CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sumur Resapan Di DKI Jakarta Yang Menimbulkan Banyak Pertanyaan Di Ranah Publik.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61aa59f883e95e3a6f644ef9/sumur-resapan-di-dki-jakarta-yang-menimbulkan-banyak-pertanyaan-di-ranah-publik

Sumur Resapan Di DKI Jakarta Yang Menimbulkan Banyak Pertanyaan Di Ranah Publik.

Sumur Resapan Di DKI Jakarta Yang Menimbulkan Banyak Pertanyaan Di Ranah Publik.

Sumur resapan lagi trend dalam minggu ini di bicarakan oleh banyak kaskusers dan netizen di media sosial lainnya.
Yang jadi sorotan sebenarnya adalah ketidak jelasan sistem dari program ini.

Kemanakah air di dalam sumur ini di alirkan...?

Kalau melihat situasi real di lapangan, kemungkinan besar airnya di naturalisasi.
Yap naturalisasi yaitu kembali mengisi perut bumi.
Mungkin tuk mengganti air tanah yang sudah puluhan tahun di pakai masyarakat DKI Jakarta.
Ini ane ambil sedikit pemikiran positip ane loh yaa..

Namun kembali ke persoalan intinya yaitu penjelasan secara rinci kinerja puluhan sumur resapan ini hingga sekarang masih kurang jelas.
Sumur Resapan Di DKI Jakarta Yang Menimbulkan Banyak Pertanyaan Di Ranah Publik.

Gambar di atas merupakan sebuah sistem yang menurut ane bagus karena jelas kemana air yang di serap setelah masuk ke dalam tanah.
Sedangkan tuk sumur resapan dari Pemprov DKI jelas tidak mirip sistemnya dengan gambar yang ane cantumkan.

Trit ini ane buat tuk ajang diskusi dan saling menyebar wawasan.
Kita taruh dulu soal politiknya di dalam laci lemari.
Kita akan bahas dan berdiskusi tentang ini program.

Kembali ke persoalan...

Bila ini bak tampungan air sementara maka yang jadi pertanyaan seberapa sanggup sumur-sumur ini menyimpan volume air yang kemungkinan berkubik-kubik menggenangi wilayah Jakarta.
Taruhlah bisa meminimalkan tingkat kedalaman air saat banjir menimpa kota Jakarta.
Mungkin yang dulunya 2 meteran kini dengan adanya bak penampung air ini bisa jadi 1 meter dalamnya saat banjir.

Namun sepanjang ane baca berita sehari-hari di kaskus.
Jujur saja penjelasan dari adanya ini sumur resapan sangat minim informasi sistem kinerjanya.
Sumur Resapan Di DKI Jakarta Yang Menimbulkan Banyak Pertanyaan Di Ranah Publik.
Quote:

lalu ada banyak suara yang mengkhawatirkan dampak lingkungan dari adanya banyak sumur resapan.
Terutama soal kontur tanah yang di buatkan sumur resapan ini.

Khawatir terjadinya penurunan tanah bahkan bisa saja memicu terjadinya erosi tanah.
Sebelumnya ane terangkan sedikit tentang apa itu erosi tanah adalah suatu proses atau peristiwa hilangnya lapisan permukaan tanah atas, baik disebabkan oleh pergerakan air maupun angin. Proses erosi ini dapat menyebabkan merosotnya produktivitas tanah, daya dukung tanah dan kualitas lingkungan hidup.

Kemungkinan terburuknya, jalanan bisa mengalami sinkhole.
Sinkhole adalah sebuah lubang besar yang terjadi karena pengikisan air yang terjadi ke dalam tanah sehingga terjadi tanah longsor ke dalam.Sumur Resapan Di DKI Jakarta Yang Menimbulkan Banyak Pertanyaan Di Ranah Publik.

Kekhawatiran ini bukan mengada-ada karena berdasarkan berita yang ane baca.
Tidak semua tanah cocok tuk di buatkan sumur resapan.
Kemudian ada persyaratan yang wajib di penuhi dalam membuat sumur resapan yang ane cantumkan di atas.
Apakah semua syarat di atas sudah terpenuhi sebelum membuat sumur resapan di banyak wilayah Jakarta.

Ane tau, Pemimpin Jakarta saat ini ingin merealisasikan janji-janjinya.
Tapi jangan berkerjanya hanya kerja formalitas.
Yang penting sudah buat.
Soal lainnya tunggu antrian.
Pola pikir kaya gini justru salah besar.

