KOMUNITAS
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Wagub DKI Beberkan Harga Sumur Resapan, Satu Lubang Capai Belasan Juta Rupiah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a885f7d4b5ea362316f36c/wagub-dki-beberkan-harga-sumur-resapan-satu-lubang-capai-belasan-juta-rupiah

Wagub DKI Beberkan Harga Sumur Resapan, Satu Lubang Capai Belasan Juta Rupiah

Wagub DKI Beberkan Harga Sumur Resapan, Satu Lubang Capai Belasan Juta RupiahSuara.com - Proyek sumur resapan di Jakarta belakangan ini menjadi sorotan. Pasalnya, terdapat sejumlah permasalahan yang muncul ketika drainase vertikal ini dibuat. Misalnya, seperti sumur yang amblas hingga ditutup pot bunga karena membahayakan jalan.

Proyek ini juga kerap dinilai tidak efektif hingga akhirnya DPRD DKI Jakarta menghapus anggarannya di 2022.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria membeberkan harga untuk membangun sumur resapan ini. Ia menjelaskan ada dua jenis drainase vertikal yang dibuat di ibu kota, yakni tipe Buis Beton dan Modular.

Keduanya memiliki harga pembuatan yang berbeda, dengan besaran paling mahal hingga belasan juta rupiah.

"Untuk Buis Beton harga berkisar di 13,2 juta tipe buis beton berlubang heavy duty, ini harga termahal Adhi Mix. Sedangkan untuk tipe Modular harga berkisar di 7,3 juta per m3 (Meter kubik)," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Ia menyebut total sumur resapan yang sudah terpasang sampai saat ini lebih dari 19.042 titik di seluruh wilayah Jakarta. Kemampuan daya tampung airnya diperkirakan sebesar 37.369 meter kubik.

Ia menyebut sampai sekarang pembangunan sumur resapan masih berjalan. Untuk tahun ini saja, bakal dibangun sebanyak 26.932 titik dengan daya tampung air 53.050 m3.

Karena anggaran tahun 2022 dihapus, Riza menyebut nantinya pihaknya akan fokus dalam pembuatan waduk. Nantinya Suku Dinas Sumber Daya Air yang akan melakukan penggarapannya.

Meski demikian, drainase vertikal akan tetep dilakukan oleh pihak non Pemprov, seperti pihak swasta, masyarakat, lembaga pemerintahan lain yang memegang porsi lebih besar.

"Porsi pemprov sendiri dilihat dari aset adalah sebanyak 8,9 persen. swasta 35-an persen, masyarakat 53-an persen," pungkasnya.

https://amp.suara.com/news/2021/12/0...an-juta-rupiah

Lha kenapa di bebankan ke masyarakat ...

Lu yg punya ide dan lu yg tanggung jawab dong...

Masyarakat aslinya ingin sungai di bersihkan,aliran drainese di perlancar dan buat normalisasi...

Gilakkk ..nih abud cs

Jaman masyarakat susah malah di suruh bikin lubang penampungan nyamuk dsb emoticon-Traveller

profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 19 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Ini wartawan goblog amat buat berita…
disitu dijelasin belasan juta permeter kubik pembuatan….

Emang ada sumur di jakarta yang cuma 1 meter kubik?

Entah beneran goblog atau sibuk jilatin bandit yaman nih orang
emoticon-Cape deeehh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
kapasitas awal segitu
nanti semakin lama endapan makin banyak kapasitas berkurang
belum lagi jalan menjadi rusak karena struktur tanah menjadi labil

proyek yang luar biasa

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

para buzzer seceng mencari pembelaan dengan memposting sistem sewer di kota-kota di luar negeri
mereka lupa di bawah tutup tersebut ada saluran air
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Apbd puluhn trilyun. Masyarakat dki msh dsrh gali sumur emoticon-Big Grin slmt dinikmati n silkn dilnjut 2 periodeemoticon-Big Grin disitu aja jgn ke yg lain emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh giphytrelele
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengatakan, uang yang dihabiskan untuk pembuatan satu titik sumur resapan adalah sekitar Rp 80 juta per titik.

Sementara, di tahun 2021 anggaran untuk pembuatan sumur resapan itu senilai Rp 400 miliar.


teruslah ngibul, umat babu suka🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kalo udah makan korban, ya di tutup lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


Anggarannya masih sisa banyak banget dong pak.. emoticon-Malu (S)

Wagub DKI Beberkan Harga Sumur Resapan, Satu Lubang Capai Belasan Juta Rupiah



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Dewa2424 dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
biar keliatan murah gitu fadalan fer Mtr³
profile-picture
samsol... memberi reputasi
Setau gue , biopori yg temuan orang IPB cuma selebar paralon 3 inchi, enih kenapa seukuran septic tank rumah? emoticon-Leh Uga digali di jalan raya pula,... pantesan dibilang gabener tergoblog sedunia versi google emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ykc30 dan 15 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Ada pandemi ngemis ke aseng, bikin sumur nyebut2 masyarakat...itu duit anggaran udah disulap jin atau bijimana? emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
proyek ga guna, malah bikin penurunan tanah.

tiap lubang jadi sumur air.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
80 juta kalau di kontraktor bener uda jadi toilet mewah berac, toh.fungsinya sama buat septic tank doang
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan samsol... memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
makin banyak nyamuk di jakarta.

kalau nongkrong malem-malem musti siapin autan.

petugas musti rajin-rajin membasmi nyamuk di dalam sumur resapan.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kampret.strez
Bikin waduk di jalan raya juga

Biar dekat sama sumur resapanemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
Akhirnya mau bikin waduk, dan di alirkan melalui gorong2 kan ujungnya.. bud jgn nelen ludah pahit.
profile-picture
profile-picture
mudokons dan samsol... memberi reputasi
Virus corona slesai, sekarang virus DBD emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 5 lainnya memberi reputasi
bentaran lagi bakalan ada mayat di dalem sumur , ntah korban pembunuhan / kecelakaan gara2 penutupnya pada hancur beberapa bulan kedepan. blom lagi bangke curut, uler dll

blom lagi nanti pemeliharaan tutup nya sumurnya, bangun sumur kok hampir di tengah jalan . bentaran juga hancur di lindesin truk

hancur = duit lagi . meresap lagi kekantong2


hiiii . asli gub goblok
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
perbandingan:
septic tank 4m^3 besi 13mm ulir beton readymix K300 + gali + finishing
ga nyampe 10jt per titik.
kalo bikin banyak, digali pake excavator bisa lebih murah 30%
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 8 lainnya memberi reputasi
Bnr2 mo ditenggelamkan ni jkt sm si tolol yahmen emoticon-Big Grin khan maen dah gabener pilian kadrun emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh giphytrelele
Mau buat waduk baru? Napa gk kali nya di normalisasi aj yg dah pasti.ini tanah mana lg yg mau dibuat wadukemoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di