CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
MQ-25 Stingray Akan Melakukan Uji Coba Operasional Pertama dari Kapal Induk
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61ab8eee36265959bd7ef96d/mq-25-stingray-akan-melakukan-uji-coba-operasional-pertama-dari-kapal-induk

MQ-25 Stingray Akan Melakukan Uji Coba Operasional Pertama dari Kapal Induk

Drone telah merubah pandangan militer dan tentunya industri pertahanan di seluruh dunia, dan saat ini hampir seluruh militer di dunia sudah menggunakan drone. Mulai dari drone intai berukuran kecil sampai drone kombatan berukuran besar. Dan bicara soal drone, ada kabar terbaru bahwa tanker drone buatan Boeing akan segera melakukan uji coba pertamanya di kapal induk.

Mengutip artikel TheDrive.com MQ-25 Stingray sudah tiba di kapal induk Geoerg HW Bush (CVN-77) pada hari Kamis (02/12/2021). Uji coba dari kapal induk tersebut merupakan serangkaian tonggak sejarah untuk pesawat tak berawak tersebut, di mana sepanjang tahun ini Stingray telah melakukan tes pengisian bahan bakar dengan pesawat tempur F-35C Lightning II, F/A-18F Super Hornet dan pesawat E-2D Advanced Hawkeye.

Sementara itu Naval Air System Command (NAVAIR) juga telah memposting video di Twitter pada 2 Desember 2021 yang menunjukkan drone tanker Stingray Boeing, juga dikenal sebagai T1, diangkut ke atas kapal induk kelas Nimitz USS George HW Bush (CVN-77). Pesawat tak berawak belum akan menjalani pengujian penerbangan dari kapal induk, tetapi Angkatan Laut akan mulai mengeksplorasi bagaimana drone akan diintegrasikan di atas kapal, termasuk memindahkannya ke lift dan dek hanggar.

USS George HW Bush adalah kapal pertama dari empat kapal induk Angkatan Laut AS yang akan dimodifikasi dengan memakai Sistem Kontrol Misi Penerbangan Tak Berawak, atau UMCS (Unmanned Carrier Aviation Mission Control System), yang diperlukan untuk mengoperasikan MQ-25. Stingray juga telah mengalami modifikasi sebelum uji coba ini, termasuk pemasangan sistem baru yang terintegrasi untuk memungkinkan personel memindahkannya dari jarak jauh di sekitar dek. 


Quote:



Sebelumnya pada 22 November 2021, Angkatan Laut AS telah mengumumkan bahwa mereka bekerja sama dengan Boeing untuk menyelesaikan berbagai tes penangana di dek tiruan yang berada di lapangan Chambers Field, yang merupakan bagian dari Naval Station Norfolk di Virginia. Norfolk juga merupakan homeport dari kapal induk George HW Bush.

MQ-25 juga telah digunakan untuk berbagai pekerjaan uji terbang, termasuk uji coba pengisian bahan bakar di udara dari Bandara MidAmerica St. Louis di Mascoutah, Illinois. Hingga pertengahan September, 36 sorti telah diselesaikan, ditambah lebih banyak jam yang dicapai dengan simulasi menggunakan model digital MQ-25.

Selain T1 yang sudah dibawa ke kapal induk, proses produksi telah dimulai pada batch pertama dari empat pesawat tak berawak lainnya dalam program Engineering and Manufacturing Development (EMD) yang sedang diselesaikan berdasarkan penghargaan kontrak 2018, di mana tiga MQ-25 lainnya telah ditambahkan.

Pesawat EMD akan melakukan lebih banyak pekerjaan eksperimental di fasilitas Boeing di St. Louis, Missouri sebelum pindah ke Naval Air Station Patuxent River di Maryland, di mana program uji terbang akan dimulai. Ini juga akan mencakup periode pengujian yang dihabiskan di Lakehurst di New Jersey dan Pangkalan Angkatan Udara Eglin di Florida.


Quote:



Pesawat EMD pertama diharapkan akan dikirimkan pada musim gugur tahun depan, pengiriman itu telah mengalami penundaan karena garis waktu pandemi COVID-19, serta masalah teknis yang muncul dengan drone itu sendiri. Sebelumnya, Boeing telah menghentikan pekerjaan untuk produksi drone ini untuk mengoptimalkan berat dan kekuatannya.

