CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
Nggak Pakai Ribet dan Drama!!! UAE Pesan 80 Unit Jet Tempur Rafale F4 dari Prancis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61aa43b0af6e18099b2744e4/nggak-pakai-ribet-dan-drama-uae-pesan-80-unit-jet-tempur-rafale-f4-dari-prancis

Nggak Pakai Ribet dan Drama!!! UAE Pesan 80 Unit Jet Tempur Rafale F4 dari Prancis

Su-75 Checkmate mungkin menjadi salah satu pesawat yang paling banyak menjadi sorotan dan menjadi "Super Star" menjelang akhir tahun 2021, tapi sejujurnya pesawat ini baru berupa prototype dan baru akan terbang pada tahun 2023. Tapi menurut TS, pesawat yang layak jadi bintang pada tahun 2021 adalah Rafale, meski hanya menyandang predikat pesawat generasi minus 5, akan tetapi pesawat ini telah sukses memikat banyak pelanggan asing.

Setelah sukses melakukan pengiriman pesawat ke India dan Yunani serta mendapat pesanan 12 unit dari Kroasia, rasanya pesawat buatan Prancis ini layak menjadi "Super Star" di segmen pesawat tempur di tahun 2021. Dan kabar terbaru dari Defence Blog mengatakan jika negara super tajir, yakni UAE telah sepakat untuk memborong 80 unit Rafale F4. Kesepakatan tersebut merupakan kontrak paling besar yang diraih Prancis dari penjualan Rafale. Paling banyak Prancis hanya menjual 36 Rafale (Qatar) dan 54 (Mesir, 30 pesanan tambahan diajukan awal tahun ini), dan UAE kelak akan menjadi pengguna pertama varian F4 diluar Prancis.

Kontrak untuk akuisisi jet tempur ini ditandatangani di hadapan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, dan Sheikh Mohammed ben Zayed Al Nahyane, Putra Mahkota Abu Dhabi dan Wakil Komandan Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA), Eric Trappier, Ketua dan CEO Dassault Aviation dan Tareq Abdul Raheem Al Hosani, CEO Dewan Ekonomi Tawazun pada awal bulan ini.


Quote:



Kontrak ini adalah hasil hubungan dan kepercayaan kepada Dassault Aviation oleh Angkatan Udara Emirates selama lebih dari 45 tahun, di mana UAE telah memakai keluarga pesawat tempur Mirage, terutama Mirage 2000-9, yang modernisasinya dimulai dua tahun lalu. Kontrak ini juga merupakan kabar baik bagi Prancis dan industri penerbangannya, termasuk bagi seluruh ekosistem 400 perusahaan, baik besar maupun kecil, yang berkontribusi pada Rafale. Kontrak ini mewakili ribuan jaminan pekerjaan di sektor kedirgantaraan Prancis untuk beberapa dekade mendatang.

Kontrak ini merupakan yang terbesar yang pernah diperoleh oleh industri penerbangan tempur Prancis. Keberhasilan Rafale dengan angkatan bersenjata Prancis dan penjualannya ke UAE, serta ekspornya ke lima negara lain yang sudah menjadi pelanggan membuktikan bahwa pesawat satu ini punya kualitas yang tak kalah dari pesawat buatan AS.

Selain membeli Rafale, UAE juga setuju untuk membeli 12 helikopter angkut militer Caracal. Prancis mengatakan kesepakatan untuk 80 jet dan 12 helikopter bernilai sekitar €17 miliar (Rp 270 trilun). Penjualan tersebut menandai diversifikasi yang signifikan dari persenjataan UAE, karena sebelumnya pemasok utama pesawat militernya adalah Amerika dengan F-16 Fighting Falcon-nya.

Sebagai tambahan informasi gan, varian F4 adalah varian tercanggih dari Rafale yang saat ini masih dalam tahap pengembangan, Prancis sendiri total menghabiskan dana sebesar €2 miliar (Rp 37 triliun) untuk pengembangan pesawat ini. Pesawat tersebut akan selesai dikembangkan pada tahun 2024 dan mulai dikirimkan pada tahun 2027.