Ini soal hajat masyarakat Jakarta tuk mendapatkan kebaikan atas program-program yang ada dari Pemerintah.
Jangan sampai program ini justru malah banyak membuat bahaya dan menimbulkan keresahan di masyarakat.
Jadi ketika program ini di laksanakan, harusnya di sertai informasi yang jelas serta realisasinya yang tersistem dengan baik.
Bukan hanya sekedar bikin saja tanpa perhitungan yang baik dan matang soal eksekusinya, kemudian naik panggung mengatakan telah menunaikan janji kampanyenya.

Apakah program ini benar-benar sudah di pikirkan matang-matang dan juga di kerjakan sesuai ekspektasi yang sudah di pikirkan matang-matang sebelumnya?.

Melihat berita hari ini tentang pengaspalan sumur resapan di satu wilayah membuat ane kurang yakin bahwa ini program memang di rancang dengan baik sebelum di eksekusi di lapangan.

Perlu di ingat program ini menelan biaya milyaran rupiah dari uang masyarakat DKI Jakarta.
Jadi seharusnya ini di kerjakan dengan optimal demi meminimalkan banjir di Jakarta.
Ada tanggung jawab moral dan hukum di situ.
Keduanya punya Konsekuensi bila melanggarnya.

Jangan mau asal beda namun perancangannya ngasal ada.
Sumur Resapan Di DKI Jakarta Yang Menimbulkan Banyak Pertanyaan Di Ranah Publik.








profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 50 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6
Enjoy bioporiemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 6 lainnya memberi reputasi
Jakarta diacak2 wan abud
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Quote:


Quote:


tapi katanya sukses bawa jakarta lebih baikemoticon-Leh UgaSumur Resapan Di DKI Jakarta Yang Menimbulkan Banyak Pertanyaan Di Ranah Publik.emoticon-Cipok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 14 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh samsol...
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
ancuuur dah
kota gue

emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
egama dan 6 lainnya memberi reputasi
Mau morat marit, amburadul kek
Ana cuma mikirin gimana dapat modal buat 2024emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kelazcorro dan 3 lainnya memberi reputasi
Harus jutaan sumur resapan

Soalnya klo cuman sedikit pun percuma


Kalau yang kuliah jurusan teknik sipil pasti tahu alasan kenapa sumur resapan gak bakal membantu banyak...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Bagi yg bodoh sklipun tau kl yg diresap itu bukan air ujan... Tp APBD DKI yg 76 T itu... Hasilnya ntah ke mana... emoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 24 lainnya memberi reputasi
Ide sumur resapan biopori nya sih setuju. Tapi...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh shlndells
ngga di jakarta saja banyak wilayah pengerjaan nya asal2an ntah disengaja atau ngga ...

cuman dalam kasus ini kelihatan parah dan disorot terus ....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
ketika jamban yaman tolol berjaya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
untung cuma di jakarta emoticon-Wkwkwk, pokoknya jangan sampe jd president dah bisa kaco semuanya.emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
momodtemenku dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
gubernur pilihan JKT58 emang luar biasa, lubang resapan air kurang gede mau digedein pake sinkhole emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Pendukungnya pada kemana ya kalo gini? Cuci tangan kah?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
habibpalsu14756 dan 4 lainnya memberi reputasi
alhamdulillah, sumur resapan sukses menyerap anggaran
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
Lagi kerja diprotes
Ga kerja diprotes


Kasihan bener emoticon-Ngakaka






Kerja nya main-main si
emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
momodtemenku dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
nyimak dulu dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 2 lainnya memberi reputasi
emangnya bisa diperkirakan jumlah tonase kendaraan yang melintas di wilayah itu apakah tidak akan bikin penutup sumur itu ambruk dan membahayakan pengguna jalan lainnya.

mikirnya harus jauh ke depan jangan cuma sesaat.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
loh sebentar,,

namanya lubang resapan ya untuk air diresap oleh tanah bukan ya?

sama halnya dengan lubang biopori tau kan?

intinya memperluas bidang resapan tanah.

jadi memang ga perlu di bikin saluran lagi,, bukan lubang resapan lagi namanya,, jadi saluran aer,,

emoticon-Hammer2

anggep aja ini lubang biopori ukuran besar,,

nah masalah efektif ato egaknya ane jg ga paham beginian,,

mgkin jakarta emg udah desperate jadi asal kerjain aja ga peduli efektif ato ega,,
profile-picture
profile-picture
profile-picture
surya21dharma dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 9 balasan
Quote:


Jalan & trotoar termasuk kategori konstruksi bangunan.. Malah dipasangin sumur resapan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xandernathaniel dan 3 lainnya memberi reputasi
Sudah sesuai sop ya: banjir warga na, bahagia gubernur na emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 6


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di