Terlepas dari kendala ini, Angkatan Laut berharap untuk menurunkan pesawat tak berawak berbasis kapal induk operasional pertamanya pada tahun depan, dengan rencana untuk total 72 MQ-25. Kapasitas operasi awal dijadwalkan untuk Tahun Anggaran 2025. 

Selain menjadi perintis drone berbasis kapal induk, Angkatan Laut AS juga akan mendapatkan kemampuan pesawat tanker khusus tanpa awak untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun. Memungkinkan jet F/A-18E/F memperluas kemampuan tempur Skadron Strike Fighter serta mengurangi kelelahan di seluruh armada Super Hornet.

Karena Pentagon terus fokus pada kemungkinan konflik di masa depan di kawasan Asia Pasifik, kebutuhan untuk pesawat tanker akan menjadi lebih mendesak. Dan untuk memperluas jangkauan aset berbasis kapal induk, persyaratan itu bahkan lebih penting sekarang karena rencana untuk memasang tangki bahan bakar yang sesuai (CFT/Conformal Fuel Tank) pada Super Hornet telah dibatalkan.


Quote:



Selain misi pengisian bahan bakar di udara, MQ-25 pada akhirnya diharapkan juga akan mengambil peran tambahan, termasuk tugas intelijen, pengawasan, dan pengintaian (ISR). Jika semuanya berjalan seperti yang diharapkan, dalam program MQ-25 kali ini drone tersebut akan memainkan peran penting bagi sayap kapal induk AS di masa depan.

MQ-25 bertindak sebagai batu loncatan penting untuk memenuhi peran tempur udara lainnya dengan drone berbasis kapal induk. Meski drone mungkin belum diatur untuk terbang dari dek kapal induk, tetapi dengan demonstrasi MQ-25 yang sekarang naik ke kapal induk untuk pertama kalinya, kita memiliki pandangan sekilas tentang masa depan sayap udara kapal induk AS. Di mana salah satu gambarannya adalah mereka akan memaksimalkan peran drone tanker bukan hanya untuk misi pengisian bahan bakar di udara, tetapi juga bisa digunakan untuk misi ISR di masa depan. Hal ini menunjukkan fleksibilitas sebuah platform drone untuk tuntutan misi di masa mendatang.


Quote:





Referensi Tulisan: TheDrive.com
Sumber Foto: sudah tertera di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 22 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
MQ-25 Stingray Akan Melakukan Uji Coba Operasional Pertama dari Kapal Induk

Era drone segera tiba, bagaimana dengan Indonesia ? Apakah sudah siap ?


Tambahan:



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Sebentar lg, drone2 jet itu akan jadi jet tempur yg bs sehandal sebagaimana jet2 tempur nya pilot manusia....

Kedepanya mgkn kapal2 induk itu akan lebih bnyk tuk angkut jet2 drone tempur yg bs take off dan landing sehebat jet2 tempur siluman yg pilotnya manusia .....

Good job US NAVY.......

Btw ....






.......Err..... Yg itu sdh tipe drone jet tempur yg siluman, gan......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Taktik perang di masa depan dengan drone ini apa yah? emoticon-cystg

profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
Jadi rencananya drone ini juga bisa difungsikan sebagai tanker yah....

Awalnya drone berbentuk kecil....sekarang sudah sebesar pesawat. Jangan heran, beberapa tahun kedapan drone ini bakalan ganti dari F35.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
Negara lain udah mikirin drone, pesawat tanpa awak. Nah negara kita msh sibuk ngurusin demo2an yg ga penting....cape deh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
bayraktar sih yg paling mengguncang dunia per drone nan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
US memang berencana mengubah penempatan alutsista pada saat menjalankan misi dengan menempatkan seminimal mungkin manned crew n soldier dan menggantikan mereka dengan unmanned aerial n vehicle. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan dampak resiko, kerugian dan korban sekaligus meningkatkan kepresisian misi dan data yang ikut menentukan keberhasilan misi serta gerak maju pasukannya.
Beberapa produsen alutsista ternama seperti Lockheed Martin, Northrop Grumman dan Boeing juga ikut membuat drone militer khusus untuk US Military.
Setidaknya sudah ada 3 jenis drone yang digunakan oleh US Military :

1. Drone UAV untuk misi deteksi, intai dan targeting. Contoh : RQ 4 Global Hawk, RQ 7 Shadows dan BAT.
2. UCAV untuk misi serang khusus. Contoh : MQ 1 Predator, MQ 9 Reaper dan MQ 20 Avenger.
3. Drone logistik. Contoh : MQ 25 Stingray.

