KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Tech / Handphone & Tablet /
[REVIEW] Buat Ngegame Mending di ROG Phone 3 atau ROG Phone 5 Ultimate
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61df837775ce050f8b29c8ee/review-buat-ngegame-mending-di-rog-phone-3-atau-rog-phone-5-ultimate

[REVIEW] Buat Ngegame Mending di ROG Phone 3 atau ROG Phone 5 Ultimate

Sebelumnya mohon maaf kalau thread ane berantakan. Soalnya ini thread pertama ane gan emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Blue Guy Peace


Oh iya. Di sini ane membandingkan ROG Phone 3 dengan ROG Phone 5 seri Ultimate ya gan. Karena yaa emang ane nyobainnya pake yang itu emoticon-Malu (S) 


Spoiler for ROG Phone 5 Ultimate:




Oke, langsung aja ya gan

Nggak bisa dipungkiri kalau ROG Phone series selalu menjadi idaman bagi sebagian besar gamer mobile. Termasuk ane emoticon-Big Grin Karena emang hapenya seenak itu 

Jadi mungkin diantara agan-agan sekalian ada yang udah nabung lama dan mempertimbangkan buat memilih antara kedua hape ini, yaitu ROG Phone 3 dan ROG Phone 5 (Ultimate).

Kenapa ROG Phone 3 masih dipertimbangkan? Karena selain cuma beda satu generasi, ROG Phone 5 udah terkenal dengan issue soal panas berlebih saat main game karena chipsetnya yang "terlalu ngebut". Nah, yang jadi pertanyaan adalah, apakah ROG Phone 3 masih layak buat dipertimbangkan? Lalu, apakah selisih performa ROG Phone 5 Ultimate begitu signifikan kalau dibandingkan dengan ROG Phone 3?

Oke, di sini ane bakal membedah beberapa poin penting yang patut dijadikan pertimbangan saat memilih kedua hape tersebut.

1. PERFORMA

Dari segi performa, yang ane rasakan adalah emang ada peningkatan yang cukup signifikan di ROG Phone 5 Ultimate. Sebagai gambaran sederhana, kalau di ROG Phone 3 itu kita bakal ngerasain sedikit ngelag / frame skip, atau bahkan sedikit delay kalau main PUBGM sambil ngerekam layar (screen recording) dengan resolusi FHD 60fps.

Bahkan kalau misal kita main game yang support 144fps seperti Real Racing 3, terus pakai settingan refresh rate layar 144Hz dan ngerekam layar FHD 60fps, delay nya makin berasa. Biasanya supaya agak mendingan, kita mesti ganti refresh rate layar ke 60Hz aja, buat menyesuaikan dengan frame rate untuk merekam layar di 60fps.

Sedangkan kalau di ROG Phone 5 Ultimate, issue itu nggak berasa sama sekali. Main game PUBGM di settingan apapun lancar. Tapi biasanya ane lebih prefer pake settingan grafis HD-Extreeme sih.

Dan dengan settingan tersebut, main sambil ngerekam layar itu macem nggak berasa ada penurunan performa gitu gan. Bahkan saat ane nyoba main game Real Racing 3 dengan settingan refresh rate 144Hz dan ngerekam layar FHD 120 fps, rasanya tetep lancar banget. Jauh lebih nyaman kalau dibandingkan dengan ROG Phone 3.
Mantab lah pokoknya emoticon-Jempol

Kalo mau liat gimana performanya saat main PUBGM sambil rekam layar + hasil perekaman layarnya, bisa cek di video ini. Pake settingan video 720p60 ya gan, biar keliatan lancarnya gimana


Spoiler for Video gaming test:




Tapi, kalau dipakai main game genshin impact sih emang ada peningkatan juga ya dengan settingan grafis rata kanan. Jadi lebih jarang frame drop gitu. Cuman tetep, di ROG Phone 5 Ultimate masih berasa ada frame drop walau nggak parah banget. 

Yang parah itu temperaturnya gan. Gilak panas bener kalo udah main Genshin hampir sejam dengan settingan grafis rata kanan tadi. Padahal udah pake aksesori AeroActive Cooler 5 emoticon-Cape d...

EEEITTSS ... Tapi di sini ane nggak bilang kalau performa di ROG Phone 3 itu jelek dan nggak layak yaa. Kalo dalam skenario main game tanpa screen recording, ROG Phone 3 masih bisa banget kok buat diandalkan. emoticon-Cool Masih kompetitif lah walau pake ROG Phone 3 dengan spek terbawah sekalipun. Paling cuma kalah dari sisi kestabilan frame rate aja sih. Dengan catatan, ROG Phone 5 Ultimate nya pake aksesori AeroActive Cooler, sementara ROG Phone 3 nggak pake pendingin apa-apa.

2. TEMPERATUR

Menurut ane, inilah faktor yang paling penting dalam memilih kedua hape ROG Phone series tersebut. Issue soal panas di ROG Phone 5 itu emang bener banget gan. Panasnya itu bener-bener sampe bikin tangan nggak nyaman buat pegangnya walau baru main selama 10 menitan. Dengan catatan, mainnya di ruangan yang nggak ber-AC ya.

