KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Asyik! Anak Sekolah di Wilayah DKI Jakarta Punya Bus Sekolah Baru
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ad6f73c4f844364012e3c2/asyik-anak-sekolah-di-wilayah-dki-jakarta-punya-bus-sekolah-baru

Asyik! Anak Sekolah di Wilayah DKI Jakarta Punya Bus Sekolah Baru

Asyik! Anak Sekolah di Wilayah DKI Jakarta Punya Bus Sekolah Baru


Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menghadirkan 35 unit bus sekolah baru untuk peserta didik di wilayah DKI Jakarta. Bus sekolah baru ini hadir lebih modern, lebih aman, dan juga ramah untuk penyandang disabilitas.

Ali Murthadho, Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dishub DKI Jakarta mengatakan saat ini sudah datang 10 unit armada bus sekolah anyar dari 35 unit yang sedang mereka pesan. Bus baru dari pabrikan Isuzu ini rencananya akan datang bertahap.

"35 unit bis (baru) ini akan menggantikan 35 unit bis yang sudah habis masa operasionalnya, yang masa operasionalnya di atas delapan tahun, sembilan tahun," papar Ali Murthadho di konten media sosial yang diunggah oleh Dinas Perhubungan dan Transportasi Unit Pengelola Angkutan Sekolah Jakarta, pada Minggu (5/12/21) kemarin.

"Pengadaan bis sekolah ini tentu dalam rangka upaya kita yah untuk memberikan layanan terbaik untuk peserta didik yang melaksanakan kegiatan belajar di sekolah," lanjutnya.

Ali mengatakan, peremajaan bus sekolah yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta diharapkan dapat menjadi pemantik bagi pemerintah untuk dapat memberikan peremajaan kepada unit bus lain yang juga sudah habis masa operasionalnya.

"Jadi 35 unit ini nanti akan datang secara bertahap, pada hari ini sudah datang 10, dalam beberapa hari ke depan akan datang lagi 10, sampai totalnya nanti ada 35 unit bis," papar Ali.

"InsyaAllah kita akan meremajakan bis-bis kita yang memang sudah habis masa operasionalnya. Tentu ini akan menjadi trigger bagi Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan peremejaan bis-bis yang memang sudah habis masa operasionalnya," lanjutnya.

Punya Fasilitas Ramah Disabilitas


Bus sekolah baru yang dihadirkan oleh Pemprov DKI Jakarta hadir dengan segudang fitur kekinian serta ramah bagi penyandang disabilitas. Selain itu, bus sekolah baru ini juga hadir dengan berbagai fitur keselamatan yang siap 'menjaga' peserta didik selama berada di bus sekolah.

Siswanto Adi Nugroho, Kasat Sarpras Unit Pengelola Angkutan Sekolah, mengatakan bus sekolah baru ini tentunya lebih baik dan memiliki fasilitas yang lebih unggul dari bis sekolah yang sebelumnya.

"Pertama sudah mempunyai lampu DRL, yang tentunya hal ini lebih canggih lebih terang. Lalu yang kedua tersedia running text yang multi fungsi, multi color, dan sifatnya dinamis bisa dilakukan setting lewat online," papar Siswanto.

Asyik! Anak Sekolah di Wilayah DKI Jakarta Punya Bus Sekolah Baru
Bus sekolah baru Pemprov DKI Jakarta dilengkapi dengan hand sanitizer otomatis dan AC Plasmacluster untuk mencegah penyebaran virus Foto: dok. Dinas Perhubungan dan Transportasi Unit Pengelola Angkutan Sekolah

"Nah untuk safety kepada siswa adalah pertama-tama terkait dengan tersedianya CCTV online di empat sudut untuk eksternal keluar menuju sudut pengemudi di luar kendaraan, sehingga apabila terjadi kecelakaan tentunya hal ini bisa terekam. Kemudian satu sudut lagi di belakang juga merekam kondisi atau posisi lalu lintas di belakang bis kita. Kemudian yang dua itu menyorot ke dalam pengemudi dan satunya lagi untuk ke kegiatan siswa sekolah yang ada di dalam bis sendiri," lanjutnya.

Fitur keselamatan lain yang terpasang di bus sekolah baru ini adalah fitur GPS. Lalu ada juga sensor yang dapat mencegah siswa dari terjepit dengan pintu tengah otomatisnya. Sehingga ketika penumpang masuk secara terburu-buru dan terjepit, pintu akan langsung membuka secara otomatis. Sedangkan untuk fitur yang disiapkan oleh Pemprov DKI Jakarta bagi para penyandang disabilitas, ialah fitur marking bagi tuna netra.

Asyik! Anak Sekolah di Wilayah DKI Jakarta Punya Bus Sekolah Baru

Marking untuk tuna netra di bus sekolah baru Pemprov DKI Jakarta Foto: dok. Dinas Perhubungan dan Transportasi Unit Pengelola Angkutan Sekolah

"Sudah tersedia nanti di dalamnya itu untuk fasilitas disabilitas. Di antaranya terdapat marking untuk tunanetra. Kemudian ada lagi fasilitas pintunya, buka-tutup di dalamnya itu adalah otomatis. Ketika siswa buru-buru masuk dan tertinggal badannya kejepit ada sensor otomatis yang akan melakukan safety atau keamanan, sehingga badan tak akan terjepit. Sensor itu membaca, maka lepas sendiri terbuka lagi," papar Siswanto.

