CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
YLBHI Sentil Jokowi yang Ternyata Anggota Ormas, Usai Tegur Kapolres ke Ormas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ac4f174acf7b74ca150df6/ylbhi-sentil-jokowi-yang-ternyata-anggota-ormas-usai-tegur-kapolres-ke-ormas

YLBHI Sentil Jokowi yang Ternyata Anggota Ormas, Usai Tegur Kapolres ke Ormas

YLBHI Sentil Jokowi yang Ternyata Anggota Ormas, Usai Tegur Kapolres ke Ormas

Indonesia (YLBHI) Muhammad Isnur menanggapi pernyataan Presiden Jokowi terkait Kapolda dan Kapolres yang sowan ke ormas yang sering membuat keributan.

Isnur mengkritik Jokowi yang ternyata juga telah menjadi anggota organisasi Pemuda Pancasila.

“Presiden Jokowi harus introspeksi diri. Dia sendiri yang mencontohkan menjadi anggota ormas tertentu, bahkan menggunakan bajunya,” tegas Isnur kepada Kompas TV.

Bahkan ia menegaskan bahwa seharusnya bekas Gubernur Jakarta tersebut tidak menggunakan atribut ormas.

Agar dia tidak terlihat berpihak dengan menggunakan atribut ormas. Harusnya memberikan contoh,” kata Isnur.

Namun, Ketua YLBHI periode 2022-2026 juga mengapresiasi teguran Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada kapolres karena berkunjung atau sowan ke organisasi masyarakat (ormas) pembuat onar. Namun, Isnur juga mengkritik sikap Jokowi.

“Teguran itu sudah benar. Jangan sampai kepolisian seolah-olah menjadi ‘pembina ormas’. Kepolisian harus netral, semua satwilnya harus tidak memihak,” kata Isnur pada Kompas TV, Jumat (3/12/2021).

Ia pun meminta kepolisian untuk memproses hukum seluruh pelanggaran pidana yang dilakukan oleh ormas pembuat onar tanpa pandang bulu.


“Kalau ada pelanggaran oleh siapapun, oleh ormas manapun, ya diproses pidananya. Jangan ormas A ditindak, ormas B enggak. Kalau tidak tegas, konflik kekerasan terjadi di mana-mana,” ucap Isnur.

Seperti diketahui, banyak elite politik yang dekat dengan ormas. Terkait ormas Pemuda Pancasila saja, ada banyak politikus yang menjadi pengurusnya.

Mereka adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Ketua MPR Bambang Soesatyo, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo.

Sementara, Pemuda Pancasila akhir-akhir ini menjadi pembicaraan masyarakat karena perilaku anggota-anggotanya.

Polda Metro Jaya baru-baru ini menetapkan 15 anggota Pemuda Pancasila sebagai tersangka karena tertangkap membawa senjata tajam saat unjuk rasa pada Kamis (25/11/2021).

Tak cuma itu, lima anggota Pemuda Pancasila lainnya menjadi tersangka karena terlibat pengeroyokan Kabag Ops Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Dermawan Karosekali. Pelaku pengeroyokan polisi ini akan dijerat dengan Pasal 170 KUHP.

Unjuk rasa itu sendiri dilakukan Pemuda Pancasila karena tersinggung dengan ucapan anggota DPR Junimart Girsang yang meminta pemerintah membubarkan ormas itu bersama Forum Betawi Rempug (FBR) yang terlibat bentrok di beberapa tempat.

Lalu, Presiden Jokowi menegur tindakan sejumlah kapolda hingga kapolres baru yang mengunjungi pimpinan ormas pembuat keributan.

Ia menilai bahwa tindakan sowan ke ormas itu dapat menghilangkan kewibawaan Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Teguran itu disampaikan dalam pertemuan dengan Kepala Kesatuan Wilayah Polri dan TNI di Bali, Jumat (3/12/2021).

"Saya sudah lama sekali ingin menyampaikan, ada kapolda baru, ada kapolres baru malah datang kepada sesepuhnya ormas yang sering membuat keributan. Benar ini?" kata Jokowi.

Jokowi meminta agar ketegasan dan kewibawaan tidak hilang dari Polri. Ia menyebut, tindakan para kapolda dan kapolres itu tidak tepat untuk menjaga keamanan.

"Ketegasan itu juga jangan hilang dari Polri. Kewibawaan juga jangan hilang dari Polri," ujar Jokowi.

https://medan.tribunnews.com/amp/202...sowan-ke-ormas

Sowan sudah menjadi budaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 5 lainnya memberi reputasi
memang armed forces boleh jadi anggota ormas? itu masalahnya. kalau jokowi anggota ormas, wajar, dia sipil. wong dia juga anggota parpol. masa SJW nggak paham bedanya? lupa... buat SJW, semua musuhnya itu salah semua, makan salah, tidur salah, hidup salah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agam69 dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 19 balasan
wkwkwkkw... makanya jok... jgn asal, ngaca dulu😆

besok pemilu, gue yakin lu pake ormas macam gini lagi😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agam69 dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh masamune007
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Ada bukti kartu anggotanya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
sowan di KBBI adalah: menghadap (kepada orang yang dianggap harus dihormati, seperti raja, guru, atasan, orang tua);

apakah jokowi sowan ke ormas?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agam69 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Masalahnya ormas itu organisasi sipil, klo ada aparat yg berafiliasi dgn ormas, tktnya malah jadi ada kepentingan. Klo dah gitu, bukannya jadi masalah saat ormas berurusan dgn hukum?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
baikapuk dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Bedakan menegur aparatur keamanan negara dgn ikut ormas aja sulit...emoticon-Leh Uga

Parah..emoticon-Traveller
Ormas plg berjasa menggenocide PKI emoticon-Takut
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan extreme78 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
mungkin dulu jadi anggota untuk usaha mebelnya.

liat gotham city bukan anggota di palakin semua khan pengusaha.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sowan,musyawarah budaya kita yg harus dilestarikan
Trus mo di bubarin???? gw tungguin yg punya t*t*dj buat ngebubarin/ngeblender nih ormas.... bentar lg jg nga da lagi berita soal ini.... sekelebatan doangan....
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh andreas.tw
halah.. apa yang mau lu harapkan dari si flongo itu? emoticon-Gila
disuruh terjun ke jurang pun, iya iya aje emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agam69 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Terima kasih darwis emoticon-Imlek

Ditunggu kedatangan PP di Kalimantan emoticon-Salaman
profile-picture
garren007 memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Quote:


ane penasaran, apakah ada legislatif daerah/pusat, kepala daerah kota/kab, provinsi, menteri dan kepala negara yang bukan anggota ormas baik anggota jalur pendaftaran atau terutama jalur (paksa) anggota kehormatan/luar biasa.

karena sampai sekarang heran, ngapain orang2 "penting" mau jadi anggota jalur khusus
emoticon-Bingung
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cuma ada di indonesia...pres sowan ke ormas preman..... joe.biden sowan ke ketum hell angel sekaligus jadi angota hell angel......
profile-picture
profile-picture
agam69 dan lqmnnhkm memberi reputasi
Makanya bubarin aja
Mereka itu lbh meresahkan,utamanya di kalangan bawah. Kang palak parkir....
profile-picture
profile-picture
lqmnnhkm dan galuhsuda memberi reputasi
sowan tuh ke orang yang lebih sepuh/lebih pantas pantas dihormati.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
pak jokowi ikut ormas tapi ga ikut main tentara tentaraan
pak jokowi ikut ormas tapi ga ikut main perang perangan



×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di