KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Etika Dijalan Yang Mulai Diabaikan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61dfa71df2f9fe4b162aab8a/etika-dijalan-yang-mulai-diabaikan

Etika Dijalan Yang Mulai Diabaikan

SAHABATKASKUS - Di thread sebelumnyasaya membahas mengenai perilaku berkendara yang membahayakan namun dianggap hal yang wajar, pada thread tersebut saya sampaikan dua prilaku yang membahayakan, di thread ini saya akan menambahkan prilaku lainnya yang juga membahayakan baik sipengendara maupun orang lain.
Thread ini sekedar mengingatkan agar pengendara saling memahami aturan berkendara yang baik sesuai aturan yang berlaku, aturan tersebut dibuat untuk keselamatan dan kepentingan bersama serta menghindari kecelakaan dan ego pribadi selama berada di jalanan. Baiklah cekidot kita mulai dari :

1.Penggunaan lampu hazard


Pengendara menyalakan lampu hazard saat kendaraan hendak berjalan lurus di persimpangan, tujuan si pengendara sebagai penanda kendaraannya hendak berjalan lurus (tidak berbelok kiri maupun kanan), tindakan tersebut justru membingungkan pengendara yang berada dibelakangnya, terutama pengendara yang dikanan/kiri belakang pengemudi tersebut sebab kemungkinan tidak terlihat kalau lampu berkedip keduanya, mengakibatkan si pengendara dibelakang tersebut menganggap pengendara didepan hendak berbelok. Dan juga hal itu dapat membuat kaget disebabkan fungsi lampu Hazard adalah untuk menandakan adanya kondisi darurat.
Penggunaan berbahaya lainnya untuk lampu hazard ini adalah pada saat hujan deras, banyak dijumpai pengendara saat hujan deras justru menyalakan lampu Hazard, kemungkinan tujuan si pengendara untuk menunjukkan situasi alam dalam keadaan darurat, namun hal itu justru membahayakan sebab lampu Hazard pada saat hujan justru mengganggu pandangan pengemudi lainnya.
Kalau merujuk pada aturan penggunaan Lampu Hazard di undang-undang no 22 tahun 2009 tentang lalulintas dan jalan, pasal 121 ayat 1 disebutkan Setiap Pengemudi Kendaraan Bermotor wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain pada saat berhenti atau parkir dalam keadaan darurat di Jalan.

Yang dimaksud dengan “isyarat lain” adalah lampu darurat, dimana pada mobil difasilitasi oleh lampu belok kiri-kanan yang berkedip bersamaan. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan lampu Hazard hanya disaat kendaraan berhenti dan dalam kondisi darurat.

2.Etika yang salah di persimpangan dan bundaran


Banyak sekali etika yang salah baik berada pada persimpangan maupun bundaran, umumnya yang terjadi adalah menggunting jalan orang lain hal ini membahayakan (Rentan terjadi kecelakaan) si pengendara maupun orang lain, bahkan ditiga jalur pun masih sering terjadi penggendara menggunting jalan orang lain, ada juga pada kasus berbeda di mana si pengendara yang hendak berbelok hanya berpedoman kepada menyalakan lampu sein, tanpa memperhatikan sekelilingnya langsung berbelok, hal tersebut memicu tabrakan, padahal etikanya pengendara yang berada dijalur lurus adalah prioritas.

Etika berkendara memang harus dimiliki terutama saat berkendara di jalan yang ramai/padat, ada aturan tentang prioritas tapi tetap saja etika harus dikedepankan karena prioritas yang dibuat hanya untuk menetapkan dua hal yang bertentangan.
Sebab tanpa ada etika pada akhirnya aturan itu juga malah menjadi ego, bayangkan ini bila terjadi dijalanan kota kota besar maka kalau hanya berpikir jalan lurus prioritas maka hampir hampir tak bisa berbelok pengemudi yang hendak perlu berbelok.
Setidaknya tunjukkan sedikit kemurahan hati, toh tak ada salahnya bersedekah memberikan jalan kepada orang lain.
Saling menghormati sesama pengguna jalan demi untuk kenyamanan dan keselamatan bersama.


Terimakasih sudah singgah dan membaca thread ini
emoticon-Bingungemoticon-Bingungemoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
No 2 tuh, bajingan banget pelakunya.
emoticon-Nyepi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
jadi pengen ngelus dada aura kasih,kalo tiba-tiba dipotong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chatool dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
motor ane gk ada lampu hazard sih emoticon-Big Grin


btw penting gk sih lampu hazard bwt di motor?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
4b1c123 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
iya gan, untuk yang lampu hazzard itu banyak sekali yang menggunakannya tidak pada peruntukannya
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
tren skrg tuh menepi sambil lawan arus.
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
paling kesel lihat motor pake lampu hazard malam-malam dinyalain sepanjang jalan bikin mata sakit.
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Etika Dijalan Yang Mulai Diabaikan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 7 lainnya memberi reputasi
Yang ke 3 Lampu strobo dan nge dim
Sumpah itu ngeganggu banget gan, apalagi kalo dr arah sebrang, buat ane pengguna kacamata itu makin bikin silau, bikin kagok

emoticon-Cape deeehhcd
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jlamp dan 4 lainnya memberi reputasi
yang pake klakson kek toa mesjid... tercutuck lah kauu emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Bener banget ini... Skrg orang nyetir ngasal aja... Asal punya mobil/motor, udah deh jalan... Ga paham apa2.. klo di ingetin malah ngajak brantem....
profile-picture
profile-picture
gyohion dan sutanjuga memberi reputasi
Cih sampai sekarang aja gw terpaksa nginjek zebracross karena di belakang ada angkot, mobil, truk , dan pemotor2 nmax bang sat ga berotak yang ga mau tau aturan....ah sudahlah emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
jlamp dan sutanjuga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kenapa ya? tidak pernah ikut dan lulus ujian sim kah? emoticon-Embarrassment
profile-picture
kodokuper memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
beberapa tahun belakangan ini banyak orang goblok berkendara gan, kebanyakan sih ababil
profile-picture
profile-picture
jlamp dan xandernathaniel memberi reputasi
Hahahaa sering banget nih poin 2, motor dari kiri mau kekanan main potong modal lampu sen doang gak lihat lihat padahal gw udah masuk setengah body motornya alhasil gak mau ngalah gw dong gw, gw giring sampe puteran berikutnya dia emoticon-Traveller
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Siapa yg ngasih ide masang lampu LED di kendaraan pabrikan,

Anjng tu orang, bikin silau aja terutama yg pakai kacamata...
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
Diubah oleh agarina88
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
prioritaskan yg duluan ya?
pantesan pada tambah kenceng kalo mo masuk simpang jalan
profile-picture
sutanjuga memberi reputasi
ketika ujian SIM kita ga diajari tentang etika, yg terpenting bisa akrobat di jalan gan. itulah kenapa jadi seperti itu.
kalo di kampung malah mereka ga punya SIM, motor juga bodong, apa yg bisa diharapkan kalo begitu?
boro-boro nyalain sein ketika belok atau memberi jalan kepada pengguna jalan lain, taat peraturan saja tidak bisa...
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan sutanjuga memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Yang nomer 2 banyak yang bilang susah utk dipahami.
Karna SIM nya banyak yang melalui jalur belakang.
Akibatnya kekuatan klakson krndaraan lah yg terdengar

Gue korban bikin SIM 150rb 7x bolak balik.
Ada materi nomer 2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pard0 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cryingbrutal
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kualitas SIM TEMBAK ya gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pard0 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di