CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Gubernur Banten Minta Pengusaha Ganti Pegawai Penolak UMP
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61aeda6f21375f743836130f/gubernur-banten-minta-pengusaha-ganti-pegawai-penolak-ump

Gubernur Banten Minta Pengusaha Ganti Pegawai Penolak UMP

Gubernur Banten Minta Pengusaha Ganti Pegawai Penolak UMP

Gubernur Banten Wahidin Halim minta pengusaha untuk mengganti pegawai yang tidak mau menerima gaji sesuai Upah Minimum Provinsi (UMP) yang ditetapkan pemerintah provinsi. Menurutnya, masih banyak pekerja yang mau digaji antara Rp2,5 juta hingga Rp4 juta per bulan.

"Saya bilang ke pengusaha, ya kalian cari tenaga kerja baru, masih banyak yang nganggur, yang butuh kerja, yang cukup gaji Rp2,5 juta, Rp4 juta juga masih banyak," kata Wahidin usai menghadiri acara penyerahan DIPA ke pemerintah kota/kabupaten, di Pendopo Lama Gubernur Banten/Gedung Negara Pemerintah Provinsi Banten, Serang, Senin (6/12).

Ia pun tidak mau ambil pusing aksi mogok kerja nasional yang dilakukan serikat buruh. Baginya aksi tersebut hanyalah bentuk luapan emosi dan kekecewaan atas kenaikan upah yang tidak sesuai dengan keinginan buruh.

"Biar aja dia mogok, dia mengekspresikan ketidakpuasan. Tenaga vaksin dari pagi sampai malam Rp2,5 juta gajinya," katanya.

Secara terpisah, Sekretaris Jenderal Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) Emelia Yanti Siahaan menilai pernyataan Wahidin merendahkan kaum pekerja.

"Dalam pandangan kami, pernyataan yang disampaikan Wahidin Halim itu melukai dan merendahkan martabat kaum buruh," ujar Emilia kepada CNNIndonesia.com.

Emilia mengingatkan buruh merupakan bagian penting dari sebuah perusahaan. Karena buruh, kegiatan produksi perusahaan tetap bisa berjalan dan ekonomi bergerak.

Ia juga menilai pernyataan Wahidin mencerminkan sosok pejabat yang tak mau mendengarkan aspirasi rakyatnya.

Senada, kecaman sama juga disampaikan Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia Mirah Sumirat. Dengan nada keras, ia menyebut pernyataan Wahidin itu semakin menunjukkan mental arogan orang nomor satu di Banten itu.

"Pernyataan gubernur tersebut menunjukkan sikap yang arogan sebagai penguasa daerah dan giliran mau ada pilkada dia ngemis suara buruh," katanya.

Sebelumnya, buruh melakukan aksi demonstrasi di depan kantor gubernur setelah Wahidin meneken Surat Keputusan Gubernur Banten Nomor 561/Kep.282-Huk/2021 tentang Upah Minimum Kabupaten dan Kota di Banten pada 2022.

Walau demonstrasi dilakukan hingga malam hari, tidak membuat satupun perwakilan pemerintah menemui massa buruh yang kecewa dengan keputusan tersebut.

Wahidin menyatakan tidak akan merubah keputusan upah minimum, sekalipun di demo oleh para buruh. Ia berdalih besaran upah minimum yang ditetapkan sudah sesuai dengan kajian dan penetapannya diikuti oleh perwakilan buruh.

Dalam Surat Keputusan tersebut Wahidin menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) dengan besaran antara Rp2,7 juta hingga Rp4,3 juta. 

Bahkan 3 di antara 8 wilayah di Banten tidak alami kenaikan upah yakni Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Tangerang.

Berikut besaran upah yang ditetapkan oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim :

1) Kabupaten Pandeglang tidak ada kenaikan atau tetap Rp 2.800.292.64.
2) Kabupaten Lebak naik 0,81 persen menjadi Rp 2.773.590.40 dari Rp 2.751.313.81.
3) Kabupaten Serang tidak ada kenaikan atau tetap Rp 4.215.180.86.
4) Kabupaten Tangerang tidak ada kenaikan atau tetap Rp 4.230.792.65.
5) Kota Tangerang naik 0,56 persen, menjadi Rp 4.285.798.90 dari Rp 4.262.015.37.
6) Kota Tangerang Selatan naik 1,17 persen, menjadi Rp 4.280.214.51 dari Rp 4.230.792.65.
7) Kota Cilegon naik 0,71 persen, menjadi Rp 4.340.254.18 dari Rp 4.309.772.64.
8) Kota Serang naik 0,52 persen, menjadi Rp 3.850.526.18 dari Rp 3.830.549.10.


sumber

profile-picture
profile-picture
profile-picture
hilmiazizi19 dan 7 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
ya emang bener.. ga mau ikut peraturan ya ud.. pindah aja negara? emang bener kan masi banyak yg mau nerima
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 6 lainnya memberi reputasi
Ini baru tegas...

