CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Satu dari 6 Korban Elpiji Bocor di Pasuruan Tewas, Korban Bocah 10 tahun
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ad915c8bb6e80dc0518862/satu-dari-6-korban-elpiji-bocor-di-pasuruan-tewas-korban-bocah-10-tahun

Satu dari 6 Korban Elpiji Bocor di Pasuruan Tewas, Korban Bocah 10 tahun

Semburan elpiji bocor melukai enam penghuni rumah di Pasuruan. Salah satu anak pemilik rumah yang masih berusia 10 tahun meninggal dalam perawatan karena luka bakar parah.
Insiden elpiji bocor itu terjadi di rumah Kosim (39) di Jalan Mangga Gang Mbah Guru Lingkungan Sidodadi, Kelurahan Pogar, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan, Minggu (5/12/2021) pukul 10.00 WIB.

Akibat kejadian ini Kosim, istri dan tiga anak serta ayahnya terluka bakar. Mereka dilarikan warga ke RSUD Bangil untuk mendapatkan perawatan. Setelah menjalani perawatan sekitar 10 jam, salah satu anak Kosim, Akbar Rifai, meninggal dunia.

Nyawa bocah 10 tahun itu tak tertolong karena mengalami luka bakar hampir seluruh tubuhnya. Ia mengalami luka bakar pada wajah, kepala, badan bagian depan ฤan belakang, kedua tangan, kedua paha dan kaki kiri.

"Meninggal sekitar jam 20.00 tadi," kata Lurah Pogar, Arfian Fakhrudin, Senin (6/12/2021).

Seperti diberitakan, insiden elpiji bocor itu menyebabkan api menyembur melukai enam penghuni rumah.

Kosim mengalami luka bakar kedua kaki dan tangan serta wajah. Istrinya, Dwi Wulandari (32) mengalami luka bakar ringan pada tangan kanan. Sementara ayahnya Supardi (58) mengalami luka pada ke dua tungkai kaki.

Tiga anak Kosim juga mengalami luka bakar serius. Akbar Rifai (10) mengalami luka bakar pada wajah, kepala, badan bagian depan ฤan belakang, kedua tangan, kedua paha dan kaki kiri. Afiqoh Azzahra (7) mengalami luka bakar ringan pada kaki kanan. Dan Nazaha Nur Aminah (4) mengalami luka bakar pada wajah, kepala, badan bagian depan, kedua tangan, punggung dan kedua paha.

Satu dari 6 Korban Elpiji Bocor di Pasuruan Tewas, Korban Bocah 10 tahun

Polisi menyebut kejadian diduga Kosim yang sedang memasang regulator saat istrinya hendak memasak kurang mengetahui cara pemasangan elpiji. Sehingga pemasangan kurang sempurna.

sumber berita


==========

Jangan main-main dengan gas gan. Dampaknya bisa fatal. TS baru bisa (yakin-berani) gantis gas sendiri setelah berkeluarga. Dulu gak pernah berani karena takut salah. Karena saat SMP pernah melihat langsung rumah tetangga beserta penguninya terbakar karena LPG bocor akibat pemakaian-pemasanga tidak benar.

Nah di sini TS akan membagikan tips berdasarkan pengalaman pribadi:


Pertama, sebelum memasang kepala regulator periksa dulu lubang tabung gas, pastikan bersih tidak ada benda asing yang menempel di sana. Pernah dulu masang regulator tapi selalu bersuara 'berdecis' tanda gas keluar dari celah kepala regulator, sudah setengah jam masang belum kunjung nemu sebabnya sampai putaran regulator patah karena buka pasang. Eh ternyata ada sisa-potongan karet yang tertinggal di dalam lubang. Setelah dikeluarkan, masalah beres.

