CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Health /
Biar Sehat dan Aktif, Ini Deretan Zat Gizi Makanan yang Dibutuhkan Lansia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61b024298458715af832432f/biar-sehat-dan-aktif-ini-deretan-zat-gizi-makanan-yang-dibutuhkan-lansia

Biar Sehat dan Aktif, Ini Deretan Zat Gizi Makanan yang Dibutuhkan Lansia


Biar Sehat dan Aktif, Ini Deretan Zat Gizi Makanan yang Dibutuhkan Lansia

 Lansia menjadi kelompok usia yang rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Oleh karena itu, untuk melindungi mereka dari berbagai penyakit, asupan nutrisi mereka harus tercukupi dengan baik. 

Namun, seiring menuanya usia, kebutuhan berbagai nutrisi mengalami perubahan. Mengapa hal ini terjadi dan zat gizi makanan apasaja yang dibutuhkan tubuh lansia? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini.



Zat gizi makanan yang dibutuhkan tubuh lansia


Salah satu kunci untuk menjaga kesehatan lansia adalah menerapkan pola makan yang sehat sehingga kebutuhan gizi lansia tercukupi.

Nah, komponen dasar gizi yang harus terpenuhi semua usia adalah protein dan lemak dari telur atau daging, karbohidrat dari sumber makanan pokok, seperti nasi, kentang, roti, umbi-umbian, serta vitamin dan mineral dari buah atau sayur.



Namun pada lansia, ada beberapa jenis nutrisi yang perlu perhatian karena kebutuhannya semakin meningkat atau menurun. Lebih jelasnya, perhatikan daftar zat gizi dari makanan yang dibutuhkan tubuh lansia berikut ini.



1.Kalsium dan vitamin D


Risiko osteoporosis dan patah tulang yang semakin meningkat, membuat lansia butuh asupan kalsium dan vitamin D lebih banyak ketimbang orang dewasa. Manfaat kalsium selain untuk menjaga kesehatan tulang, juga untuk menjaga kesehatan jantung, otot, dan saraf, serta membantu pembekuan darah.


Kalsium dan vitamin D merupakan nutrisi yang tidak bisa Anda pisahkan. Pasalnya, untuk mendapatkan kalsium yang mencukupi, tubuh perlu vitamin D untuk menyerap mineral tersebut.


Tanpa vitamin D, seseorang tidak dapat membentuk cukup hormon kalsitriol atau vitamin D aktif. Penyerapan kalsium yang terganggu ini, membuat tubuh terpaksa mengambil kalsium yang tersimpan dalam kerangka. Akibatnya, tulang yang ada akanmelemah dan tulang baru yang terbentuk juga tidak kokoh.


Asupan zat gizi dari makanan yang dibutuhkan tubuh lansia ini sebanyak 1200 mcg per hari. Sementara, asupan vitamin D untuk lansia adalah 20 mcg per hatri.


Pilihan makanan yang kaya kalsium dan vitamin D yang bisa Anda pilih antara lain sayuran hijau, salmon, telur, dan produk susu. Studi terbaru menunjukkan bahwa suplemen vitamin D dan kalsium pada lansia sebaiknya hanya jika dokter memberikan lampu hijau.



2. Kalium


Sama seperti vitamin B12, kebutuhan kalium pada orang dewasa dengan lansia tidak berubah, yakni 4700 mg. Zat gizi dari makanan ini sangat dibutuhkan tubuh, apalagi lansia, untuk menjaga kesehatan jantung.


Kalium memiliki hubungan kuat dengan natrium karena keberadaan mineral ini menjaga kadar natrium tidak berlebihan dalam tubuh. Natrium sendiri ada pada makanan yang mengandung tinggi garam dan biasanya menjadi pantangan bagi penderita hipertensi.


Fungsinya tidak hanya itu saja, kalium juga mendukung sel berkerja normal dan mengatur volume cairan tubuh. Terutama pada lansia yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi), konsumsi makanan yang mengandung kalium bisa membantu mereka menjaga tensi darah tetap stabil.


