KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61abcab3d486c650d1085149/7-hal-yang-harus-ayah-lakukan-untuk-anak-perempuan

7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan

7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan
Pexels/Gustavo Fring


7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan

Sebagai orangtua, kita pasti setuju bahwa peran seorang ayah dalam pengasuhan sangat berpengaruh besar pada tumbuh kembang anak.

Nah bagi agan-agan yang kini sudah menjadi seorang ayah, apakah agan sudah menyadari apa saja peranmu dalam pengasuhan anak, khususnya anak perempuan, nih?

Sebenarnya apa sih yang dibutuhkan anak perempuan dari seorang ayah?
Apakah hadiah boneka setiap hari?
Atau, ingin ditemani setiap hari?

Sadarkah ayah, bahwa cara ayah mengasuh dan memperlakulan anak perempuan akan meninggalkan kesan yang mendalam bagi dirinya, lho.

Bahkan, sosok ayah akan menjadi tolak ukur dalam memilih tipe lelaki pendamping hidup anak perempuan kelak ketika ia dewasa.

Mengingat begitu besar pengaruh ayah dalam pengasuhan anak perempuan, maka ada baiknya jika ayah segera lakukan hal-hal berikut ini untuk putri kecil ayah. Tidak ada urutan baku, karena semua hal dibawah ini sama pentingnya.

7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan

1. Pembekalan Ilmu Agama

7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan
Unsplash/Hasan Almasi

Ayah perlu membentengi anak-anak dengan nilai-nilai keagamaan. Membekali anak-anak dengan pendidikan ilmu agama sedini mungkin dapat membantu mereka dalam membedakan mana yang benar dan mana yang salah ketika beranjak dewasa kelak.

Selain itu, ilmu agama juga dapat membentengi mereka dari segala sesuatu yang membahayakan, terutama dari bahaya pergaulan bebas.


2. Cintai Ibunya

7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan
Pexels/ShotPot

Anak perempuan akan belajar dari hubungan ayah dan ibunya. Dia belajar tentang kehormatan dan harga diri seorang perempuan dari cara agan memperlakulan istri agan.

Dari perlakuan agan terhadap istri, anak perempuan juga belajar seperti apa tipe lelaki yang baik untuk dipilih menjadi pendamping hidupnya kelak. Maka tak jarang jika anak perempuan menjadikan ayahnya sebagai tolak ukur dalam memilih pasangan hidup.

Maka dari itu, tunjukkan pada anak perempuan agan bahwa agan sangat mencintai ibunya dengan memperlakukan istri agan sebaik mungkin di hadapan anak perempuan.


3. Hormati Kakek Neneknya

7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan
Unsplash/LOGAN WEAVER

Agan adalah panutan bagi anak perempuan agan. Apapun yang agan lakukan akan menjadi referensi dalam hidupnya. Perlakuan agan terhadap orangtua dan mertua (kakek-neneknya) akan menjadi gambaran bagi anak perempuan agan bagaimana cara memperlakukan orang tuanya.


4. Berikan Dia Pujian

7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan
Pexels/Arina Krasnikova

Anak perempuan perlu mendengar pujian-pujian dari ayahnya. Oleh karena itu, sering-seringlah agan memuji anak perempuanmu, seperti "kamu terlihat sangat cantik," "rambutmu bagus sekali," dsb.

Kenapa agan perlu melakukan itu?
Karena jika dia merasa cukup mendapatkan pujian dari agan, maka dia tidak akan mencari pujian, pengakuan, atau perhatian dari orang lain.

Hal itu juga akan memperkuat kesan di benaknya bahwa pria paling penting baginya di dunia (ayahnya) menganggapnya sangat luar biasa dalam banyak hal.


5. Berikan Dia Dukungan

7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan
Pexels/Kampus Production

Anak perempuan sangat membutuhkan dukungan dari seorang ayah. Kepercayaan dirinya akan meningkat ketika melihat agan mendukungnya.