Kedua, Periksa karet di lubang tabung gas. TS menemukan karet yang sudah tidak layak (bekas) sehingga selalu 'berdecis'. Setelah diganti dengan karet baru, masalah beres. TS juga pernah menemukan karet baru tapi ukuran ketebalannya lebih tipis, itu juga berpengaruh dan sebaiknya diganti yang bagus. Oh ya jangan coba-coba ditambah dengan karet gelang seperti dengan dililitkan ke kepala tabung gas, itu berbahaya, mending beli karet yang baru dan yang bagus. Satu set isi 10 PCS paling sepuluh ribuan. TS gak berani sebut merek ntar dikira promosi. Cari sendiri saja ya.

Ketiga, kepala regulator beli yang mahal sekalian. Keamanan lebih utama gan. Kalau yang cuma berharga 50 ribuan itu gampang rusak, terutama di bagian putarannya. Kalau dihitung-hitung lebih hemat juga. Beli yang 100 ribuan tahan lama, daripada yang 50 ribuan tapi enam bulan sekali ganti.

Keempat, tambahkan alat pengencang regulator. Gambarnya ada di bawah ini. Yang lebih bagus ada, tapi yang murah belasan ribu seperti ini sudah cukup untuk mengencangkan regulator. Lumayan menambah keyakinan akan keamanan.
Satu dari 6 Korban Elpiji Bocor di Pasuruan Tewas, Korban Bocah 10 tahun

Kelima, keberanian gan. Kalau ragu-ragu mending jangan. Lebih baik minta tolong ke orang yang sudah pengalaman. Istri TS sampai sekarang tidak bisa ganti tabung gas sendiri, ya itu karena dia takut salah. TS tidak paksakan. Daripada ntar terjadi hal fatal.

Ok sekian dulu dari TS. Semoga banyak yang baca dan tahu akan hal penting ini dan terhindar dari bahaya. Jangan remehkan keselamatan y gan. Terima kasih emoticon-Smilie


sumber ilustrasi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
toni.toni.kk dan 8 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Dhuh Gusti, masih anak2...
emoticon-Turut Berduka

Makasih gan atas edukasinya, kita harus hati2 dalam segala hal... Meskipun terlihat sepele, keamanan di dapur adalah hal yang sangat penting, khususnya dalam penggunaan kompor gas... Harusnya dibikin penyuluhan di setiap RT supaya masyarakat lebih aware pada penggunaan gas elpiji dengan benar, dan bahaya apa saja yang bisa terjadi jika lalai...

Turut berduka untuk korban, semoga agan2 semua yang membaca komen ini selalu diberikan kesehatan dan keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Esa...

Aamiin ya Rabb...

emoticon-Mewek
profile-picture
aduhaisayang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ts terlalu fokus ke regulator ..


Jgn lupa cek selang karet penyalur gas dr tabung ke kompor ..



Biasanya klo selang karet biasa yg murahan .... klo pemakaian sdh lama karet nya kaya keropos ... ditekan rada keras sobek
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan aduhaisayang memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tidak meledak tapi 6 orang kena, kronologinya bagaimana itu ?
Diubah oleh kanggelandaftar
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Satu dari 6 Korban Elpiji Bocor di Pasuruan Tewas, Korban Bocah 10 tahun
Klo mau lbh simpel pake yg gini gan,udh ada penguncinya dan seal karetnya ga cpt rusak.ane udh pake 3 thn aman sentosa
profile-picture
aduhaisayang memberi reputasi
Diubah oleh debuki
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
+ Kompor harus lebih tinggi daripada tabung
+ Sirkulasi udara harus baik agar gas elpiji yang bocor tidak terkonsentrasi di ruangan
profile-picture
profile-picture
aduhaisayang dan mclonewolf memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
waktu masang dan ngetest, jauhkan keluarga, ini kok bisa sampai satu keluarga kenanya?emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
baru aja kemaren ane gantiin kompor ditempat ipar ane
kalo takut mulu, ane saranin ganti kompor induksi aja
biar boncos listrikemoticon-Leh Uga
profile-picture
aduhaisayang memberi reputasi
Kadang ditemuin regulator & tabungnya yg nggk pas, atau yg paling sering karetnya kebesaran sehingga gas gak ngalir (padahal tekanan ada), mau tak mau musti ngutak ngatik posisi karet yg takutnya rawan bocor.

