KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa itu Kelenjar Tiroid? Begini Gejalanya pada Perempuan, Aganwati wajib tahu!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61aee8aea54e0a7a493a4471/apa-itu-kelenjar-tiroid-begini-gejalanya-pada-perempuan-aganwati-wajib-tahu

Apa itu Kelenjar Tiroid? Begini Gejalanya pada Perempuan, Aganwati wajib tahu!

Hipotiroid pada Perempuan | Kenali Gejala & Penanganannya

Apa itu Kelenjar Tiroid? Begini Gejalanya pada Perempuan, Aganwati wajib tahu!



Kasus hipotiroid pada perempuan lebih sering terjadi. Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa kaum hawa lebih rentan pada penyakit ini. Walaupun hipotiroid dapat menyerang segala usia dan dapat menyerang laki-laki maupun wanita, namun kasus hipotiroid memang lebih sering menimpa para wanita.

Pada tubuh manusia, dapat dijumpai berbagai organ dengan fungsinya masing-masing yang berperan dalam menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Terdapat beberapa organ yang berperan dalam memproduksi hormon untuk mengatur metabolisme tubuh, diantaranya adalah kelenjar tiroid.

Bila dijumpai kelainan pada kelenjar tiroid, maka proses metabolisme tubuh dapat terganggu.  Mengapa dari berbagai penelitian diketahui bahwa gangguan tiroid lebih sering terjadi pada wanita? Mari simak penjelasan berikut.

Apa Itu Kelenjar Tiroid?

Spoiler for Penjelasan:



Gangguan Hipotiroid Pada Perempuan

Spoiler for Spoil:


Gejala Hipotiroid

Penurunan hormon tiroid dalam tubuh dapat ditandai dengan berbagai gejala, seperti:

Spoiler for Spoil:

Pada kondisi yang normal, kelenjar pituitari di otak berfungsi untuk mengeluarkan hormon Thyroid Stimulating Hormone (TSH) yang dapat merangsang kelenjar tiroid untuk memproduksi hormon tiroid yaitu Thyroxine (T4). Bila produksi hormon T4 berkurang, tubuh dapat menyadarinya dan memproduksi hormon TSH lebih banyak untuk meningkatkan produksi hormon T4 dari kelenjar tiroid.

Bagaimana Mendeteksi Gangguan Hipotiroid?

Untuk mendiagnosis penyakit hipotiroid pada perempuan, dokter akan melakukan wawancara dan memeriksa kondisi tubuh Anda. Selanjutnya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik yang kemudian diikuti dengan pemeriksaan laboratorium. Pada kondisi hipotiroid, hasil laboratorium menunjukan kadar hormon TSH tinggi sementara kadar hormon T4 rendah.

Namun terkadang dapat dijumpai hasil laboratorium dengan kadar hormon TSH yang tinggi dan kadar hormon T4 normal, kondisi ini disebut hipotiroid subklinis. Terdapat pula kondisi lain yang disebut sebagai hipotiroid sentral, yang ditandai dengan kadar hormon T4 normal dengan kadar hormon TSH rendah, normal, atau bahkan tinggi.

Apakah Ada Kaitannya dengan Covid-19 ?

Spoiler for Buka:


Bagaimana Penanganan Hipotiroid ?

Penanganan hipotiroid pada perempuan akan disesuaikan dengan berbagai macam penyebabnya. Secara umum pengobatan hipotiroid berupa pemberian obat hormon tiroid sintetis. Pemeriksaan laboratorium seperti TSH dapat dilakukan kembali dalam kurun waktu 6-10 minggu setelah mengkonsumsi obat. Anda mungkin memerlukan pemeriksaan berkala lebih sering apabila sedang hamil, atau jika mengkonsumsi obat-obatan lain yang dapat mempengaruhi kerja obat tiroid.


Apabila Anda merasakan tanda atau gejala yang disebutkan diatas, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu agar dapat diperiksa dan diberi penanganan sejak dini.

Semoga Bermanfaat yaa


SUMBER
Hipotiroid pada Perempuan
Hubungan Hipotiroid dan Covid-19
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mashbrow dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh faisaelz
Nice info.... menjadi perhatian bagi kita semua.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Cendols gannn
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Waaah jadi aauu.. Ma kaiih infonya yaaa..


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di