Quote:



Sebelumnya, UAE melakukan upaya untuk membeli sejumlah jet tempur F-35 modern. Tapi Kongres AS belum mersetui hal tersebut, selain itu Israel juga secara tegas menolak jika UAE diberi kesempatan membeli F-35. Selain itu, sebelumnya pada Oktober 2020, Departemen Luar Negeri AS menyetujui potensi penjualan jet tempur F-35A ke Uni Emirat Arab senilai lebih dari US$ 10,4 miliar.

Menurut Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan AS, paket lengkap penjualan pesawat mencakup berbagai peralatan lain di dalam pesawat, bersama dengan pelatihan dan logistik. Namun, Kongres AS terlalu lama mengambil keputusan, hingg pada akhirnya UAE lebih memiloh Rafale. UAE juga sempat ditawari Su-75 Checkmate oleh Rusia, akan tetapi karena pesawat masih baru berwujud prototype maka akan butuh waktu lama untuk menerima pesawat tersebut.

Rafale sendiri menggunakan konfigurasi sayap delta dan canard (sayap kecil di dekat kokpit)yang berfungsi untuk membantu manufer saat dog fight. Sekitar 70% badan Rafale dibuat dari komposit, hal ini membuatnya bisa mencapai kecepatan supercruise, kecepatan yang diraih tanpa menyalakan afterburner. Kecepatan supercruise Rafale adalah Mach 1,4.

Dilengkapi dua mesin Snecma M88, mesin ini mampu melesat hingga Mach 1,8 dan punya jarak jelajah 700 km. Punya 14 cantelan senjata, cantelan Rafale juga mampu membawa 5 tangki bahan bakar eksternal untuk menambah jarak jelajahnya. Pesawat ini dijuluki "omnirole" karena memang ditugaskan untuk melakukan berbagai macam misi mulai dari superioritas udara, serangan udara ke darat, hingga membawa senjata nuklir. Pesawat juga terbukti "battle proven" yang sudah digunakan dalam misi di Irak, Suriah dan Libya.


Quote:



Indonesia sendiri dikabarkan juga tertarik dengan Rafale, tapi sampai saat ini belum ada kontrak resmi yang ditandatangani. Jika Indonesia memang berniat meminang Rafale, maka negara tercinta ini harus rela menunggu antrian yang sangat panjang. Sebagai gambaran, Kroasia yang sepakat membeli 12 Rafale bekas pada akhir tahun ini baru akan menerima pesanannya pada tahun 2024.



Quote:






Referensi Tulisan: Defence Blog
Sumber Foto: sudah tertera di atas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TuanLi dan 11 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Nggak Pakai Ribet dan Drama!!! UAE Pesan 80 Unit Jet Tempur Rafale F4 dari Prancis

Baru kemarin Kroasia bilang setuju buat beli Rafale, eh kini giliran sultan tajir dari Teluk borong 80 Rafale emoticon-Matabelo

Beli F-35 terlalu ribet karena nunggu persetujuan Kongres, ditawari Checkmate tapi pesawatnya belum diuji coba terbang, ya udah beli Rafale saja emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pannotia.server dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
#1 emoticon-Angkat Beer