Yg penting "jangan hudupin kalo masih bau gas"
profile-picture
aduhaisayang memberi reputasi
bukan regulator nya

tapi selang penyambung antara regulator dan lubang kompor gas
kurang kencang kuncian nya maka gas keluar
pas nyalain api lagi
akhirnya meleduk deh
profile-picture
aduhaisayang memberi reputasi
Cara pasang atau copot regulator elpiji memang seharusnya jadi kurikulum wajib di sekolah menengah.
Masih banyak banget masyarakat yg tidak paham cara memasang regulator secara aman

Dan tabung gas juga harus diawasi standarnya, harus ada daur ulang yg jelas. banyak tabung LPG yg mulut katup gasnya hampir rusak tapi tetap diedarkan di agen2 penjualan LPG. Ini sama saja pemerintah membunuh rakyat
profile-picture
aduhaisayang memberi reputasi
karet jaman sekarang itu cepet getas. jadi siapkan banyak stock karet. kalo dipasang bunyi gas tandanya ya udah gak ngegrip lagi. gak usah diakal2in.


jangan menggunakan penahan/pengencang regulator. karena pertama tekanan ulirnya saangking parnonya dikencengin, bisa merusak kepala regulator, merusak sambungan kepala gas juga.

kedua itu menyusahkan saat terjadi kebakaran/kebocoran selang gas. saat selang gas bocor/terbakar, gak bakal bisa dipadamin pake air/karung. apalagi sedang panik. satu2nya cara yang mudah dan efektif adalah matikan dan lepas regulatornya. kalau regulatornya dikonci pake penahan gimana mau lepasnya? kelamaan.

setelah sumber gasnya bisa dikendalikan, serah dah mau pake karung basah, pasir, apar..


profile-picture
profile-picture
profile-picture
KodokBuluw dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh biawak.pink
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
suami gua aja takut kalo masang gas dan urusan kabel listrik
profile-picture
aduhaisayang memberi reputasi
makasih Ts buat infonya. Turut berduka buat keluarga korban๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™
profile-picture
aduhaisayang memberi reputasi
tapi rata2 permasalahan tabung elpiji mungil ini ya regulatornya apalagi yg murahan banyak di jual dan jadi favorit emak2 yg punya prinsip nyang pentil murah
profile-picture
profile-picture
Nevraline dan aduhaisayang memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Pas ganti tabung
ane selalu pastiin dulu:
1) Bau atau tidak
2) Ada bunyi mendesis atau tidak
gak langsung dicoba dinyalain

Jika salah satu atau keduanya ada,
ane benerin lagi sampai beres,
baru coba nyalain.
profile-picture
aduhaisayang memberi reputasi
Kalau bisa jangan pasang alat pengencang regulator. Lebih baik beli regulator baru. Kalau ada uang sediakan regulator cadangan. Sejak awal ada LPG di daerah saya akhir 80-an, saya pasti pakai regulator merk KosanGas/Reca (tak pernah sekalipun ada masalah).

emoticon-Shakehand2
profile-picture
biawak.pink memberi reputasi
beli regulator sama selang merk kopana, dari banyak merk mahal ane jajal, kopana paling awet buat ane, fitur safetynya juga ok
Tiap pasang selalu cek ada suara angin ngga, klo ngga ada suara angin bocor aman.
solusi sederhana tapi pada banyak yg ga mau yakni beli cadangan karet elpiji kenmaster.. siapin.. nah ini.. beli.. pada ga mau... biasanya diakalin pake karet gelang...
yg kayak gini kok ga pernah diajarin di sekolah yak? emoticon-Nohope

ane malah belajar dr youtube.
kalau ane sih yg biasa bermasalah sih bagian karet nya, selalu siapin cadangan karet
Halaman 1 dari 2


×
ยฉ 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di