 5.661.700.

◼Golongan IV-E Rp 3.593.100 hingga Rp 5.901.200.

Guru Disebut "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa", Berapa Gajinya Di Indonesia?

Tunjangan Guru PNS

Selain gaji pokok yang sudah dirincikan di atas, guru PNS juga mendapatkan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD). Setiap daerah memiliki besaran TKD yang berbeda-beda.

Di DKI Jakarta, besaran TKD diatur dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 409 Tahun 2017 tentang TKD.

Besaran TKD yang didapatkan guru PNS bahkan bisa lebih besar dari gaji pokoknya. TKD yang didapatkan guru PNS DKI Jakarta sebagai berikut:

◼PNS golongan IVc sampai IVe menerima TKD Rp 6.521.250.

◼PNS golongan IVa sampai IVb menerima TKD Rp 6.174.375.

◼PNS golongan IIIc sampai IIId menerima TKD Rp 5.827.500.

◼PNS golongan IIIa sampai IIIb menerima TKD Rp 5.480.625.

◼PNS golongan IIa sampai IId menerima TKD Rp 4.370.625.

◼Calon PNS (CPNS) menerima TKD Rp 3.100.000.


Guru PNS juga mendapatkan tunjangan sebagai berikut:

◼Tunjangan suami/istri 5 persen dari gaji pokok PNS.

◼Tunjangan anak 2 persen dari gaji pokok untuk setiap anak dengan maksimal 3 anak.

Demikian penjelasan terkait gaji guru di Indonesia yang berbeda-beda sesuai dengan golongan, tingkatan, dan masa kerjanya.


Sumber : https://money.kompas.com/read/2022/0...page=all#page2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
6666661234 dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Ada tanda jasanya dong emoticon-EEK!
Guru Disebut "Pahlawan Tanpa Tanda Jasa", Berapa Gajinya Di Indonesia?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan 11 lainnya memberi reputasi
yang kasihan yang honorer
profile-picture
profile-picture
jokopengkor dan bajer.dinar212 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ane yang guru honorer cuma bisa mengusap air liur aja melihat gaji guru PNS. Cuma mau dibilang gimana, cuma ini kerjaan saat ini. Yah ane syukurin aja lah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nooboks dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 16 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 16 balasan
lumayan juga yah gan gaji guru pns ternyata
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Guru honorer seragam sama gaji ala kadarnya hanya pembantu guru PNS
Diubah oleh meimeiput
Dulu mah gaji guru pait amat.... Beras catu + uang yang ngepas....malah dikampung ane sampai dibilang...."ngapain kau jadi guru, ga ada gajinya. Mending jadi petani, jelas hasilnya"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
dimana mana asn itu yang gede tunjangan nya gan haha, mentok makan gaji gak cukup buat nguliahin anak,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Sesuai golongannya kalau pns gan
Tunjangannya yg beda di tiap instansi

____________________________________
mampir ke Hot Thread ane gan emoticon-Ngacir

Spoiler for Mengenal Brainwave Software:


Yang diatas cuma beberapa contoh kegunaan dari brainwaven, kalau agan mau tau fullnya boleh main ke thread ane saja

Semoga bermanfaat untuk semuanya

emoticon-Paw
profile-picture
iisskywalker memberi reputasi
Diubah oleh greasemonkey09
Ane guru honorer di sekolah top markotop swasta elite di Jakarta, karena libur natal dan tahun baru, ane cuma terima gaji 1 jutaan, langsung aja ane bikin surat lamaran lagi karena jadi guru gak cukup buat makan. ane lulusan S1 Teknik Informatika, biaya kuliah aja da puluhan juta, cabut aja lah jd guru
profile-picture
profile-picture
jetze dan mat.piere memberi reputasi
Diubah oleh adiska82
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
yakin pahlawan tanpa tanda jasa? coba gaji ke 13 dihapus kan demoemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 2 lainnya memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Waahhh mantap lah itu gaji guru PNS, masih bisa nyambi kah?
Kayaknya yg tanpa tanda jasa cuman guru honorer.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
BadCaptain dan 2 lainnya memberi reputasi
katanya tenaga guru kurang, tapi gak mau ngangkat guru, maunya bayar honorer. ngangkat guru lulusan s1 pemda harus bayar 6-7jt sebulan per guru baru, belum lagi tiap tahun naik, dan nanti bayar uang pensiun juga. kalau honorer cuma 500rb perbulan itu juga dirapel 2-3bulan.

daerah bilang anggaran dari pusat kurang, padahal anggaran pendidikan ratusan triliun.

padahal guru itu penting dan terus berbakti sampai pensiun. bandingkan sama PNS lain terutama istansi daerah yg banyak gabut.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Intinya ga semuanya yah, misalkan guru kelas elit alias mereka itu ahli di bidang tertentu, dan mengajar bukan karena tuntutan hidup tapi karena permintaan pasar alias rekeues spesial dari negara atau orang kaya misalnya......itu ga usah ditanya tanda jasanya di mana emoticon-Ngakak

Jadi guru karena butuh gaji, buat kasih sesuap nasi ke keluarga? atau bertahan hidup? buat amal? di tempat terpencil? performa ya b aja pas2an mepet ala kadarnya? kalau ga ada tanda jasanya ya ga usah tanya kenapa lah ya...ha emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan gantarIDWS memberi reputasi
Diubah oleh hhendryz
Gaji guru honorer di Indonesia semakin menakutkan.
emoticon-Frown
test test
Diubah oleh tauhidulqadib.

pahlawan tanpa tanda jasa itu siapa?

kini aku hanya menerima nasib
Tersakiti teraniaya oleh sebuah
grup musik band paling sombong
Kejam tak pernah ku sekalipun
Kau ada dihatiku sebagai perwira

aku benci tingkah semua Komunis
dunia biar hitam dan kelam kabut
Tebal menyelimuti tidak perimanusiawi
tuhan menciptakan manusia
suatu kesalahan terbesar dalam
hidup semua orang baik hati

takkan ku ikhlaskan dunia bahagia
dalam makanan dan tubuhnya
biar mereka Terima semua akibat
Mereka semua manusia dilahirkan
bukan hantu atau iblis

tuhan untuk seumur hidupku
takkan melupakan perwira ku
sampai ku mati dia satunya
keberuntungan ku

kulit ini harusnya pecahkan hatiku
Kulit ini harusnya mati untuk dia
sakit ini bila tidak hancur
akan ku balaskan denganmu

kau tak pantas bau busuk
kau tak pantas membusuk
Kau tak pantas kesakitan

Bila aku tak bisa bahagia
manusia Komunis ini
harus mati membusuk

atas nama soeharto
profile-picture
Dhekazama memberi reputasi
Diindonesia masalah gaji masih pertimbangkan dari segi kinerja minim jasa, makannya yg lulusannya pada tinggi2 pasti cabut keluar negri karna jasa mereka benar2 dihargai
emoticon-Cool
profile-picture
jupie_wan memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di