Sebagai contoh, makanan yang mengandung kalium adalah kentang, pisang, bayam, tomat, susu kedelai, brokoli, apel, selada, dan telur.



3.Vitamin B12


Tidak seperti kalsium dan vitamin D, kebutuhan vitamin B12 pada orang dewasa hingga lansia tidak mengalami perubahan, yakni 2,4 mcg per hari. Hanya saja, kebanyakan lansia yang berusia lebih 50 tahun, memiliki masalah kesehatan yang membuat mereka kesulitan untuk menyerap nutrisi ini dari makanan.


Padahal, tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk membentuk sel darah merah, sintesis DNA, dan menjaga fungsi saraf. Oleh karena itu, lansia harus meningkatkan konsumsi makanan kaya vitamin B12, seperti kerang, hati sapi, salmon, tuna, telur, dan daging ayam.


Pada beberapa kasus, dokter mungkin akan meresepkan suplemen vitamin B12 jika lansia tidak bisa mengandalkan sumbernya dari makanan saja.



4. Serat


Zat gizi dari makanan selanjutnya yang dibutuhkan tubuh lansia adalah serat. Nutrisi ini membuat perut jadi lebih kenyang, menyehatkan pencernaan, dan membantu mengendalikan berat badan.


Di samping itu, serat juga diperlukan tubuh untuk membantu menurunkan risiko penyakit pada lansia, termasuk penyakit jantung dan diabetes pada lansia.


Makanan berserat yang bisa Anda pilih adalah kacang-kacangan, sayur dan buah, dan biji-bijian. Agar serat berfungsi dengan baik imbangi dengan banyak minum air putih.



5. Lemak sehat


Siapa bilang lemak itu buruk bagi ke
sehatan? Lemak tidak sepenuhnya buruk, karena tubuh juga membutuhkan zat gizi ini sebagai energi cadangan dan pelindung jantung.


Namun, lansia perlu memilih lemak sehat, yakni lemak tidak jenuh ganda dan lemak tidak jenuh tunggal. Jenis lemak ini ada pada kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan ikan.


Mencukupi zat gizi dari makanan yang dibutuhkan tubuh lansia memang tidak mudah. Apalagi lansia kerap kali memiliki masalah kesehatan yang harus membatasi jenis nutrisi tertentu.


Bahkan, hilang nafsu makan pada lansia sering menyulitkan mereka untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap. Oleh karena itu, jangan sungkan untuk minta bantuan dokter maupun ahli gizi.








profile-picture
profile-picture
profile-picture
mashbrow dan 3 lainnya memberi reputasi
kayak nenek ane yang dari ibu rada pemilih makanan jadi kasian kalo liat badannya. nenek dari bapak dulu juga kurus setelah operasi katarak sekarang jadi seger badannya. aneh ya nggak nyambung mata sama nafsu makan tapi bersyukur embah putri masih lengkap
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kayak nenek ane yang dari ibu
Makan sedikit (karbo dan protein)
Perbanyak buah
Alhamdulillah masih sehat di usia 90 srkian tahun
harus mulai makan yang sehat dengan gaya hidup yang sehat juga.
sama kaya nenek aku jugaa, makanan nnya bener bener di jaga banget, alhamdulillah di umur 65 sekarang masih sehat
Iya bener sih gan, lansia tuh bener2 harus diperhatiin makanan yang dikonsumsinya biar tetep sehat. kasian juga kalo badannya tambah kurus atau tambah gendut gara2 ga diatur pola makannya. Nih, beberapa jenis makanan dan minuman buat cukupin gizi lansia:

Perbanyak air putih
makanan tinggi serat
ikan berlemak
kacang-kacangan
tomat

nih, buat tahu lebih jauh tentang makanan yang baik buat dimakan sama lansia baca di sini ya gan!


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di