Jadi kalau pake ROG Phone 5 (termasuk seri Ultimate) itu rasanya wajib banget pake aksesori AeroActive Cooler 5. Kalo udah pake ini, temperaturnya jadi aman. Bisa sih tanpa aksesori kipas tapi nyalain AC. Cuman rasanya lebih optimal aja pendinginannya kalau pake aksesoris kipas itu. Lebih optimal lagi kalo pake dua-duanya emoticon-Big Grin

Sedangkan kalau di ROG Phone 3, sampe berjam-jam pun tetep oke temperaturnya walau tanpa aksesoris pendingin ataupun AC. Masih bisa diterima lah. Dengan catatan, X-Mode nggak diaktifkan dan atau nggak sambil ngerekam layar yaa.

BTW, di ROG Phone 5 Ultimate ane nggak berani pake X-Mode gan. Takut meleleh emoticon-Hammer (S) Nggak pake X-Mode aja udah panas & ngebut, apalagi kalo diaktikan emoticon-Takut (S)

Oh iya, kalo kita main sambil ngecas, di ROG Phone 3 tanpa aksesoris kipas bakalan berasa agak lebih panas dari biasanya. Sedangkan di ROG Phone 5 (Ultimate) dengan aksesoris kipas, kayaknya nggak berasa ada kenaikan temperatur deh.

3. PORT JACK AUDIO

Di ROG Phone 3 itu nggak ada jack audio ya gan. Jadi harus pake converter ke USB Type-C gitu. Tentang, kabel converternya udah masuk dalam paket penjualan kok.

Kenapa ini ane bahas? Soalnya penting buat kalian yang berniat buat ngerekam layar ROG Phone 3 pake recorder external (di laptop atau PC) via video capture card yang murahan. Catet ya, yang murahan! Kalo pake capture card yang mahalan sih nggak tau juga ya. Nggak pernah pake yang mahal soalnya emoticon-Big Grin

Karena dengan tidak adanya port ini, kita jadi diribetkan soal perekaman audionya. Dan harus milih, apakah akan pake earphone/headset dengan konsekuensi audio jadi nggak bisa terekam di laptop, atau milih buat ngerekam audio tapi nggak bisa pake earphone.

Mungkin hal ini bisa disiasati dengan menambahkan aksesori AeroActive Cooler 3. Karena di sana, ada port jack audio. Cuman ane nggak jamin sih, belum pernah coba soalnya emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

4. AKSESORIS

ROG Phone 5 bakal menang banyak kalo agan berencana meminangnya beserta aksesoris AeroActive Cooler 5. Karena selain bikin temperatur lebih nyaman dan performa lebih stabil, di aksesoris tersebut juga ada dua buah tombol tambahan yang bisa disesuaikan.

Jadi nggak cuma ngandelin AirTriggers yang ada di hapenya, tapi dapet tambahan tombol lagi di aksesorisnya. Sedangkan di AeroActive Cooler 3 di ROG Phone 3, setau ane nggak bisa kek begitu.

Dan kalo berencana ambil ROG Phone 5 Ultimate, rasanya nggak ada alasan buat minang ROG Phone 3 lagi. Karena dalam paket penjualan seri ultimate ini, udah termasuk aksesoris AeroActive Cooler 5 nya.

KEPUTUSAN ADA DI TANGAN AGAN

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, silakan diputuskan untuk memilih ROG Phone mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan. Semoga bermanfaat!
emoticon-Jempolemoticon-Jempol

profile-picture
profile-picture
profile-picture
zerauw dan 16 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dryad558
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus
ada plus minusnya yaa.. fiturnya yang super ngebut ternyata mesinnya gampang anget
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Nice review & komparasi. Mantap!
emoticon-I Love Kaskus
Post ini telah dihapus
enakan main pake stikemoticon-Malu (S)emoticon-Games
Asus ROG Phone 5s Pro
kalau sayah pribadi pilih ASUS ROG PHONE 5 lah...
chipset lebih baru dlsb...

lagian ASUS ROG Phone 3 sempet dicibir karena menghilangkan fitur Jack Audio nya, makanya di seri 5 ada lagi tuh...
emoticon-Cool
Nge game ya di PC / console
Pake layar lebar
mending Mito
emoticon-Cool
Gw ngagame dipc sama konsol bre
Bukan di android emoticon-Wkwkwk
profile-picture
leonard21 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
iPhone 14 Promaag
Pakai Cooler berlama lama bisa bikin patah (pegel😁😁) tangan nggak gan.. Wkwkwk... Ngga pake Cooler aja main 1 jam udah kerasa banget pegelnya.. Apalagi dulu pakai xperia play... Hehehe....
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Mending rakit istri eh pc

Hanya jokes aja bang
ROG 5 pasti melengkapi fitur di ROG 3 emoticon-Ngacir
Apaan Asus,hape setrika aja dibanggain. Mending siomay emoticon-Hammer2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
suhu adalah konsekuensi dr kengebutan HP nya
emoticon-Matabelo

masalah ini terjadi di hampir semua hp dengan chipset sd888 sih.


mungkin kedepannya snapdragon harus lebih mikirin kestabilan suhunya dr pada focus ke kecepatan prosesingnya
Diubah oleh leonard21
SD 865 vs SD 888
6,59 inch vs 6,78 inch

Udah perbandingan ini dasar buat gaming, kalo sekedar game battle royal ataupun MMORPG masih kepake menurut ane ROG 3.
S6 edge plus gw cm bisa menyimak..wkwkwk
Ane lebih memilih main di PC atau Laptop (dicolok), layar lebih lebar & gak perlu takut kehabisan bateraiemoticon-Leh Uga
profile-picture
pixecute memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Saya mah lebih prefer pake rog 3 , udh 2 tahunan awet bet .. klo mau rog 5 ultimate duitnya juga belom ada .. wkwkwk
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di