CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Gendar Pecel, Kuliner Legendaris Yang Tetap Eksis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61de5a2756ca937be1204d7c/gendar-pecel-kuliner-legendaris-yang-tetap-eksis

Gendar Pecel, Kuliner Legendaris Yang Tetap Eksis

Gendar Pecel - Kuliner Nusantara

Gendar Pecel, Kuliner Legendaris Yang Tetap Eksis

Hay..hay Gan,Sist...
Ngomongin Kuliner di Indonesia tak akan ada habis habisnya, setiap daerah ataupun suku, punya makanan khasnya masing-masig.

Nah,.. di tread bertajuk Kuliner Nusantara kali ini, nandeko akan membahas "Gendar Pecel", salah satu kuliner yang populer di Tawa Tengah.

Gendar Pecel, Kuliner Legendaris Yang Tetap Eksis

Agan dan Sista pernah Mendengar kuliner ini? atau pernah mencoba? atau bahkan jadi penggemar berat kuliner ini?. Bagi yang baru kali ini mendengar kuliner ini, nandeko akan ajak Gan,Sist mencoba dan merasakan apa itu Gendar Pecel, tentunya lewat thread ini.

Makanan yang satu ini sebenarnya hampir sama pada pecel-pecel yang ada di jawa, ada nasi ditambah sayuran yang ditaburi bumbu kacang (sambel kacang). Yang Membuat kuliner ini berbeda adalah pada olahan nasinya yang memakai "Gendar".

Gendar Pecel, Kuliner Legendaris Yang Tetap Eksis
Gendar

Gendar adalah olahan dari nasi yang di campur ragi, kemudian di kukus, lalu di tumbuk hingga membut tekstur menjadi kenyal dan padat. Pada jaman nenek, neneknya nenek nenek kita dulu, gendar di buat dari nasi sisa, dari pada terbuang, eman-eman kalau kata orang tuan. sebenarnya banyak dari beberapa makanan tradisional yang memanfaatkan sisa makanan mengolahnya hingga menjadi makanan nikmat. tanpa adanya kampanye #zerofoodwaste, sebenarnya jiwa itu sudah menjadi bagian dari Indonesia, duh malah ngelantur ane... Namun karena saat ini peminatnya banyak, gendar sengaja dibuat dengan nasi baru, agar tekstur dan penampilannya lebih bersih.

Tekstur gendar berbeda dengan ketupat atau lontong, lebih kenyal dan gurih. Untuk menyajikannya juga tidak ribet, gendar di potong potong kemudian ditambah sayur yang sudah di rebus, biasanya saur yang di pakai ada sawi, kol dan kecambah, bisanya juga di tambah mie kuning lalu diguyur bumbu kacang yang pedas,manis,dan gurih, beuhh... nandeko sampe ngiler bayanginnya.

Gendar Pecel, Kuliner Legendaris Yang Tetap Eksis

Biasanya Gendar Pecel ini di jual di pasar-pasar tradisional, sebagai menu sarapan. harganya yang terbilang murah, mulai dari Rp.3000, Gan Sist sudah bisa menikmati Gendar Pecel ini.

Sampai Bertemu Di Kuliner Nusantara Berikutnya...
Saya nandeko, Salam Uhuyy...

emoticon-Ngacir




source:
Ibu Tumirah - Penjual Gendar Pecel Pasar Bandungan.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
zerauw dan 13 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Pertamax di pecel legendaris
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Masih ada yg jual, daerah jelambar pernah beberapa kali samperin gak tau alamat lengkapnya pokoknya jelambar.

Enak banget sumpah, gendar, bumbunya,topingnya, gorengannya juara.. padahal cuma gerobak aja.

Juara banget makanan ini
profile-picture
profile-picture
nandeko dan subzerohero memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Di Boyolali namanya "Puli Kecer" emoticon-Peluk
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
di solo banyak bre, deket rumah di Pasar Gading juga ada. tapi ane gak begitu doyan. emoticon-Leh Uga
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus
Post ini telah dihapus
pasar bandungan emoticon-Genit
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pecel makanan favorit ane yg pakek bumbu kacang emoticon-Big Grin
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Baru tadi sarapan pake gendar pecel buatan mama mertua. Mantuls 🙏
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dulu setiap sore sering banget yg jualan ini, selaliu beli dan ga bikin bosen rasanya enak
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Joss...mantep
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kek pecel semanggi bukan sih
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gendarr ter the best
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pengen nih dah
mmmm....
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
i love pecel
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Vegetable Salad with peanut sauce emoticon-Leh Uga
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Diubah oleh indra.blora
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
pecel legendarisssss
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ane jadi laper nih...
Gendar Pecel, Kuliner Legendaris Yang Tetap Eksis
Gendar Pecel, Kuliner Legendaris Yang Tetap Eksis
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Enak itu. Masih ada di Solo, cm ya itu bikin gendar selalu pake borax. Tekstur gendar jadi sedikit renyah.
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
top markocop sih ihhh
profile-picture
nandeko memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di