Sejak tahun 2000 penempatan dan penggunaan drone dalam tugas khusus di lingkungan US Military telah terbukti efektif terutama dalam misi deteksi, intai dan serang khusus. Setidaknya terlihat dalam 2001 Operation Enduring Freedom di Afghanistan yang dilakukan oleh Task Force Liberty dan 2003 Operation Iraqi Freedom di Iraq yang dilakukan oleh Task Force Odin dan berbagai misi khusus lainnya.

TNI AU sejak tahun 2015 sudah membentuk SkU 51 Lanud Supadio Pontianak yang khusus mengoperasikan drone intai dan serang serta senjata anti drone.
Salah satu alutsistanya adalah 6 unit CASC CH 4B Rainbow yang kini sudah ditingkatkan kemampuannya dan dipersenjatai dengan rudal khusus air to surface Norinco AR 1 dan AR 2 dengan spek berat 20 kg, 5 kg warhead dan range 8 km.
SkU 51 juga sudah terlibat dalam berbagai misi khusus seperti operasi pembebasan sandera Abu Sayyaf, Operasi Tinombala, operasi di Papua dan berbagai operasi pengamanan acara VIP/ VVIP.

Tak hanya membeli dan menggunakan produk luar, Indonesia juga sudah mulai mengembangkan sendiri drone intai dan serang Elang Hitam sejak 2019 dan kini sedang menjalani uji terbang dan fungsi untuk masuk ke tahap 2 pengembangan dan penyempurnaan.
Direncanakan thn 2024 sudah siap diproduksi tak hanya untuk keperluan militer saja tetapi juga bisa digunakan oleh lembaga negara lain dalam operasi SAR, cuaca dan kebakaran hutan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gonugraha76
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Lockheed Martin juga pernah bikin konsep MQ-25, bentuknya rada beda dengan fungsi sama


punya kemampuan serangan presisi, tanker.. berarti mengancam kehidupan Super Hornet dong...emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Iyalah
Drone akn menggantikan peran manusia

Meminimalisir korban jiwa

Yg dksh AI jg ada kan
Skynet become real emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 4 lainnya memberi reputasi
Ane malah hampir salah ngebaca MiG-25, makanya ane heranemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 6 lainnya memberi reputasi
Holy grailnya UCAV: EDI at USS Akinlincoln....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 3 lainnya memberi reputasi
hacking system droneemoticon-Coolemoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 2 lainnya memberi reputasi
teroris tinggal remote bom nya pake drone dri rumah?

bahaya bukan?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
banditos69 dan 2 lainnya memberi reputasi
Katanya Indonesia juga punya drone, jumlahnya melebihi 7 juta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dieq41e dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Amerika masi mikirin pesawat pesawat
Indonesia udah mikir siapa yg menentukan boleh ato tidak nya masuk surga
emoticon-Wakaka
Payah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qming dan 2 lainnya memberi reputasi
Kita juga udah launching kdrone tanggal 2 desember kemarenemoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dieq41e dan 2 lainnya memberi reputasi
Subonnolloh emoticon-EEK!
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pesawat tinman, sudah jadi beneran. Mission Accomplish 100 over 100, tinman out
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Kalo kapal induk khusus drone, kita bisa bikin apa engga yah?
Kyknya bakalan d masa depan bakalan ada kapal induk jenis ini, ukurannya pasti lebih kompak drpd kapal induk yg skr ini...

:emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Insya allah negara kita bisa menandingi, kemaren pas event 212 kota udah mendeploy banyak K-Drone siap tempur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di