CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
2 Juta Buruh Ancam Mogok Kerja Nasional, KSPI: Semua Rugi, Ekonomi Akan Lumpuh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61b18ec0c30fa83c48720b3e/2-juta-buruh-ancam-mogok-kerja-nasional-kspi-semua-rugi-ekonomi-akan-lumpuh

2 Juta Buruh Ancam Mogok Kerja Nasional, KSPI: Semua Rugi, Ekonomi Akan Lumpuh

2 Juta Buruh Ancam Mogok Kerja Nasional, KSPI: Semua Rugi, Ekonomi Akan Lumpuh

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal dalam unjuk rasa gabungan yang digelar hari ini menyatakan kalangan buruh bakal mogok kerja jika pemerintah tak mengabulkan tuntutan mereka. Dua juta buruh itu berasal dari 60 federasi serikat pekerja nasional yang bekerja di 100 pabrik.

Salah satu tuntutan yang disuarakan para buruh adalah revisi Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang Penetapan upah minimum provinsi atau UMP 2021. Tuntutan itu tak lepas dari putusan Mahkamah Konstitusi yang menyebutkan Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja inkonstitusional secara bersyarat.

"Kami bisa melakukan dua juta buruh setop produksi. Semua akan rugi, ekonomi akan lumpuh," ujar Said, dalam unjuk rasa gabungan, Rabu, 8 Agustus 2021. "Kami tidak akan melakukan itu bilamana pemerintah sungguh-sungguh menjalankan keputusan MK dan SK Gubernur."

Ia menyebutkan demonstrasi para buruh akan terus meningkat jika pemerintah tidak menjalankan keputusan MK. Sebelumnya Omnibus Law Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 Cipta Kerja dinyatakan inkonstitusional atau bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

MK pun memerintahkan DPR dan pemerintah memperbaiki UU Cipta Kerja dalam jangka waktu dua tahun ke depan.

Lebih jauh, kata Said, mogok nasional menjadi pilihan tak terelakkan bilamana dalam proses menuju paling lama dua tahun dari awal pembentukan UU Cipta Kerja yang baru ini tetap mengabaikan partisipasi publik.

Kalangan buruh juga menagih janji Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk segera mencabut Surat Keterangan (SK) Gubernur tentang Penetapan UMP DKI Jakarta Tahun 2022.

Berdasarkan formula dari Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2021, kenaikan UMP di DKI Jakarta tahun 2022 hanya sebesar Rp 37.749 atau 0,85 persen menjadi Rp 4.453.935 per bulan atau Rp 4,45 juta.

Dalam unjuk rasa gabungan yang digelar pada 6-10 Desember 2021, puluhan ribu buruh dari Jabodetabek berkumpul untuk menyampaikan tiga tuntutan.

Tuntutan pertama adalah buruh meminta seluruh gubernur di Indonesia merevisi Surat Keputusan (SK) Gubernur tentang UMP. Pasalnya, kebijakan itu bertentangan dengan Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 7 yang menangguhkan tindakan/kebijakan strategis yang berdampak luas, termasuk upah.

Sedangkan tuntutan kedua adalah buruh menuntut pemerintah mencabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Tuntutan kketiga yaitu buruh menuntut pemerintah dapat menjalankan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyatakan bahwa Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja inkonstitusional secara bersyarat.

https://bisnis.tempo.co/read/1537236...puh?page_num=2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Kalau dicabut, berarti kembali ke posisi awal, artinya tidak ada kenaikan ???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
ekonomi lumpuh ya imbasnya ke kalian jg
dasar BEGO
emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 11 lainnya memberi reputasi
perusahan jg harus bikin kebijakan , yang mau kerja silahkan , yang tidak mau kerja merasa keberatan dengan upah silahkan berenti kerja , biar di ganti sama yang mau kerja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Quote:


aturan turunannya masih mengikat
MK memberikan 2 tahun untuk melakukan revisi
selama 2 tahun tersebut omnibuslaw lama masih berlaku
kalau selama 2 tahun ga ada revisi baru batal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
"Kami bisa melakukan dua juta buruh setop produksi. Semua akan rugi, ekonomi akan lumpuh," ujar Said, dalam unjuk rasa gabungan, Rabu, 8 Agustus 2021. "Kami tidak akan melakukan itu bilamana pemerintah sungguh-sungguh menjalankan keputusan MK dan SK Gubernur."


