CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Banjir Rob Sapa Ancol 5 Hari Terakhir, Warga Keluhkan Rumah Rusak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61b002825679a227c20e5e9d/banjir-rob-sapa-ancol-5-hari-terakhir-warga-keluhkan-rumah-rusak

Banjir Rob Sapa Ancol 5 Hari Terakhir, Warga Keluhkan Rumah Rusak

Banjir Rob Sapa Ancol 5 Hari Terakhir, Warga Keluhkan Rumah Rusak

Jakarta, CNN Indonesia -- Banjir rob yang terus menghampiri kawasan Jalan Lodan Raya, Ancol, Jakarta Utara, dalam lima hari terakhir memicu kerusakan rumah dan barang elektronik, hingga membuat warga kelompok rentan, seperti lanjut usia, kian tersiksa. 

Terhitung sejak Jumat (3/12), banjir rob menerjang RW 08, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. Selama lima hari tersebut, banjir paling tinggi merendam pada hari Sabtu (4/12) dan hari ini, Selasa (6/12).

Salah seorang warga lanjut usia, Hasan, mesti dievakuasi oleh Babinsa sebab terjebak di dalam rumahnya. Saat dievakuasi, kondisi rumah Hasan gelap gulita.

Pria berusia 70 tahunan ini sudah tidak bisa lagi berjalan sehingga mesti digendong dan dibawa menggunakan perahu karet ke kantor Kelurahan Ancol.

Hasan berhasil dievakuasi setelah warga sekitar melaporkan kondisinya kepada aparat Babinsa. Saat itu, Rumah Hasan sudah terendam setinggi 50 centimeter, namun ia masih berada di dalam kamar tidurnya.

Banjir Rob Sapa Ancol 5 Hari Terakhir, Warga Keluhkan Rumah Rusak

Akibat parahnya banjir rob kali ini, berbagai barang berharga milik warga ikut terseret. Bahkan, rumah warga RT 01 RW 08 Kampung Kerapu, Ancol, Juni mesti ikut merasakan dampaknya. Mulai dari dinding jebol dan retak-retak hingga perabotannya hanyut.

"Parah hari ini sama yang kemaren. Kemaren 30 Cm tinggi [air], sekarang 60 Cm [hingga] semeter juga. Rumah pintu, dinding jebol sama perabotan hanyut semua, tembok retak semua," ujar Juni, perempuan berusia 40 tahunan ini.

Senada, Nurhasanah, tetangga Juni, mengaku alat-alat elektronik dan barang berharga miliknya rusak akibat terendam banjir berkali-kali selama lima hari terakhir.

Banjir Rob Sapa Ancol 5 Hari Terakhir, Warga Keluhkan Rumah Rusak

"Kulkas rusak semua. Tembok rumah hancur, perabotan tempat masak roboh, udah gitu banyak yang hanyut. pakaian yang basah kemarin sudah kering, basah lagi," tutur Nurhasanah.

Salah seorang warga RW 08, Syahidi, mengungkapkan banjir rob kembali sering melanda daerahnya sejak setahun terakhir. Sedangkan, banjir kali ini terhitung cukup parah, seperti yang terjadi sekitar enam bulan lalu.

"[Sering] banjirnya lebih kurang mulai setahun terakhir. Lebih parahnya malam itu, enam bulan sudah kejadiannya malam juga. [Banjir bikin] kerepotan bener," ujar Syahidi kepada CNNIndonesia.com, sembari berjalan di tengah banjir menuju rumahnya.

Lurah Ancol Rusmin mengaku sudah berkoordinasi dengan berbagai dinas untuk melakukan evakuasi pada banjir rob di Lodan Raya. Ia mengaku sudah meminta pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta peninggian tanggul Pelabuhan Sunda Kelapa.

Banjir Rob Sapa Ancol 5 Hari Terakhir, Warga Keluhkan Rumah Rusak

"Kita sampaikan aspirasi kami bahwa peninggian tanggul Pelabuhan Sunda Kelapa adalah kebutuhan yang mendesak agar kejadian ini tidak terulang lagi," ujar Rusmin pada CNNIndonesia.com melalui sambungan telepon, Selasa (7/12).

