KOMUNITAS
Informasi! Kaskus Update Fitur Baru! Intip di Sini!
Home / FORUM / All / News / ... / Sejarah & Xenology /
Akhenaten, Firaun Yang Katanya Mirip Presiden Jokowi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61dc510a8792667c104f8c06/akhenaten-firaun-yang-katanya-mirip-presiden-jokowi

Akhenaten, Firaun Yang Katanya Mirip Presiden Jokowi

AKHENATEN: MIRIP PRESIDEN?

Akhenaten, Firaun Yang Katanya Mirip Presiden Jokowi
Akhenaten

Netizen Indonesia yang ribut tapi jahil barusan ramai menganggap wajah suatu patung firaun Mesir kuno mirip Presiden Joko Widodo. Sayang juga, karena kurang ilmu, banyak yang berkomentar miring, misalnya menganggap sama dengan firaun antagonis Alkitab/Qur'an yang menindas orang Israel. Padahal sebenarnya, patung yang dikata mirip itu sebenarnya patung Akhenaten, salah satu firaun yang menurut pandangan tertentu justru k͟e͟r͟e͟n͟.

Akhenaten, Firaun Yang Katanya Mirip Presiden Jokowi

Akhenaten, atau aslinya Amenhotep IV, berkuasa pada 1350an-1330an SM. Itu sezaman dengan awal Dinasti Shang di Tiongkok, dan sebelum ada agama Yahudi (apalagi dua agama adiknya). Kalau dicocok-cocokkan dengan riwayat para nabi (versi Perjanjian Lama), Akhenaten hidup kira-kira sesudah zaman Nabi Musa, sebelum Nabi (Raja) Daud. Mengapa dia terkenal? Karena Akhenaten bisa dianggap orang pertama yang tercatat menegakkan 𝐦𝐨𝐧𝐨𝐭𝐞𝐢𝐬𝐦𝐞, atau 𝑡𝑎𝑢ℎ𝑖𝑑, di dunia.

Nama aslinya Amenhotep, dan dia naik takhta sebagai Amenhotep IV ketika masih remaja, firaun ke-10 di Dinasti Ke-18 Mesir Kuno. Meski awalnya menyembah banyak dewa sebagaimana biasanya agama Mesir Kuno, sesudah beberapa tahun berkuasa, Amenhotep IV berubah keyakinan. Dia menganggap salah satu dewa, Aten (Ra), awalnya lebih tinggi dibanding dewa-dewa lain, kemudian akhirnya dia menganggap semua dewa lain tak berdaya dan telah hilang, dan hanya satu yang ada: Aten yang kekal. Dia berpidato kepada bawahan dan rakyatnya, kuil semua dewa lain telah runtuh, dia menyaksikan para dewa tiada satu per satu, kecuali satu yang mewujudkan dirinya sendiri, Aten.

Amenhotep IV mengganti nama menjadi Akhenaten, berarti "Mengabdi Kepada Aten". Dia mengubah agama negara dari politeisme menjadi monoteisme: dia membubarkan kependetaan dan penyembahan semua dewa kecuali Aten, menyatakan diri sebagai perantara Aten, membongkar kuil-kuil dewa lain, menghapus tulisan "dewa-dewa". Yang dia lakukan, menetapkan bahwa tiada ilah selain Aten. Selain itu dia juga melarang penggambaran ataupun pembuatan patung Aten, selain Matahari bersinar sebagai lambang Aten, namun Aten bukan hanya Matahari: Aten adalah pencipta, tempat segalanya bergantung. Sebagai Matahari, Aten menopang segala kehidupan di dunia. Sebenarnya pemahaman ini agak mirip dengan pengetahuan kita sekarang bahwa semua kehidupan di Bumi mendapat energi dari Matahari.

Akhenaten, Firaun Yang Katanya Mirip Presiden Jokowi
Lambang Aten

Dalam agama Aten, ada puisi panjang memuja Aten yang mungkin dibuat Akhenaten atau bawahannya: Himne Agung Kepada Aten. Di dalamnya ada pernyataan-pernyataan seperti "Aten tak terjangkau manusia"; "Aten menciptakan dunia, manusia, binatang"; "Aten menetapkan rezeki dan panjang umur manusia"; "Aten membeda-bedakan warna kulit berbagai bangsa".

Akhenaten mendirikan ibukota baru, Akhetaten (sekarang Amarna), untuk menjauh dari pengaruh agama tradisional Mesir kuno di ibukota lama Waset (Thebes/Thibah, sekarang Luxor/al-Uqshur). Masa pemerintahannya sendiri relatif tenang, hampir tidak ada pemberontakan di dalam negeri maupun perang di luar negeri. Selain itu, masa pemerintahan Akhenaten bisa dianggap salah satu masa termakmur dalam sejarah Mesir.

Akhenaten, Firaun Yang Katanya Mirip Presiden Jokowi
Sketsa Athetaten/Amarna

Meski begitu, agama resmi monoteisme Akhenaten tidak sampai dianut seluruh rakyat Mesir pada masa kekuasaannya. Masih ditemukan benda-benda kecil yang menunjukkan penyembahan dewa-dewa lain di antara peninggalan zaman itu; tapi umumnya berskala kecil dan pribadi. Agama politeis lama masih dipraktikkan di antara rakyat, tapi mungkin tidak besar-besaran.

