CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Cek Toko Sebelah, Antara Meniti Karir Atau Bisnis Keluarga
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61af1034aee0ad5bad412e5a/cek-toko-sebelah-antara-meniti-karir-atau-bisnis-keluarga

Cek Toko Sebelah, Antara Meniti Karir Atau Bisnis Keluarga

Cek Toko Sebelah, Antara Meniti Karir Atau Bisnis Keluarga

Sebuah film yang disutradarai Ernest Prakasa ini mengusung sebuah tema yang cukup menarik untuk dibahas. Kisah seperti ini sering kali muncul dalam kehidupan namun jawaban pasti masih belum ditemukan, kira-kira apakah Anda lebih memilih meniti karir atau melanjutkan bisnis keluarga?

Cerita berpusat pada toko milik Koh Afuk yang mana Koh Afuk memiliki dua putra, Yohan dan Erwin. Koh Afuk ingin agar Erwin yang mana merupakan anak kedua untuk meneruskan usaha toko keluarga mereka kendati Erwin sudah hidup mapan dengan pekerjaan kantorannya.

Disisi lain Yohan merupakan anak pertama yang hidupnya pas-pasan, bekerja sebagai juru kamera, dianggap tak mampu mengurus toko karna Yohan bahkan belum mampu mengurus dirinya sendiri. disinilah konfliknya terletak, apakah Erwin akan menuruti kemauan ayahnya dan mengambil alih toko atau tetap meniti karir yang sudah dia bangun. Kelanjutannya, silahkan nonton sendiri.

Cek Toko Sebelah, Antara Meniti Karir Atau Bisnis Keluarga

Keputusan untuk mewarisi bisnis keluarga atau melanjutkan karir sesuai minat memang bukan hal yang bisa diputuskan dengan mudah, apalagi jika orangtua bersikeras tak mau usaha yang sudah mereka rintis dari nol tutup begitu saja. Selain itu melanjutkan bisnis keluarga berarti tak perlu memulai dari nol atau dengan kata lain tak perlu lagi bersusah payah.

Namun sering kali bisnis keluarga tak sejalan dengan apa yang kita inginkan. Katakanlah orangtua Anda menjalankan toko kelontong sedangkan Anda kebelet ingin jadi pilot, apakah keduanya nyambung? Memilih menjadi pilot berarti merelakan toko yang sudah membiayai semua pendidikan Anda ditutup dan ditambah lagi membuat orangtua Anda kecewa.

Pilihan manapun yang Anda ambil, akan selalu ada pihak yang tidak puas. Masalah tentu tak akan serumit ini bila Anda memiliki saudara yang ingin mengambil alih usaha keluarga atau usaha keluarga Anda tidak terlalu besar. Namun jika Anda anak tunggal yang ingin menjadi pilot sementara orangtua Anda ingin Anda meneruskan toko maka Anda akan mengalami dilema yang luar biasa.

Cek Toko Sebelah, Antara Meniti Karir Atau Bisnis Keluarga

Jadi mana yang harus Anda pilih? Sayangnya jawaban pasti masih belum bisa ditemukan. Beberapa motivator mungkin akan mengatakan agar Anda mengikuti minat Anda dan menyakinkan orangtua namun hidup tidak semudah itu ferguso, Anda harus memikirkan pilihan Anda matang-matang.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 4 lainnya memberi reputasi
Tapi sayang banget sih kalau gelar sarjana yang capek capek diraih jadi nggak berguna gara gara disuruh lanjutin usaha keluarga, kecuali kalo gelarnya nyambung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hongmz dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalau agan di posisi seperti itu agan pilih yang mana?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Tapi kalau katanya sih, usaha keluarga nggak bakalan bisa lebih dari 3 generasi.
profile-picture
fajarekosaputra memberi reputasi
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Jadi kangen gisel....
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Filmnya lucu sih
Pilihan karir pribadi dan melanjutkan usaha keluarga ada karakternya masing2.

