CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Sudahkah anda Mengerjakan Dua Hal ini Sebelum Anda Menulis?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61afa4df9fbad9704e215681/sudahkah-anda-mengerjakan-dua-hal-ini-sebelum-anda-menulis

Sudahkah anda Mengerjakan Dua Hal ini Sebelum Anda Menulis?

Sudahkah anda Mengerjakan Dua Hal ini Sebelum Anda Menulis?
Sumber gambar: cnn.com

Menulis adalah sebuah hobby, passion, atau bisa juga menjadi sebuah pekerjaan yang digeluti sehari-hari. Menulis dapat dijadikan sebagai media untuk mencurahkan isi pikiran, berpesan-pesan dalam kebaikan, maupun berpesan-pesan dalam kesabaran. Menulis juga bisa digunakan oleh orang untuk mengisi waktu luang sehingga bisa melakukan aktivitas yang bermanfaat.

Aktivitas menulis merupakan salah satu aktivitas belajar yang dapat memberi dampak terhadap meningkatnya kemampuan otak dalam mengingat informasi yang kita tulis. Seseorang akan lebih mudah mengingat sesuatu yang pernah ditulisnya ketimbang sesuatu yang pernah di dengar atau dibacanya. Jadi bila anda ingin suatu informasi itu mudah untuk anda ingat, maka tulislah.

Dalam mengembangkan bakat menulis, ada dua hal yang perlu anda lakukan sebelum memulai setiap tulisan anda. Hal yang pertama adalah Niat yang baik. Sebelum anda memulai tulisan anda, maka yang perlu pertama kali anda lakukan adalah memiliki niat yang baik. Niatkan tulisan anda memberikan manfaat serta kebaikan pada orang yang membacanya.

Tulisan yang anda buat tentu dimaksudkan untuk dibaca oleh orang lain. Anda bisa bayangkan, anda telah mengorbankan waktu anda untuk menulis. Begitu juga dengan orang lain telah meluangkan waktu untuk membaca tulisan anda. Ketika apa yang anda tulis tidak memberi manfaat pada orang lain, maka tentu kita akan masuk dalam orang-orang yang merugi karena melalaikan waktu kita yang seharusnya digunakan sebaik mungkin untuk mendulang pahala selama hidup di dunia.

Ketika tulisan kita dimulai dengan niat yang baik, maka hasilnya pun insya Allah akan menjadi sesuai dengan apa yang diniatkan penulisnya. Hal yang kedua adalah mulailah dengan membaca Basmalah. "Bismillahirrahmanirrahim". Sesuatu yang dimulai dengan Nama Allah menunjukkan bahwa penulis menyandarkan diri bahwa apa yang dikerjakannya semua bisa terlaksana hanya atas kekuasaan dan pertolongan Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Penulis juga menunjukkan bahwa dalam menulis ia memohonkan bantuan kepada Allah sehingga apa yang ia kerjakan bisa terselesaikan dengan baik dan sempurna.

Sudahkah anda melakukan kedua hal tersebut sebelum menulis? Kalau iya Alhamdulillah, kalau belum maka mulailah dari sekarang. Semoga bermanfaat.

Quote:
"Ucapkanlah Basmalah pada saat Anda mulai menulis, niscaya tulisan dan apa yang anda tulis akan menjadi indah dan benar. Kasih sayang akan tercurah pada pena dan kertas, sehingga Anda tidak menyia-nyiakannya".

Referensi:
Shihab, M. Quraish. Lentera Hati Kisah dan Hikmah Kehidupan. Mizan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mashbrow dan 5 lainnya memberi reputasi
patut dicoba, bermanfaat dan menambah wawasan
thread yang sempurna emoticon-Jempol
profile-picture
bugisline memberi reputasi
nice share kaka.
profile-picture
profile-picture
grandiscreamo dan bugisline memberi reputasi
Post ini telah dihapus
Dari dulu punya keingina menulis tapi gak pernah sampai ada yang selesai.
profile-picture
bugisline memberi reputasi
mantep gan. kebetulan mau ngasah bakat menulis ane. siapa tau bisa buat novelemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
rieed1 dan bugisline memberi reputasi
Diubah oleh wartawankampus

Menulis

Semangat menulis. Banyak yang suka menulis, menulis status.biasanya. dan isinya galongalon... Kalau wartawan memang selalu menyajikan kalmat untuk para pembaca. Saat ini media surat kabar tak hanya cetak, surat kabar sudah menyajikan dalam bentuk media elektronik.

Semoga terus menginspirasi para generasi ne penenus bangsa Indonesia.
profile-picture
bugisline memberi reputasi
Swmoga generasi penerus akan terus mampu menjadi pewaris para penulis.
profile-picture
bugisline memberi reputasi
nulis juga ada jedanya gan jangan lupa karena jeda itu yang penting
profile-picture
bugisline memberi reputasi
kirain apaan, udah penasaran bingit emoticon-Cendol Gan
nice shareeee
profile-picture
bugisline memberi reputasi
nice thread bree, sayang sering kena low back pain jadi baru sebentar nulis langsung lemas punggungnya kaku emoticon-Hammer2
nice tread, nice share


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di