Akhenaten, Firaun Yang Katanya Mirip Presiden Jokowi
Sisa kuil Aten sekarang di Amarna

Akhenaten terkait dengan dua nama terkenal lain di sejarah Mesir Kuno: permaisurinya, Ratu Nefertiti yang terkenal cantik, dan anaknya, Firaun Tutankhaten (dari istri lain Akhenaten). Diduga pada tahun-tahun akhir hidupnya, Akhenaten memerintah bersama Nefertiti, kemudian digantikan Tutankhaten. Namun Tutankhaten tidak meneruskan agama monoteis ayahnya; dia mengembalikan politeisme, meninggalkan ibukota baru, dan mengganti namanya sendiri menjadi Tutankhamun agar tidak dikaitkan dengan Aten. Tutankhamun sendiri terkenal karena penemuan peninggalannya sangat banyak, di antaranya topeng emas yang merupakan salah satu artefak Mesir Kuno paling terkenal, dan konon makamnya "terkutuk" karena para penemunya mengalami kemalangan.

Akhenaten, Firaun Yang Katanya Mirip Presiden Jokowi
Patung Nefertiti

Akhenaten, Firaun Yang Katanya Mirip Presiden Jokowi
Topeng emas Tutankhamun

Dan Akhenaten juga mengguncang agama Mesir kuno dengan cara lain: sebelum dia, para firaun dianggap dewa hidup yang disembah, atau wakil dewa di dunia. Dia sendiri mengaku entah sebagai anak Aten, atau perantara Aten, bukan dewa seperti Aten sendiri. Sesudah dia, firaun bukan lagi dewa; masyarakat menyembah para dewa secara langsung, melalui perantara para imam.

Akhenaten tokoh besar dalam sejarah, mungkin perintis salah satu gagasan besar yang sampai sekarang penting di dunia (monoteisme). Selain itu, dia juga mengubah cara beragama, sehingga para raja tidak lagi dianggap dewa. Berbagai perubahan yang dia gagas masih diterapkan banyak orang di dunia sekarang.

Kalau soal wajah patungnya mirip dengan Presiden Joko Widodo, itu sih kebetulan saja.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Akhenaten
https://en.wikipedia.org/wiki/Aten
https://en.wikipedia.org/wiki/Great_...mn_to_the_Aten




profile-picture
profile-picture
profile-picture
Xenturion dan 42 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
Kebetulan saja emoticon-Add Friend (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciloktepung dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tumben patungnya idungnya utuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalo akhetaten hidup sesudah musa (kira2 saja), berarti ybs tidak bisa dianggap sebagai pencetus agama monoteistik yang pertama dong? Kan udah ada bani isroil dengan monoteisme YHWH nya?

(Kecuali kalau kita anggap musa dan eksodus terjadi di zamannya ramses 2 seperti kata holiwud)

Oh iya, gue agak bingung bagaimana sih patungnya akhetaten yg besar dan catatan2 tentang ybs bisa selamat, mengingat setelah dia mangkat para pendeta tinggi agama politeis lama bersekongkol dengan tutankhamun menghapus dan menghancurkan segala hal yang berkaitan dgn akhetaten?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zanaf231 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh wiry
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Uogh kaget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Gailham dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoshioka.ky
Quote:


Dalam kurun waktu 20 tahun, apa mungkin merubah polytheisme warganya yang sudah puluhan tahun lamanya menjadi minoritas ?
Quote:


Dan disibukkan membangun ibukota baru dengan teknologi yang ada waktu itu

Apa zoroaster terinspirasi dari ajaran Aten ini juga ya ?
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
mrip tu
profile-picture
Smarf memberi reputasi
Firaun / Pharaoh kejam yang menindas bangsa Israel itu Ramses II. gak semua firaun kejam gitu. Akhenaten ini justru keren, kalo ane bilang.

tapi iya ya, lekuk wajahnya emang ada mirip dengan Pak Jok. emoticon-Matabelo

bayangin aja kalo tau-tau Pak Jok ke Mesir untuk suatu urusan internasional emoticon-Peace
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bukan.bomat dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh EnzoMan
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Quote:

Berarti sama kalau di Indonesia namanya Abdulaten. emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Akehutange
profile-picture
pamansengkuni memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Quote:


Quote:


Kok agak kontradiksi ya? Bukannya agama yahudi mulainya dari Musa? Apa saya yg gagal paham?
profile-picture
kudo212 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Jujur aja mirip sich emoticon-Hammer (S)
profile-picture
kaiserwalzer memberi reputasi
Karena kebetulan mirip kn?bukan karena ada silsilah atau apa lah kn y?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kaum reinkarnasi berpesta melihat ini emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sargopip dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
beda, akhenaten dagunya lebih panjang.
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
itu periode ga salah yehuda & israel khan setelah nabi sulaiman & nabi daud (king solomon & king david) dalam Islam mereka mensyiarkan agama monotiesme
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus
gara-gara di sebut mirip, kok ane ngerasa mirip beneran sih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Trus klo mirip emang knp?
Lihat 15 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 15 balasan
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di