CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jebol Dilindas Mobil, Berapa Ukuran Besi Sumur Resapan?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61b1f94cdc81db04504c690d/jebol-dilindas-mobil-berapa-ukuran-besi-sumur-resapan

Jebol Dilindas Mobil, Berapa Ukuran Besi Sumur Resapan?

Jakarta - Tutup sumur resapan di Lebak Bulus jebol dilindas mobil politikus PSI, Isyana Bagoes Oka, meski kini sudah mulai diperbaiki. Saat jebol, besi tulangan beton tutup sumur resapan itu sempat terlihat. Apakah besi seukuran ini kuat menahan beban kendaraan?
"Besi ukuran 8, dua layer (lapis)," kata Project Manager Arvirotech Group, M Dedi Charles, kepada detikcom, Kamis (9/12/2021).

Baca juga:
Katanya Kuat Tahan Truk Kontainer, Kok Sumur Resapan Jebol Dilindas Mobil?
Arvirotech Group adalah kontraktor yang menggarap kolam resapan modular di sini, yakni di Jl Bona Indah, Perumahan Taman Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Bagian yang jebol dilindas mobil Isyana adalah bak kontrol dari kolam resapan itu, bagian dari proyek sumur resapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sumur resapan modular jebol di Jl Bona Indah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 8 Desember 2021. (Arnold Mamesah via akun Twitter-nya, @arnold5508)
Dalam foto dari peristiwa jebolnya tutup sumur resapan itu, Rabu (8/12) kemarin, terlihat tutup beton itu hancur. Besi-besi kecil merupakan besi tulangan penopang konstruksi yang seharusnya mampu menahan beban kendaraan yang melintas di atasnya. Ternyata kini diketahui, ukuran besi beton itu adalah 8 mm. Dari foto, kok besi itu kelihatan kecil dan tipis ya?

"Itu karena fotonya diambil dari jauh, jadi kelihatan kecil," kata Dedi Charles.

Baca juga:
detikcom Do Your Magic: Mobil Terperosok, Kontraktor Sumur Resapan Ngaku Salah
Dia yakin sebenarnya konstruksi beton dengan rangka besi tulangan 8 mm itu mampu menahan beban. "Kuat," ujar Dedi.

Dia menjelaskan tutup bak resapan modular itu jebol karena dilindas pada saat konstruksinya belum kering betul, yakni ketika konstruksi itu baru berumur 3-4 hari. Padahal seharusnya, konstruksi itu baru bisa dilindas kendaraan setelah 14 hari.


"Minimal 14 hari. Umur beton itu kan minimal 14 hari," kata dia. Ada pula sumur resapan di titik lain yang sudah selesai dan bisa dilintasi kendaraan dengan aman. "Boleh dites kalau mau pakai truk, mau mobil juga," kata dia.

detik.com
_____________________________

" Dia yakin sebenarnya konstruksi beton dengan rangka besi tulangan 8 mm itu mampu menahan beban. "Kuat," ujar Project Manager Arvirotech Group, M Dedi Charles "

Serius ini,   PM kontraktor tapi berani ngomong jamin kuat,   emang berani pasang badan kalau terjadi korban jiwa..    Ini ntah lulusan teknik sipil mana,   yang namanya PM itu tanggung jawab bangun,    yg bisa bilang jamin kuat itu konsultan tekniknya..

Beban All-New Innova 1.690 – 1.860 kg , mestinya minimal mobil anggota dewan pakai ini kan.. berarti 1 roda beban :  1.775kg/4  = 443.75 kg[

Jadi beban titik 1/2 ton bergerak,  dan memakai besi 8mm 2 lapis dan jarak jarang2 gitu.Ini serius kalau emang gambar design seperti ini!! .  siapa yang siap pasang badan kalau terjadi korban jiwa??


Ini ga tau beneran baru umur 3-4 hari atau ngeles doang!....    tapi kalau pakai precast beton dan ga mungkin belum cukup umur di pasang, dari liat gambar itu jelas beton remuk dan artinya ga kuat..

Jebol Dilindas Mobil, Berapa Ukuran Besi Sumur Resapan?

Jebol Dilindas Mobil, Berapa Ukuran Besi Sumur Resapan?

Faktor konversi umur beton 3 hari : 0.4 , kalau design awal buat container 24 ton, jelas kita semua di bohongi, karena waktu umur 3 hari harusnya udah sanggup menahan beban : 0.4 x 24 ton = 9.6 ton.. Nyatanya waktu lewat beban 1/2 ton aja udah hancur betonnya



profile-picture
profile-picture
profile-picture
faded.007.69 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh buncitlio88
Halaman 1 dari 2
Jebol Dilindas Mobil, Berapa Ukuran Besi Sumur Resapan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Exorcizm dan 6 lainnya memberi reputasi
Jebol Dilindas Mobil, Berapa Ukuran Besi Sumur Resapan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 6 lainnya memberi reputasi
Ga usah dibahas.