Ga kayak sebelah...

Mer...

Klemer...

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ilnero dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Kuat juga tuh buruh direndahin dan dihina2 ga rusuh emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pak..dampaknya repot di pengusaha, kalau di pecat2in terus kantor dan gudang di rusak bagaimana ? Bapak aja yg ngomong sama mereka dah....


Udah kayak pengusaha blm saia ?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
wow emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Berani nih gub emoticon-Belgia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
udah 4 jt masih kurang... waduh...

masih banyak yang mau digaji dibawah UMR, yg penting periuk nasi ngk sampe minus bulanan, dan sekarang nyari kerjaan susah, harusnya asal gaji lancar ngk masalah. ntar kalo kondisi membaik, cari kerjaan yang lebih baik.

kalo buruh nurutin gaya hidup, y cari usaha lain aja, kan ada tuh yang minta "facial" masuk komponen upah biar ngk kucel katanya.

setuju dengan pak gubernur "ngeyel.... pegat"
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Coba gub Bekasi dan Jakarta tegas.. tapi NDAK MUNGKIN
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Banten ya.. emoticon-Malu (S)

Mending pengusaha nya pindah ajalah.. Win2 solution.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 5 lainnya memberi reputasi
Menolak UMP
jaman orba = komunis

jaman now = teroris, tembak ditempat
profile-picture
profile-picture
prabas dan valkyr9 memberi reputasi
kerja jangan andalkan UMK/UMP, tapi dapatkan gaji yang lebih besar dari itu hasil negosiasi dengan pemberi kerja. kalau punya kompetensi & keahlian, nggak usah takut. kalau nggak setuju pembayarannya, cari kerja lain.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wajar aja wahidin kalau ngomong kayak gitu, provinsi yang paling sering demo buruhnya yah Banten. Lucunya buruh yang demo kebanyakan cowok, tapi mayoritas gender yang kerja cewek. Makanya di Banten cowok sulit cari kerja, karena suka demo dan produktivitasnya rendah alias pemalas emoticon-Big Grin

Kalau demo terus berlanjut, bukan tidak mungkin bakal banyak lagi perusahaan yang minggat dari Banten.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
ykc30 dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Hmm memang seharusnya gitu, kalau ga setuju dgn nominal gaji skrg ya cari pekerjaan yang gajinya lbh tinggi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Ya mustinya gitu sih.. tapi coba gaji pejabat yg ngomong juga cuma gapok aja.. gak terima ya tinggal ganti pasti masih antri yg mau gantiin..blm lagi kalau korupsi dihukum mati.. bakal terima gak?

gaji 2,5jt hari gini bisa sampai mana? kalau udah 4jt lebih sih agak mending deh..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
ha ha ha seru nich ..gubernur nya brani...take it or leave it ..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 3 lainnya memberi reputasi
Ngomong mah gampang, tinggal pecat bla bla bla.... prakteknya proses recruitmentnya yang makan waktu dan biaya, kek MCU dll...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Sikon ...
Sikon ...
Kalau tidak bisa melihat sikon, ya pakai kacamata hitam.
===> Tapi bukan yang ini ... ===> emoticon-Cool
emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan prabas memberi reputasi
Jalan satu2nya pemerintah berani gak brantas Serikat Pekerja
Semua itu biang keroknya
Dr serikat pekerja emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Coba dech pecat cari baru, saya mau lihat pengusaha rugi. Ga semudah itu om untuk pecat orang. Orang yang pengalaman kerja aja, pindah kerja butuh penyesuaian diri. Apa lagi pecat orang pengalaman secara membabi buta, terus hire orang yang non pengalaman. Rugi berapa tuh perusahaan ?

Bagi saya setiap kebijakan ada yang dirugikan. Kenapa pemerintah nggak naikan umr, alasan nya cuma 1, pemerintah lagi kejar pendapatan, dengann harapan pendapatan pengusaha naik, biaya produksi kecil, maka pemerintah mendapatkan pph dan ppn. Kalau alasan pemerintah krn covid ya itu bohong. Kalau karena covid logika saya banyak pengusaha udah tutup, krn rugi. Dan ini akan menjadi bencana bagi pemerintah.

Disudut pandang sebagai buruh : harga barang makin mahal. Kalau umr ga naik, harga barang tetap akan mahal.

Jadi memang harus ada yang dikorbankan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ykc30 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
bener kayak gitu ...saya malah setuju..banyak yg butuh kerjaan,yg dapet kerjaan bnyk tuntutan..
lama lama jadi dunia terbalik ....eeaakkk....
masak bapak menyusui
emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan whyjtilpg memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di