Bisa mikir sampai sini tp tetap mlakukan hal yg merugikan diri?
:goblog
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pejuang kaum buruh yang hidupnya jauh dari kesan sebagai buruh...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
2 juta buruh mogok nasional, 5 juta pengangguran siap menggantikan. itu harusnya yang jadi perhatian.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Buruh yg ngga mau mogok bakal dipaksa dan diancam harus ikut mogok dg alasan solidaritas
Begitu kan Said?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Haloo ketum kpsi, yang demo buruh dari 100 pabrik. Fakta di indo lebih dari 100 pabrik dari 500 (anggap 500 pabrik), gimana mau lumpuh ekonomi ? Coba jelaskan ke saya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Yang rugi ya ente2 semua

Coba tanya pns, nakes, wirausaha umkm
Kalian mogok mereka bodo amat

Ngancam resign, Perusahaan tinggal sebar loker atau kerjasama dengan smk stm bikin program lulus rekrut

Goblo mentok

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
Yang suka demo2an soal upah selain buruh ada kah?
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan areszzjay memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
hati2 kalau mau pake acara mogok masal sekarang, ada beberapa ancaman balik, terutama utk yg pabrik nya di ibukota. dengan kondisi infrastruktur sekarang bisa saja perusahaan memilih hengkang ke daerah yg UMP nya jauh lebih rendah, dan ini sudah banyak terjadi. yg berikutnya, beberapa posisi sudah bisa digantikan mesin dan saat ini sudah tidak semahal dahulu, ini juga sdh berapa kali juga jadi ancaman balik dari beberapa perusahaan yg buruh nya mau mogok. belum lagi masalah buruh asing, negara juga ga bisa mengharuskan buruh 100% lokal
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kitak kitak juga boss yg susah klo ekonomi lumpuh.. heettdeee
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan samsol... memberi reputasi
Pabrik ditutup, investor keluar negeri atau ganti pke robot. Mau kaya gitu? Klo mau ya silakan aja emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
gw sebagai mantan buruh perusahaan air mineral no.1 di indonesia
yang ikutan demo itu, kebanyakan diajak ama serikat
lalu pabrik yang ga ikut demo, bakalan di sweeping ama yang ikut demo

untuk fresh graduate, gaji bisa sampe 6 juta, belum lagi lemburan di hari besar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 14 balasan
Waktunya memulai otomatisasi industri dengan robot.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan samsol... memberi reputasi
Ga heran jadi buruh emang dsrnya dongo sok pinter bisanya ngancem doank
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Saat pandemi ini sering lihat berita UMKM & keluhan pedagang deh itu buruh. Lihat bagaimana testimoni pendapatan mereka selama pandemi ini turun. Disaat produk lo sepi pembeli masa iya lo minta naik gaji. Coba ente-ente (buruh) semua buka usaha dulu, punya anak buah, & anak buah ente minta naik gaji tanpa melihat pendapatan dari usaha emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
goblok bin dungu binti tolol ciri khas buruh yg hobi demo kenaikan upah padahal skillnya cuma selevel pantatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kalo ekonomi lumpuh atau krisis.. Yg pertama kena dampak dan paling parah itu kaum ekonomi bawah kaya buruh.. emoticon-Malu (S)

Orang kaya ato pemilik pabrik itu kena efek paling akhir.. Setelah kaum buruh berdarah2 ato mati duluan.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 8 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di