"Di era pandemi ini, maka Pemprov DKI Jakarta sangat concern dengan antisipasi penyebaran virus di dalam ruangan bis sekolah. Maka disediakan fasilitas AC Plasmacluster dimana fungsi plasmacluster tersebut adalah mereduksi potensi-potensi bakteri yang menyebar ketika siswa duduk atau ada yang terkontaminasi virus. Satu lagi hand sanitizer otomatis sudah tersedia tanpa sentuh," tutupnya.

Sumber:

https://oto.detik.com/berita/d-58420...397.1631869722

Pasti yang dibahas bagaimana caranya nyerap anggaran di akhir tahun, tetapi tidak memikirkan manfaat dari bus sekolah ini untuk generasi mendatang, bayangkan kalau harus naik kopaja dan ketemu gerombolan musuhnya apalagi ketemu katak baser watermark emoticon-Cool

ada yang bahas, waktu pandemi malah beli bus, kemaren kemana saja?

inilah visionernya gubernur terbaik, memikirkan kalau sudah selesai pandeminya tidak lagi bingung beli bus. bener bener senyap dan visioner emoticon-Cool


profile-picture
profile-picture
profile-picture
kiamatdiundur dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Bus sekolah baru yang dihadirkan oleh Pemprov DKI Jakarta hadir dengan segudang fitur kekinian serta ramah bagi penyandang disabilitas. Selain itu, bus sekolah baru ini juga hadir dengan berbagai fitur keselamatan yang siap 'menjaga' peserta didik selama berada di bus sekolah.


Mantab! emoticon-Recommended Seller:
Smoga bayarnya pas, tdk krg apalagi kelebihan emoticon-Embarrassment
Alhamdulillah... Tapi sekolahnya masih pada berdiri kan? Kan kasian klo ada mobil sekolah tapi sekolahnya malah rusak..

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kranevitter dan 2 lainnya memberi reputasi
Baguslah.
emoticon-Belgia
Baru sarapan nih ?

Rokok aman ?

emoticon-Big Grin
iri ama DKI nih

APBD nya gede...daerah lain boro2 nyediain bus sekolah

angkutan umumnya aja karatan bobrok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
YamatoRyoumaru dan 2 lainnya memberi reputasi
Namanya doang bus sekolah.. Tapi anak sekolahnya pada pake ga?.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
gomamon. dan huwalla memberi reputasi
Bukan bandingin. Pas jaman ahok ane sering lihat bus sekolah wara wiri. Pas abud mimpin ane jarang liat bus sekolah di jalanan.... ( Jaman belum kopid)

Ni malah nambah armada..... Yg penting WTP walau tidak tepat sasaran.....

Klo di swasta u jalanin perusahan macam gini uda diblack list nama u dari para konglomerat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gomamon. dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Busnya anti banjir gak?emoticon-Leh Uga
heleh telek ..... anak gua aja sekolah masih anter jemput pribadi
Ga guna tolol
Penerimaan siswa sekolah di zaman gubernur sekarang itu berdasarkan zonasi.. mana ada anak yg sekolahnya jauh sampe butuh bus sekolah buat pergi ke sekolah, yg ga keterima di sekolah negeri karena aturan zonasi akhirnya masuk sekolah swastod yg ga butuh bus juga karena ga ada trayeknyaemoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh tigaporsi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Skulah nya lusuh dan ambrug lantaran pandemik kopit emoticon-Belgia tinggal bus skulah nya doank yg baru. Udah bwat balapan ajah ntar di sirkuit formula e. emoticon-Bingung pan lom ada acara balap bus skulah kelas internasional.
profile-picture
Kranevitter memberi reputasi
Wah asyik banget... Buat penyerapan anggaran. emoticon-Selamat
Mantap
Khusus sekolah negri ye? Anak gua sekolah dari kemaren2 masih pake jemputan dari sekolahnya bayar Rp.800,000/month emoticon-Frown
boleh turun di sembarang tempat gak?
Yang berduit dan tajir ga mungkin pake gituan...sama yang rumahnya jauh dari jalur si bus...ga ada datanya kah itu total berapa siswa yang makai tuh 30 bus.....emoticon-Wow
Sblm pandemi,penggunaan bus sekolah sptnya mulai kurang diminati/populer, krn sistem pembelajaran skrng khususnya setelah waktu belajar normal usai kebanyakan uda gk nentu, misalnya ada ekskul.
lah masih ada toh, dikira udah ga pake bis sekolah lagi, udah ga pernah liat lagi soalnya
rutenya gimana? dijemput langsung didepan rumah atau gimana?

kalo kolektif ya tetep nyusahin, kan ortu mesti anterin juga ke tempat ngimpulnya, lom lagi jemput balik, kasian anak bisa sendirian ditinggal ditempat penjemputan
Wow proyek baru lagi.
Halaman 1 dari 2


×
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di