CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Manusia Langka Dengan Tubuh Bagian Kanan dan Kiri Sama Kuat (Ambidextrous)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ac262ff8d33b44944bef65/manusia-langka-dengan-tubuh-bagian-kanan-dan-kiri-sama-kuat-ambidextrous

Manusia Langka Dengan Tubuh Bagian Kanan dan Kiri Sama Kuat (Ambidextrous)

Quote:


Hallo agan dan aganwati yang melek teknologi emoticon-Betty

Manusia biasanya terlahir dengan kemampuan tangan kanan dominan. Sebagian kecil manusia lainnya lahir dengan mempunyai tangan kiri dominan. Namun kurang dari 1% populasi di dunia ini, terdapat manusia langka yang mampu menggunakan tangan kiri dan kanan sama kuat sejak dari lahir, hal ini disebut dengan Ambidextrous (atau di kenal juga dengan Ambidexter).

Manusia Langka Dengan Tubuh Bagian Kanan dan Kiri Sama Kuat (Ambidextrous)

Sebagai manusia yang hanya memiliki satu tangan dominan, tentu saja menggunakan tangan non-dominan akan membuat tubuh menjadi kaku. Berbeda dengan Ambidextrous, ia bisa menggunakan tangan kiri dan kanan sama baiknya. Tidak hanya pada tangan, seorang Ambidextrous terkadang memiliki kaki kiri atau kanan, atau anggota badan lain kiri dan kanan sama baiknya.

Meskipun begitu, ambidextrous tidak selalu menggunakan kedua tangannya bersamaan saat melakukan pekerjaan, ia biasa nya memilih untuk menggunakan tangan apa saat ingin melakukan apa. Misalnya ia selalu makan dengan tangan kanan, menyisir selalu dengan tangan kiri, menulis selalu dengan tangan kanan, sikat gigi selalu dengan tangan kiri, dan lain sebagainya.

Meskipun kemampuan ini didapat dari lahir, bukan berarti seorang yang non-ambidextrous tidak bisa melatih tangan non-dominannya. Manusia biasa atau manusia kidal juga bisa melakukan sesuatu dengan kedua tangan nya jika giat berlatih. Meskipun pada akhirnya, kita akan tetap menggunakan tangan dominan secara reflek dan insting saat melakukan hal apapun. Hal ini pernah dibuktikan oleh Leonardo Da Vinci, saat ia terpaksa menggunakan tangan kirinya untuk melukis ketika ia mengalami patah tangan kanan. Sehingga akhirnya ia terbiasa menggunakan tangan kiri untuk melukis. Atau pesepak bola Cristiano Ronaldo yang sengaja mengasah kemampuan kaki kirinya agar memiliki tendangan yang kuat di situasi yang harus ia menggunakan kaki kiri, dan terbukti ia seringkali mencetak gol jarak jauh dengan kaki kiri.

Manusia Langka Dengan Tubuh Bagian Kanan dan Kiri Sama Kuat (Ambidextrous)Manusia Langka Dengan Tubuh Bagian Kanan dan Kiri Sama Kuat (Ambidextrous)

Pada era abad ke-19 sampai masuk abad ke-20, seorang relegiawan asal Inggris, John Jackson gencar menyemarakan agar umat manusia belajar menjadi ambidextrous. Ia mempercayai bahwa dengan melakukan kegiatan tangan kanan dan kiri secara terus menerus, manusia dapat membuat otak kanan dan kiri menjadi seimbang atau ia sebut dengan "2 kecerdasan". Namun memasuki abad ke-20 kepercayaan itu mulai ditinggalkan orang-orang, karena sama sekali tidak terbukti. Bahkan kesulitan menggunakan tangan non-dominan malah menuruni produktivitas manusia tersebut.

