CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Novel Baswedan Kembali ke Pelukan Polri, 44 Eks-KPK Jadi ASN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61adcf28ae0783377d239964/novel-baswedan-kembali-ke-pelukan-polri-44-eks-kpk-jadi-asn

Novel Baswedan Kembali ke Pelukan Polri, 44 Eks-KPK Jadi ASN

Novel Baswedan Kembali ke Pelukan Polri, 44 Eks-KPK Jadi ASN

Bisnis, JAKARTA - Novel Baswedan dan 43 mantan pegawai KPK akhirnya menyatakan bersedia menjadi ASN Polri. Sementara itu, 8 mantan pegawai KPK menyatakan menolak tawaran menjadi Aparatur Sipil Negara di Polri. Pernah meninggalkan Polri untuk menetap di KPK, Novel Baswedan kembali ke istitusi lamanya meski dengan status yang berbeda.

Seluruhnya ada 57 mantan pegawai KPK yang berpeluang menjadi ASN Polri. Namun, baru 54 orang yang diketahui  menyambangi Gedung TNCC Polri untuk menghadiri sosialisasi pengangkatan khusus sebagai ASN.

"Yang mengisi surat perjanjian dan menyatakan bersedia menjadi ASN Polri sebanyak 44 orang. Yang tidak bersedia delapan orang," kata kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Ahmad Ramadhan, Senin (6/12/2021).

Sementara itu, tiga orang lainnya tidak hadir dan belum memutuskan akan bergabung menjadi ASN Polri. Kemudian, satu orang mantan pegawai KPK lainnya telah meninggal dunia. Mantan Ketua Wadah Pegawai KPK Yudi Purnomo dan Mantan Penyidik Senior Novel Baswedan termasuk yang bersedia menjadi ASN Polri.

Sementara itu, Mantan Kepala Bagian Perancangan Peraturan dan Produk Hukum pada Biro Hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rasamala Aritonang dan mantan Penyidik Lakso Anindito termasuk yang menolak menjadi ASN Polri.

Sebelumnya, Polri telah mengeluarkan aturan terkait pengangkatan khusus terhadap 57 mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Aturan Pengangkatan khusus ini tertuang dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 15 Tahun 2021.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (3/12/2021) menyebutkan aturan soal pengangkatan itu sudah tercatat di lembar negara Kemenkumham. Polri bakal melakukan uji kompetensi terhadap mantan pegawai KPK menyatakan bersedia diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di korps Bhayangkara. Dedi Prasetyo mengatakan uji kompetensi tersebut hanya untuk pemetaan, bukan proses seleksi.

"Tahap berikutnya akan dilaksanakan kegiatan uji kompetensi. Sifatnya hanya mapping  sesuai kompetensi yang dimiliki oleh pegawai KPK yang akan bergabung sebagai ASN Polri," katanya di Mabes Polri, Senin (6/12/2021).

Dedi menegaskan tidak akan ada mantan pegawai KPK yang digugurkan dalam tes tersebut.

"Ini hanya mapping, jadi tidak ada hasilnya adalah memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat tidak ada, hanya mapping sesuai kompetensi baru nanti ditempatkan sesuai dengan ruang jabatan yang sudah disediakan berdasarkan keputusan Kementerian PAN," katanya.

Sebelumnya, Polri telah mengeluarkan aturan terkait pengangkatan khusus terhadap 57 eks pegawai KPK. Aturan Pengangkatan khusus ini tertuang dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 15 Tahun 2021.

Polri telah mengeluarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 15 Tahun 2021 tentang pengangkatan khusus 57 mantan pegawai KPK. Dalam poin pertimbangan aturan korps Bhayangkaraitu disebutkan bahwa integritas dan dedikasi 57 eks pegawai KPK tidak diragukan. Hal tersebut sebagaimana ditegaskan hakim pada Mahkamah Konstitusi (MK) dalam pertimbangan putusan Mahkamah Konstitusi RepubIik Indonesia Nomor 7OPUU-Xyll2019.