Pilihan karir pribadi bisa membuat kita lebih percaya diri dan kebebasan berekspresi. Lebih Siap menanggung risiko atas apa yg terjadi dlm pekerjaan..ada kemungkinan juga kita punya pengetahuan dan pengalaman khusus di bidang yg kita pilih.

Ikut usaha keluarga tentu menyenangkan hati orang yg mewariskannya. Kita dianggap peduli dgn usaha keluarga..dalam jangka panjang juga berimbas pada kekuatan ekonomi yg lebih besar (inilah kenapa perusahaan 3 generasi akan sulit dikalahkan oleh perusahaan baru).
Ga enaknya kita mungkin hanya dicap sebagai pengekor, beruntung mewarisi usaha, rumitnya pembagian peran keluarga besar dlm perusahaan.
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dua hari sebelum Ayah berpulang dulu pesen untuk meneruskan perusahaan nya.
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Seperti yg dibilang ts, misal jadi pilot atau nerusin usaha ortu, ya pertama jelas mengikuti dulu cita2 jadi pilot. Jangan dulu bilang "itu usaha yg biayain sekolah", ntar jadi ruwet.
Nah kalo kita udah sekolah pilot, lulus, ngelamar di pesawat sana sini, tapi maskapai pada bangkrut, baru deh kita banting setir ke "engga punya pilihan".

Terus kalo berhasil jadi pilot, yg nerusin usaha siapa? Ya terpaksa tutup kalo ortu udah ga sanggup ngurus & engga ada sodara yg bisa ngurus. Sesimpel itu aja.
Menurut ane film dan serial seperti ini perlu dikembangkan lebih banyak jangan film setan melolo
ini satu2nya film lokal yg ane tontonemoticon-Leh Uga
yg lain setan semua jirrrremoticon-Wakaka
mending yg ringan2 aja
Ada sdikit cerita temen ane..
Punya usaha warung nongkrong join ber2 sama temennya di jawa,
Bbrp kali ane main kesana, ga terlalu bagus, cm enak aj tempatnya..
Temen ane punya cewe temen SMA, yang awalnya begundal jd brubah gara2 ini cewe, yg awalnya rokok an bs lgsg brenti demi ni cewek..
Sampe waktu lulus kuliah ternyata udahan..
Cewe itu jg tmen dket ane yg skrg ud nikah sm org lain, klo yg ane tau dr kata2nya, ane jg ga tanya lgsg, bkn urusan ane..
Si cewe mikirnya realistis, ntah realistis atau ego..
Cowonya yg sblmnya disuruh ortunya nerusin toko yg di kalimantan, lmyn gede tokonya, kek toko merah sm biru yg berjejer tp versi lokal sana..
Si cewe gbs nerima, mngkin dia pngin cowonya kerja iku korporat dan kenyataan berkata lain.. emg suaminya skrg ikut korporat kontraktor tambang, dan LDR juga..
Ntah realistis atau ego cewenya..
Rumit bgt kyknya idup..

Btw ane kerja di perusahaan keluarga yang bikin CSR bandara, yang punya baik bgt, uda di pegang anak ke 2, pendiri wafat lanjut anak pertama wafat, skrg anak ke 3..
Rumitnya jg ada di perusahaan keluarga
profile-picture
ih.sul memberi reputasi
Diubah oleh adri141
Ane dah tonton pelem dan serinya sisen 1, ada lanjutan sisen 2 nya ga ya?
Lihat mana yang lebih menguntungkan
entah lah gan…
lihat2 dulu gan, kalo lu ngerasa omsetnya bagus ya terusin aja, tapi kalo misalnya kurang ya coba lu nyoba yang lain dulu. orang tua cuma mau anaknya gak susah kok. semua keputusan kalian pasti disetujui sm orang tua gan asal berikan bukti2nya. emoticon-Cool


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di