Emg yg nmny inden itu ngeselin

Pnglaman inden 2bln klo gk slah

Pdhl d pabrik berjubel
Prmainan dealer emoticon-fuck3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh redemption878
Bagus kalee ini pecawat jdi langsung beli aja emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 6 lainnya memberi reputasi
ada yg aneh dengan moncong rafale iniemoticon-Amazed
80unit lumayanlahemoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Ayo lah, om wiwi dan ibu SM, segera setujui program2 nya om wowo agar bs secepat nya mmborong pulang jet2 tempur rafale dari france...... Masa sultan UEA bs beli jet2 itu dgn mudah....... Eh......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Borong 80 Rafale tanpa banyak a i u e o, sultan emang beda....apa kabar pesanan Rafale kita. Kl ad yg second jg gpp lah drpd ga ada ye kan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
Beda dengan indronesa , duit ga ada gembar gembor Mulu , mau beli pespur ini itu..
Sampe sekarang sebiji pun ga ada yg nongol di mari...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Setelah sempat mengalami masa masa pemasaran yang sulit, akhirnya pespur heavy fighter Dassault Rafale laris dipesan banyak negara setelah menjadi opsi pespur yang paling siap sementara para pesaingnya seperti Boeing F 15EX belum siap produksi dan Sukhoi SU 35 Flanker E terhambat CAATSA. Walaupun harganya termasuk mahal tetapi Rafale bisa dibeli dan bebas dipakai tanpa konsekuensi politis. Sayangnya bernegosiasi dengan Dassault Aviation bukan hal yang mudah karena rata rata memerlukan waktu 1 - 2 tahun dan waktu pengiriman unit 2 - 4 tahun. Lamanya proses pengiriman disebabkan terbatasnya kapasitas produksi dan quality control yang kompleks.
Opsi pengoperasian pespur heavy fighter gen 4.5 memang masih menjadi opsi yang terbaik bagi negara negara yang tengah melakukan modernisasi atau sedang menambah kekuatan udaranya mengingat saat ini pespur gen 5 masih dalam tahap penyempurnaan dan digunakan secara terbatas.

UAE bernegosiasi dengan Dassault Aviation sejak Dubai Expo tahun 2020 lalu dan deal 80 unit Rafale F4 tercapai di akhir tahun 2021. Diperkirakan pengiriman unit antara tahun 2026 - 2031. Pengadaan ini menjadi kontrak terbesar Dassault Aviation dan UAE akan menjadi operator export pertama Dassault Rafale F4.

Indonesia yang tengah fokus pada pengendalian pandemi dan ditengah keterbatasan anggaran pertahanan masih berusaha merampungkan perjanjian pembelian 36 unit Rafale dengan Dassault Aviation. Kendala saat ini ada pada bank quarantee mengingat pembelian alutsista di Indonesia banyak memanfaatkan fasilitas kredit export. Di tengah ekonomi dunia yang terganggu pandemi global memang membuat Indonesia kesulitan mencari bank quarantee. Target kontrak efektif akan diselesaikan tahun 2022 dengan memanfaatkan anggaran pertahanan thn 2021 - 2024.
To be fair, jangan bandingkan Indonesia dengan negara kaya timteng seperti Qatar dan UAE yang anggaran pertahanannya berlipat ganda jauh diatas Indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dafiqi17 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gonugraha76
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
The power of moneyemoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Sultan mah bebas emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Dubai Air Show kemaren yg banyak dibahas si Checkmate..
..tapi tuan rumah akhirnya deal sama Dassault..emoticon-Big Grin

kalo kita pesen Rafale kayaknya datengnya lama yah..?? lha pesenan UAE banyak gitu..emoticon-Bingung (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jagotorpedo
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
gilee 80 unit berapa ratus triliun itu emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Rafale makin banyak aja yg pake.
Kayaknya salesnya Rafale gencar jualannya emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
semoga pengadaan Alutsista nya diimbangi dengan SDM yang mumpuni dalam mengoperasikannya..

Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:

sales Rafale...emoticon-Leh Uga
Nggak Pakai Ribet dan Drama!!! UAE Pesan 80 Unit Jet Tempur Rafale F4 dari Prancis
Nggak Pakai Ribet dan Drama!!! UAE Pesan 80 Unit Jet Tempur Rafale F4 dari Prancis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gaji pilotny brp ya sekali terbang 😊
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan pannotia.server memberi reputasi
banyak duit. gak pakai ngutang segala. jadi gak perlu drama berkepanjangan dan tak jelas akhirnya.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
negara nya para sultan ini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
anjir,,sultan mah beda
langsung borong emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Nelan ludah angkanya 17 Miliar dollaremoticon-Nohope


Buah dari kasel yang di cancel ausssi seperrinyaemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
si.matamalaikat dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di