CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Yuk Cek: Mitos dan Fakta Seputar Cara Penularan HIV Aids
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61b0840ca0a0de543b4ed910/yuk-cek-mitos-dan-fakta-seputar-cara-penularan-hiv-aids

Yuk Cek: Mitos dan Fakta Seputar Cara Penularan HIV Aids

Yuk Cek: Mitos dan Fakta Seputar Cara Penularan HIV Aids
Masih banyak pemahaman yang keliru mengenai cara penularan HIV Aids pada manusia. Padahal mengenali cara penularan HIV sangat penting. Terutama agar terhindar dari penyakit menular tersebut.

Ada banyak jenis penyakit menular di dunia yang dapat menyerang siapa saja. Penyebabnya pun beragam, mulai dari virus hingga bakteri jahat. Maka, mengenali cara penularannya sangat penting dilakukan agar terhindar dari penyakit menular tersebut.

Meski sebagian besar penyakit dapat diobati, tetapi beberapa diantaranya tidak. Ada sejumlah penyakit yang belum dapat diobati secara efektif, termasuk AIDS. Pasalnya, belum ditemukan obat yang secara pasti dapat menyembuhkan seseorang dari penyakit AIDS, atau yang juga dikenal sebagai penyakit HIV AIDS. 

Sahabat Sehat, bagaimana cara penularan HIV/Aids? Mari simak penjelasan berikut.

Apa itu HIV AIDS?

Spoiler for Buka:

Cara Penularan HIV Aids

Spoiler for Buka:



Untuk penularannya sendiri, biasanya melalui beberapa metode. Adapun beberapa metode penularan HIV AIDS yang paling sering terjadi adalah:

Spoiler for Buka:

Cara Mencegah Penularan HIV AIDS

HIV merupakan jenis virus yang rapuh sehingga virus ini tidak dapat bertahan lama diluar tubuh manusia. HIV hanya bisa ditemukan di dalam cairan tubuh orang yang telah terinfeksi virus HIV, seperti cairan vagina, cairan sperma, cairan anus, ASI, dan darah. Meski demikian, perlu diketahui pula bahwa HIV tidak dapat menyebar melalui urine ataupun keringat. 

Berikut beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan agar terhindar dari infeksi virus HIV AIDS, diantaranya:

- Lakukan hubungan secara aman, yakni dengan melakukan hubungan seks setelah menikah dan tidak bergonta-ganti pasangan


- Setia dengan pasangan


- Sebelum menjalankan pernikahan, sebaiknya lakukan pemeriksaan infeksi HIV terlebih dahulu untuk melindungi diri dari infeksi HIV


- Hindari penggunaan narkoba. Penggunaan narkoba dengan cara suntikan dan berbagi alat suntik merupakan salah satu penyebab penularan HIV AIDS yang paling besar


- Tidak berbagi jarum suntik atau peralatan medis lainnya yang berhubungan dengan darah atau cairan di dalam tubuh


- Bayi akan mudah tertular HIV AIDS melalui plasenta atau ASI ibunya. Untuk itu ibu hamil penderita HIV tidak disarankan untuk memberikan ASInya kepada sang bayi setelah dilahirkan


- Jika ibu hamil menderita HIV, konsumsi obat secara rutin untuk melindungi bayi dari penularan HIV AIDS


- Melakukan kampanye atau sosialisasi kepada lingkungan sekitar untuk memberikan bimbingan moral kepada anak remaja atau anak muda untuk mencegah penularan HIV dan AIDS


- Bagi remaja yang masih dalam kondisi labil, beri mereka pemahaman bahaya Penyakit HIV AIDS untuk menghindari pergaulan bebas


- Tidak berbagi alat atau produk pribadi yang dapat berpotensi dalam penularan HIV AIDS, seperti pisau cukur, sikat gigi, atau peralatan lainnya


cara penularan HIV Aids

emoticon-Sundul Up

profile-picture
profile-picture
profile-picture
mashbrow dan 8 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh faisaelz
Aids akibat intim dengan sabun
Yuk Cek: Mitos dan Fakta Seputar Cara Penularan HIV Aids
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Nah yg suka ihik²

Gawa tuhYuk Cek: Mitos dan Fakta Seputar Cara Penularan HIV AidsYuk Cek: Mitos dan Fakta Seputar Cara Penularan HIV AidsYuk Cek: Mitos dan Fakta Seputar Cara Penularan HIV Aids
Kebanyakan itu mereka gak tau mengidap HIV, terus gak sengaja nyebarin ke orang-orang. Dan ada yang parah, mereka tau mengidap HIV dan sengaja nyebarinnya karena gak mau kena sendirian.


kerenaja.com = blog ane gan
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
obatnya belum ditemukan
thread yang sempurna emoticon-Jempol
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nyimak gan.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nais inpoh gan..mari kita jaga kesehatan diri masing-masing
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Ciuman klo mulutnya ada luka kaya sariawan gt jg bs gak?
profile-picture
profile-picture
nyubi.telus dan boboi69 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
AIDS itu kumpulan gejala atau penyakit yg menyerang dan timbul saat imunitas seseorang rendah karena virus HIV dan AIDS BISA DISEMBUHKAN DAN DITANGANI.

Berbagi alat bersama tidak berpotensi menularkan. Terkecuali pemakaian jarum suntik bersama.

Hubungan seks yg aman bukan tidak berganti-ganti pasangan. Tapi melakukan kontak seks tanpa alat pengaman seperti kondom.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Nice info,, Thanks yaaa..
Nice infooo
Selain pengertian, cara penularan, sama pencegahan, agan juga perlu tahu butuh berapa lama sih HIV bisa berkembang menjadi AIDS. Soalnya kalo udah sampe kena AIDS, penanganannya tentu bakal lebih susah lagi.

Nah, agan perlu tahu kalo infeksi HIV ke AIDS tuh butuh waktu sekitar 5-10 tahun tergantung orangnya. Sebelum berkembang, beberapa intervensi medis perlu dilakukan biar ga berkembang jadi AIDS. makanya, kalo agan ngerasain gejala dari HIV dan punya risiko tinggi, baiknya sih rutin periksa biar ketauan dengan cepat.

Kalo mau tau lebih lanjut tentang berapa lama HIV bisa berkembang jadi AIDS, baca ulasannya di sini ya gan!
Makasih TS udah mau sharing mitos sama fakta seputar penularan HIV AIDS. Nah, ane mau nambahin juga nih agan-agan, terutama buat agan yang aktif secara seksual. Dari artikel Halodoc yang ane baca ini, ternyata ada beberapa gejala awal HIV yang perlu diwaspadai. Berikut di antaranya gan, cekidot:
-Demam.
-Sakit kepala.
-Kelelahan.
-Nyeri otot.
-Kehilangan berat badan (secara perlahan).
-Kelenjar getah bening di tenggorokan, ketiak, atau pangkal paha, membengkak.

Umumnya, infeksi HIV berlangsung sekitar 2-15 tahun, hingga benar-benar menimbulkan gejala. Jadi, infeksi ini memang tidak akan langsung merusak organ tubuh. Melainkan secara perlahan menyerang sistem kekebalan tubuh, melemahkannya, hingga tubuh menjadi rentan terserang penyakit dan berubah menjadi AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome).

Tapi, baiknya sih jangan ditunggu sampe jadi AIDS gan, lebih baik segera memeriksakan diri apalagi kalo udah dites hasilnya positif. Soalnya, dengan pengobatan yang tepat kayak ARV, pengidap HIV harapan hidupnya tinggi gan, kayak yang ane baca di artikel Tempo ini. Semoga bermanfaat ya agan-agan sekalian!



×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di