Ada kelebihan, ada pula kekurangan. Meskipun mempunyai kemampuan tangan dominan diatas manusia biasa, seorang ambidextrous biasanya mempunyai sesuatu kelainan pada tubuh mereka. Beberapa studi tentang kekurangan seorang ambidextrous adalah sebagai berikut:

1. Gangguan Mental.

2. Mengidap Skizofrenia (gangguan mental sering halusinasi).

3. Merasakan warna.

4. IQ rendah dari manusia biasa.

5. Emosi tidak stabil.

6. Kepribadian Ganda.

dan masih banyak lagi kelainan yang bisa mengidap pada Ambidextrous.

Namun ada jenis Ambidextrous lain yang sangat aneh, yaitu bernama Ambisinistrous. Adalah orang-orang yang tidak mempunyai tangan dominan alias tidak bisa menggunakan kedua tangan nya dengan baik.

Ambisinistrous di temukan oleh William Pitt Lennox, seorang army officer dan penulis pada pertengahan abad 19. Ambisinistrous memiliki ciri yang sama dengan ambidextrous hanya saja ia kesulitan untuk mengunakan kedua organ kiri dan kanan.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
screamo37 dan 16 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Ingat ambidextrous, bukan ambiyah emoticon-Leh Uga
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
emoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Bettyemoticon-Betty
Sepi amat njer
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Intinya tetap harus dilatih untuk anggota badan lainnya
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kirain hasil latihan.. ternyata ada pula dari bawaan lahir emoticon-Belo
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
belajar menulis dengan tangan kiri
profile-picture
johanbaikatos memberi reputasi
Wah ane mah gabisa kaya gitu tuh, apalgi nulis tangan kiri.
Tapi kalau main bola, badminton, dll gak begitu pengaruh tangan/kaki kanan/kiri hampir sama kekuatan nya walaupun dominan kanan sedikit.
Ane ambien bre, termasuk kelebihan langka gak emoticon-Bingung
profile-picture
salonPlusPluss memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
unik gan
billie eilish juga merasakan warna
cmiiw
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
orang kidal yang 'terpaksa' pakai tangan kanan bisa jadi Ambidextrous dong emoticon-Big Grin ane juga dominan kanan tapi sejak 20 tahun lalu mulai melatih2 penggunaan tangan kiri, untuk gosok gigi misalnya, awal2 susah pas gosok gigi ujung sikat sampe nonjokin bagian dalam mulut, sekarang sih udah terbiasa
Sepupu kidal, eh pas bocah di ajarin mulu pake tangan kanan, pas sekarang smp udah bisa pake 2 tangan , ya walau basic nya dia kidal
Diubah oleh mubafirs
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ane dulu pas kecil kidal , tapi sering di biasain sama ortu buat pake tangan kanan biar sopan. alhasil jadi terbiasa pake tangan kanan emoticon-Big Grin
Diubah oleh jhontitor123
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Dulu gw sempat ganti tangan kiri gegara patah tangan pas kls 4 sd, tp ga lama balik lagi walaupun lumayan fasih pas tuker ke kiri, kyk makan, sikat gigi, maen gundu, ngocok kartu, tp klo nulis tetap mawur, secara pake kanan juga mawur emoticon-Hammer
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Wah, cocok jadi atlet sepertinya ya emoticon-Big Grin



____________________________________
mampir ke Hot Thread ane gan emoticon-Ngacir

Spoiler for Mengenal Brainwave Software:


Yang diatas cuma beberapa brainwavenya, kalau agan mau fullnya boleh main ke thread ane saja

Semoga bermanfaat untuk semuanya

emoticon-Paw
Diubah oleh greasemonkey09
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo masalah kekuatan tangan kiri gw paling cm 60-70% dr kanan..
Temen ane lulusan ISI Jogja bisa maen gitar kanan kiri sama bagusnya..
Tp cuman main gitar aja, selain itu keliatan kaku klu pake tangan kiri.
Krn dominan kanan..
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
serem amat efeknya
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-Hi

Jadi kelebihannya di fisik aja nih? emoticon-Bingung (S)
Tapi kok Sakamoto San gak ngerasain semua kekurangan itu ya?
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di