CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ini Nih Cara Mudah Merawat Karet Wiper Mobil Biar Tetap Elastis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61b06f7575bd4100f42cf18f/ini-nih-cara-mudah-merawat-karet-wiper-mobil-biar-tetap-elastis

Ini Nih Cara Mudah Merawat Karet Wiper Mobil Biar Tetap Elastis

Ini Nih Cara Mudah Merawat Karet Wiper Mobil Biar Tetap Elastis

Kenyamanan dan keamanan mengemudi mobil salah satu ditentukan oleh kondisi wiper kaca depan yang harus dijaga kualitasnya. Apalagi pada musim hujan seperti saat ini, kondisi wiper yang tidak bagus akan mengganggu jarak pandang terutama pada malam hari.
  
Sayangnya, sebagian pemilik kendaraan kurang memerhatikan komponen yang satu ini. Seringkali karet wiper tidak dirawat sehingga cepat mengeras dan kendur. Penyebabnya pun beragam, bisa karena faktor usia, cuaca atau kelalaian pemiliknya sendiri.

Proses pengerasan wiper kerap terjadi karena saat musim kemarau panjang. Dimana si pengendara sengaja menjemur kendaraan yang berhadapan langsung dengan sinar matahari. Hal ini menyebabkan kaca mobil memanas dan karet wiper mengeras.

Karet wiper yang mengeras dan kendor kerap kali disebabkan oleh jamur serta kerak yang tumbuh subur pada wiper. Mengurangi kerusakannya kalian perlu membersihkan kotoran yang menempel secara menyeluruh.

Karet wiper yang rusak ditandai dengan warnanya lebih usang dan sedikit mengkilap. Selain itu saat ditekan terasa keras atau kendor. Jika kondisi karet wiper kalian seperti ini, sebaiknya perlu diganti dengan yang baru. 

Namun jika dalam kondisi mendesak, ada beberapa cara mengembalikan elastisitas karet wiper yang bisa Anda coba. Meski tidak bersifat permanen, setidaknya tips ini dapat membantu memberikan jawaban permasalahan Anda. 

Bahan yang digunakan untuk mengembalikan elastisitas karet wiper adalah minyak. Minyak memang dapat melunakkan karet yang mulai mengeras. Tapi, sifatnya hanya sementara. Karena, hingga saat ini belum ada cairan yang dapat mengembalikan elastisitas karet yang sudah kaku.

Baca : Ini 5 Efek Buruk Jika Tekanan Ban Mobil Berkurang

Disarankan apabila karet wiper sudah mengeras dan berusia tiga tahun atau lebih, sebaiknya perlu diremejakan dengan karet wiper yang baru. 

Karena karet wiper yang dibiarkan mengeras akan berisiko menggores kaca pada mobil kalian dan menimbulkan suara berderit yang mengganggu. Tentunya hal ini sangat tidak nyaman, bukan?

Karet pembersih kaca depan dan belakang, atau biasa disebut wiper merupakan komponen vital saat berkendara di tengah guyuran hujan. Menjaga kelenturan dan elastisitas karet wiper sangat penting agar kinerjanya maksimal. 

Namun, jika terlanjut keras dan getas, ada cara mengembalikan elastisitas karet wiper dengan hasil non permanen. Berikut ulasannya dari Daihatsu Indonesia:

Spoiler for 1.................:

Spoiler for 2.............................:


Sumber : https://hypeabis.id/read/8763/cara-m...-tetap-elastis
profile-picture
jlamp memberi reputasi
Diubah oleh jahemerah01
Ooh Oke... Pake cuka.

Tapi mungkin kalo getas mendingan ganti.
Ganti wiper 1 tahun sekali..

emoticon-Malu


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di