Secara terpisah, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pembangunan tanggul di Jakarta Utara sebagai upaya menangani banjir rob, membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Riza menyebut, sejauh ini, pembangunan tanggul terus dikerjakan oleh Pemerintah Pusat dan Pemprov DKI Jakarta.

"Upayanya tidak lain adalah pembangunan tanggul. sekarang ini sedang dikerjakan pembuatan tanggul yang menjadi kewajiban Pemerintah Pusat dan Pemprov DKI melalui Dinas SDA. Terus dikerjakan dan ini memang memerlukan waktu dan biaya yang tidak sedikit," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin (6/12).

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...an-rumah-rusak

Banjir Rob Sapa Ancol 5 Hari Terakhir, Warga Keluhkan Rumah Rusak

Udah tau bangun tanggul mahal.. Eh kontribusi tambahan reklamasi 15% malah d kantongin sendiri ma pak anies.. emoticon-Malu (S)

Banjir Rob Sapa Ancol 5 Hari Terakhir, Warga Keluhkan Rumah Rusak

Banjir Rob Sapa Ancol 5 Hari Terakhir, Warga Keluhkan Rumah Rusak



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
Halaman 1 dari 2
Mana nih kadrun yang 3-4 hari lalu komen "yang namanya rob, itu bencana"?

Udah kagak berani nongol lagi dia? emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Akan segera tenggelam emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan valkyr9 memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Husss jakarta itu cuma sudirman-thamrin emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
d70103000 dan 2 lainnya memberi reputasi
kata sia nis nyang penting warokah gan emoticon-Cendol Gan emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan valkyr9 memberi reputasi
Sabar ya para korban, kalo kata DKI 1, Semua Yang Hilang Bukan Milik Kita.
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan valkyr9 memberi reputasi
selamat datang air laut....
dipersilakan ngantri masuk ke tanah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
makanya, harus sesuai sunatuloh air hujan tu dimasukkan ke tanah bukan dialirkan ke laut melalui gorong2 raksasa. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 2 lainnya memberi reputasi
pengembang itu dipalak duitnya buat nambahi anggaran negara bangun giant sea wall, bukan diem² terbitin IMB di pulau reklamasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan 5 lainnya memberi reputasi
kan emang dibilang mau tenggelam Jakarta ☺️


dulu mau di bikin tanggul gak mau, melawan sunatulloh... ya sudah lah, silahkan kalian berenang sekarang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan 3 lainnya memberi reputasi
Kadang kadang emang neh warga +62..

Dah jelas daerah ancol/priok/pluit dan sebagian jakut deket sama laut, kalo pada gak mau kena rob yah pada minggat aja ke gunung...

Hidup kok banyak banget ngeluh, nyalahin pemerintah, nyalahin alam, nyalahin tuhan, kenapa pada ngga nyalahin diri sendiri????

Mental rakyat Indo emang tempe, nggak heran banyak yang bilang bangsa kita saat ini dijajah oleh rakyat sendiri...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
night.fury95 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Digusur pindahin rusun ga mau malah pake giring opini macem digenocide ahok emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daddydaddydoo dan 2 lainnya memberi reputasi
Rejeki bertubi2 emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
valkyr9 dan 37sanchi memberi reputasi
Daerah kekuasaan tuyul ancol malah jd komedi emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
vegasigitp dan valkyr9 memberi reputasi
Banjir Rob Sapa Ancol 5 Hari Terakhir, Warga Keluhkan Rumah Rusak
profile-picture
profile-picture
lupis.manis dan valkyr9 memberi reputasi
Antara "Maju kotanya, bahagia warganya." dan "Maju airnya, kebanjiran warganya."
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Bolong jalannya goblok warganya


Walaupun tiap hari renang banjir rob
Yg penting mayitnya ngga mandi sendiri
emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan valkyr9 memberi reputasi
2017 pilih siapa?
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Gabener cuma ngurusi air yg turun dari langit ya. Kalau air yg datang dari laut, itu urusan Aquamanemoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
night.fury95 dan 4 lainnya memberi reputasi
mulut naga, naganya klelepemoticon-Wakaka
sudah kehendak owloh swt.
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di