KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Grontol Jagung dan Cetil/Cetot, Teman Ngopi Nikmat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61e25fbeee82a67b36732f40/grontol-jagung-dan-cetil-cetot-teman-ngopi-nikmat

Grontol Jagung dan Cetil/Cetot, Teman Ngopi Nikmat

Grontol Jagung dan Cetil/Cetot - Kuliner Nusantara

Grontol Jagung dan Cetil/Cetot, Teman Ngopi Nikmat

Pagi hari yang cerah, mentari perlahan menampakkan keanggunan nya. Secangkir Kopi panas dan sebatang rokok ditangan di tambah beberapa bungkus "Grontol Jagung" dan "Cetil/Cetot" menghiasi meja. diiringi kokokan ayam yang saling bersahut-sahutan, menemaniku menyambut indahnya dunia.

Hay...hay Gan,Sist
Berjumpa lagi di Tread nandeko spesial Kuliner Nusantara. Jika kemarin kita sudah menikmati sedapnya Gendar Pecel, sekarang nandeko akan menyajikan jajanan, atau cemilan tradisional yang populer di Jawa Tengah dan sekitarnya, yaitu Grontol Jagung dan Cetil/Cetot.


Grontol Jagung


Grontol Jagung dan Cetil/Cetot, Teman Ngopi Nikmat
grontol jagung

Sesuai namanya, makanan ini terbuat dari jagung yang sudah di pipil/di rontokkan, kemudian di rebus dan di taburi parutan kelapa dan bisa ditambah Gula merah cair bagi yang ingin lebih manis. Biasanya jagung yang di gunakan bisa jagung putih yang biasa di pakai sebagai nasi jagung, atau jagung manis. Katanya dulu, Grontol di buat sebagai pengganti nasi pada jaman dulu, namun semakin kesini belum makan kalau belum makan nasi, mau sepiring Grontol Jagung yang di makan, namanya tetap nyemil.

Grontol Jagung dan Cetil/Cetot, Teman Ngopi Nikmat
grontol jagung

Rasa Grontol ini gurih, sedikit manis. Jangan lupa ditemani minuman favorit Agan dan Sista, karna jagug dan kelapa tekstur nya bikin bahasa jawanya sered atau nyeredti (bingung bahasa Indonesia nya apa, hehehe).


Cetil/Cetot


Grontol Jagung dan Cetil/Cetot, Teman Ngopi Nikmat
cetil

Cemilan Tradisional ini juga masih banyak peminatnya. Cetil/Cetot sama sama terbuat dari tepung tapioka. cetil bentuknya yang kalau nandeko bilang mirip ulat gendut, biasanya terdiri dari tiga warna putih, hijau dan pink. Tektur nya kenyal, disajikan dengan taburan gula pasir dan kelapa parut. Sedangkan Cetot lebih cocok dinikmati dengan manisnya serundeng kelapa.

Grontol Jagung dan Cetil/Cetot, Teman Ngopi Nikmat
cetot


Untuk harganya sudah pasti murah meriah, mulai Rp.3000, Gan Sist sudah bisa menikmati camilan ini. Dan pastinya penjual Jajanan tradisional banyak di jumpai di pasar pasar tradisional.


Sampai Bertemu Di Kuliner Nusantara Berikutnya...
Saya nandeko, Salam Uhuyy...

emoticon-Ngacir




Thanks to:
Ibu Ani - Penjual Cetil/Cetot Pasar Bandungan
Ibu Ninik - Penjual Grontol Jagung Pasar Sumowono
profile-picture
profile-picture
profile-picture
a.w.a.w.a.w dan 6 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
wahh dulu klo balik kampung pasti makan ginian nih kalo pagi/sore
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
belom pernah nyobain gan, rasanya kaya jasuke kah?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
sambil ngeteh aja gan
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jossss
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
enak bat buat temen nge teh
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Belum pernah lihat Cetil
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mantap bat dahh
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
apapun yg berhubungan sama jagung ane demen bgt pasti dah
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo dijakarta gini susah nyarin gituann, paling kalo buat temennya teh pake pisang goreng
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jadi nostalgia wkwkw
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
waduh sore sore neliat gnian jadi pengen
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
bener gan, apalagi klo temennya kopi liong beuhhhhhh
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
beh ngiler jadinyaa, jadi BM
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
rasanya gurih gurih nyoy
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
semoga umkm semakin makmur dan sejahtera...
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jajanan pasar yang enak.. udah lama nggak makan grontol jagung apalagi cenil.. kalau dari ciri yang disebutin di tempat ane namanya cenil gan..hehe
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di