Dengarkan dia, dukung usahanya, berikan nasihat ketika dia membutuhkannya. Jangan pernah menjatuhkan semangatnya. Ketika dia gagal, yakinkan padanya bahwa agan akan selalu ada untuk mendukungnya di setiap fase kehidupan yang akan dia lalui.


6. Ajarkan Tentang Kedisiplinan

7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan
Unsplash/CDC

Dispilin perlu diterapkan agar anak belajar mengatur dirinya sendiri saat ini hingga nanti ia dewasa.

Jadilah seorang ayah yang tegas, bukan galak. Buatlah peraturan-peraturan kecil dan konsekuensi yang harus dihadapi jika ia melanggarnya. Dan jangan lupa, jelaskan padanya alasan kenapa agan membuat peraturan itu.


7. Sesekali, Ijinkanlah Dia Menangis

7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan
Pexels/Pixabay

Jika tidak ada hal lain yang bisa agan lakukan untuk putri agan tercinta, setidaknya jadilah tempat curhat terbaik untuknya. Dengarkan dia, dan pastikan bahu agan selalu siap untuk air matanya.

Ijinkan ia menangis.
Jangan menyuruhnya "berhenti menangis". Itu hanya akan membuatnya merasa tidak dipahami dan diabaikan.

7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan

Itu dia 7 hal yang wajib ayah berikan kepada anak perempuan. Dari daftar di atas, apakah agan sudah memberikan salah satunya? Atau malah sudah semua?


7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan


7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cheria021 dan 30 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
ajarkan tentang membela diri, hal baik dan buruk emoticon-Cool
tp kebanyakan ayah cm jd pemberi trauma masa kecil doang emoticon-Leh Uga
profile-picture
bhucho memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
waduh ane belum punya anak perempuan, bikin dulu lah..😂
profile-picture
pulaukapok memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
yang pasti jangan ditekan dan juga jangan dibanding-bandingkan dengan saudara-saudarinya.

ga cuma anak perempuan, anak laki-laki pun benci digituin.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
anak cowo juga harus diperlakukan sama deh kalo dari penjelasan di atas
Ane sih sayang bgt sama anak perempuan ane tp sayang anak ane lelaki




Pretty daughter7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan
Kenapa apa2 selalu suami...
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Anak cowok mah lepas aja biarkan dia hidup dengan alam bebas emoticon-Leh Uga
Ajar tentang menutup aurat gan, menjaga diri, menjaga tubuh, kalo bisa ajar bela diri emoticon-Betty
.

KerenAja.com
profile-picture
KyraAltair memberi reputasi
Berapapun umur si anak perempuan, ayah akan selalu menganggapnya sebagai gadis kecil yang bakal selalu disayang & dimanja. Bener ora?emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
leonard21 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
7 Hal Yang Harus Ayah Lakukan Untuk Anak Perempuan.

8.menjadi wali nikah dengan lelaki (yg baik).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bonita71 dan 2 lainnya memberi reputasi
Integritas yg utama gan.
#daddylovemeemoticon-Cool
emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)
Iya gan berasa banget tanggung jawabnya dibanding anak laki
emoticon-Big Grinemoticon-Ngacir
satu lagi ajarin dia masak yah mas...emoticon-Leh Uga
profile-picture
leonard21 memberi reputasi
Post ini telah dihapus
nda diajarin biar ga dikadalin cowo terus? emoticon-Leh Uga
Quote:


menjauhkan anaknya dari laki-laki PK dan gak punya ilmu dan penerapan agama yang baik

daripada nyesel di kemudian hari anaknya berakhir seperti kasus si Novia karena Ortunya cuma ngeliat Seragam yang dikenakan dan Mobil langsung ngasih izin dibawa kemana2, akhirnya di bawa ke Hotel dan Kos2an, di ewe
pembekalan ilmu agama kayanya ga gitu penting deh, lebih penting mengajarkan kedisiplinan kaya anaknya billionaire ini
profile-picture
profile-picture
kodokburik dan kodokuper memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Baiklah. emoticon-Cool
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di