"Dari 57 (lima puluh tujuh) eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi yang telah mengabdi di Komisi Pemberantasan Korupsi dan pernah menjadi bagian dari pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi dengan dedikasinya dalam pemberantasan tindak pidana korupsi yang tidak diragukan," seperti tertuang dalam pertimbangan huruf (b) beleid tersebut, dikutip Senin (6/12/2021).

Aturan itu juga menegaskan bahwa, pengangkatan ini telah dikonsultasikan kepada berbagai pihak, mulai dari Ketua Mahkamah Konstitusi, MA, dan mendapat persetujuan Menpan RB.

"Menegaskan aspek legalitas kebijakan yang diakukan oleh pemerintah untuk kebijakan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi pegawai Aparatur Sipil Negara," seperti tertuang dalam pertimbangan poin (e)."


profile-picture
the.commandos memberi reputasi
Diubah oleh harbisindo
Halaman 1 dari 2
Novel Baswedan Kembali ke Pelukan Polri, 44 Eks-KPK Jadi ASN

what kind of lelucon macam apa ini?
ibarat difired from rcti then diterima by globaltv or inews or mnc tv
profile-picture
profile-picture
raptordeltadunn dan gomamon. memberi reputasi
kalau jadi penyidik di polri kan bisa BKO ke KPK lagi toh wkwkwk
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
bah maren ribut2 endingnya mau juga

emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
hantumasam dan xneakerz memberi reputasi
dibayar berapa sama antek isis ???
Diubah oleh azhurakontoll
COKLAT BERLARI KEJAR PENGHUNI, MASUK LUMPUR, JADI LAGI...ASUUUUUU TENANNNNN, BOTAK BIADAB
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan gomamon. memberi reputasi
Enak ya ga lolos ujian CPNS tetap bisa diangkat jadi ASN
Padahal banyak loh honorer atau pegawai non PNS yg ga lolos ujian CPNS ya nasibnya tetap blangsak jadi honorer sampai usia pensiunemoticon-Big Grin
profile-picture
xneakerz memberi reputasi
Diubah oleh tigaporsi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
semakin maju nih polri kedepannya dibantu eks penyidik kpk yg udah pengalaman bongkar kasus2 besar 👍
Mantap pak Novelemoticon-Ngacir
Moga cokelat dah bisa nangkep koruptor, masa cuma kpk sama jaksa emoticon-Ngakak
profile-picture
akulagi2021 memberi reputasi
Ada yg nolak jadi ASN, sekarang kok diterima? emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan gomamon. memberi reputasi
intinya ngga mau nganggur

emoticon-Ngakak
profile-picture
gomamon. memberi reputasi
Ya itu posnya dikasih lah bagian patroli atau ke divisi lantas buat jaga lamer....suru mereka jaga di tkp 8 jam sehari diawasin cctv...emoticon-Tai
profile-picture
37sanchi memberi reputasi
Tolong tmptkan d tempat pembuatan Sim.. biar masyarakat tdk bisa nyogok penguji Sim biar tdk lulus...
cpns yg gagal lolos tinggal ngadu komnas ham aja mana tau ntar dijadiin asn juga kayak nopel cs
emoticon-Traveller
Anti Klimaks banget ini.
mari kita liat apakah proses talibanisasi polkis berhasil atau tidak?emoticon-Leh Uga
secara tingkatan, turun jauh karena tadinya pegawai lembaga negara independen, sekarang ada di lembaga negara di bawah presiden. tapi yang penting tunjukkan kalau memang mereka pro pemberantasan korupsi, sebagai ASN di kepolisian pun tetap berantas korupsi.
profile-picture
profile-picture
Org.sembarangaN dan gomamon. memberi reputasi
Setelah jd PNS di polri, nanti bisa dipindah ke KPK lagi..
profile-picture
akulagi2021 memberi reputasi
Mereka butuh job
Se-simple itu
Kata cebby novel taliban kok diterima masuk Polri?emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di