Yang jelas ukurannya lebih besar dari isi kepalanya Abud pekok. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Exorcizm dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Dia menjelaskan tutup bak resapan modular itu jebol karena dilindas pada saat konstruksinya belum kering betul, yakni ketika konstruksi itu baru berumur 3-4 hari. Padahal seharusnya, konstruksi itu baru bisa dilindas kendaraan setelah 14 hari.

keyword aka scapegoatnya adalah konstruksinya belum kering betul emoticon-Wkwkwk

#buzzermuidki
profile-picture
wenz_ad memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
kalau belum kering kenapa ga dipalangin supaya ga dilewatin kendaraan? emoticon-Bingung
profile-picture
GendonDewa memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:

Kejadian ini gak akan jadi yang terakhir, sekalipun umur beton udah 14 hari ++ emoticon-Malu

Jalan beton yang tebalnya minta ampun aja bisa retak, apalagi ini tutup yang di bawahnya berongga emoticon-Malu








































emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan scorpiolama memberi reputasi
4 tahun cuma HAHA HIHI #aniesstay
profile-picture
profile-picture
Zedcool dan pilotugal2an541 memberi reputasi
Tutupan sumur resapan yg dibuat di badan jalan, kekuatannya otomatis disesuaikan dgn beban muatan sumbu kendaraan sesuai dgn kelas jalan, itu kalo pemdanya ngerti emoticon-Ngakak
profile-picture
pilotugal2an541 memberi reputasi
ane sempat ngobrol ama temen dosen jurusan sipil, bahwasanya bikin resapan di jalan raya itu sudah salah besar, di satu sisi merusak struktur jalan, juga waktu set yang tidak cukup.
Tapi yg namanya kontraktor, ya cuma bikin sesuai pesanannya..

emoticon-Motret
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sabotase dari dalam sumur emoticon-Om Telolet Om!
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan scorpiolama memberi reputasi
Harus diepaluasi seluruh sumur resapan yg udah jd,bongkar klo perlu,bikin yg lebih yahud...biar anggaran tetep lanjoet emoticon-Shutup emoticon-Thinking
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Kalau kalian cerdas dan berpengalaman.
Kan bisa precast. emoticon-Embarrassment
Bukan cast in situ. emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Zedcool dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ngecor di tempat gitu ? Terus nunggu kering ?
Kenapa ga masang beton yang udah jadi aja
profile-picture
Zedcool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
oooh orang psi, pantesan berani lindas sumur keramat.
kalau warga normal biasa mah lebih memilih ke tengah, alias tuh sisi jalan bersumur menjadi disfungsional.emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
Zedcool dan galuhsuda memberi reputasi
Itu semuanya gak beres. Dari ukuran besi, kerapatan besi, ketebalan beton, dan mgkn komposisi beton
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan galuhsuda memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kan udah dapat stempel dari MUI.

Ya pasti berkah dan masuk surga.

Agama lu apa kok ga percaya sama Ulama?


Kapiiiirrr looeeee.

emoticon-Leh Uga
Padahal seharusnya beton sumur resapan itu kuat karena sudah didoakan oleh para ulama cabul pujaan kadrun onta pemuja bangsa arab. Mungkin ulamanya yg mendoakan kurang cabul., karena semakin dia cabul maka semakin ampuh doanya.. syukron emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
Zedcool dan giphytrelele memberi reputasi
Dibandingkan dengan ukuran ban mobilnya aja uda keliatan kalau memang itu besi kecil
Bisa jadi itu besi kawat atau besi behel non-SNI

Dan semennya mungkin pake Dynamix murahan yg sampah bener kualitasnya

Gampang kok crosschecknya, bawa wartawan dan anggota dewan ke lokasi lubang yg lain, trus bongkar dan videokan
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan galuhsuda memberi reputasi
money money money emoticon-Xabi
Jebol Dilindas Mobil, Berapa Ukuran Besi Sumur Resapan?


Namanya jg proyek, tapi to be fair memang ternyata lama keringnya beton


"Minimal 14 hari. Umur beton itu kan minimal 14 hari," kata dia. Ada pula sumur resapan di titik lain yang sudah selesai dan bisa dilintasi kendaraan dengan aman. "Boleh dites kalau mau pakai truk, mau mobil juga," kata dia.



Jebol Dilindas Mobil, Berapa Ukuran Besi Sumur Resapan?
profile-picture
Zedcool memberi reputasi
Diubah oleh donal.duck.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di