CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
6 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir, Sudah Ada Semua?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a857cf10b444366a04efa6/6-perlengkapan-mandi-bayi-baru-lahir-sudah-ada-semua

6 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir, Sudah Ada Semua?

6 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir, Sudah Ada Semua?
Moms saat si Kecil sudah mendekati masa kelahirannya, Moms jangan sampai terlewat untuk mempersiapkan perlengkapan mandi bayi baru lahir ini ke dalam checklist yang Moms punya. 

Karena sejak masa kelahirannya, bayi juga membutuhkan badan yang tetap bersih sehingga tidak hanya orang dewasa yang membutuhkan kegiatan mandi, bayi juga ya, walaupun dalam jumlah dan penanganan yang berbeda.

Kondisi bayi yang dalam keadaan kulitnya sensitif, butuh sekali perlakuan yang berbeda. Karena salah dalam penanganannya, tentu akan berakibat kepada iritasi kulit yang dapat membahayakan kulit bayi.

Apa saja perlengkapan mandi bayi baru lahir

1. Alas atau perlak untuk si Kecil

Perlak yang dibutuhkan sebagai perlengkapan mandi bayi baru lahir ini sangat diperlukan dan menjadi barang wajib yang harus dibawa oleh Moms karena berfungsi sebagai alas saat Moms akan membuka dan juga memakaikan kembali pakaian si Kecil setelah mandi ataupun hanya dilap menggunakan air hangat.

Perlak bayi ini juga sangat diperlukan untuk Moms saat bayi selesai buang air besar maupun kecil dan harus membersihkannya dengan diberikan alas perlak bayi seperti ini. Bagi Moms pasca melahirkan tentu akan merasa semuanya ini menjadi hal baru, sama halnya dengan memandikan bayi beberapa jam setelah proses melahirkan ini tidak langsung dimandikan, namun diberikan air hangat suam-suam kuku.

Oleh sebab itu perlak bayi ini wajib ada dalam perlengkapan mandi bayi baru lahir sebagai alas saat mengelap mereka. Perlak sendiri hadir dalam beberapa model, ada yang permukaannya datar dan ada yang bergelombang. Moms tentunya juga menemukan besarannya perlak tersebut, sehingga sesuaikan saja dengan kebutuhan Moms saat itu.

Jika sedang bepergian, tentunya sediakan perlak bayi yang praktis dan bisa dipakai untuk kebutuhan kesehatan dan kebersihan si Kecil. Tak lupa juga selalu menjaga kebersihan dan kesterilan perlak bayi ini karena tentunya akan mudah sekali lembab dan menjadi sarang bakteri yang mudah sekali bersemayam. Dan Moms juga bisa melakukan inisiasi terkait perlengkapan baby yang sudah ada sejak turun temurun dan mungkin sudah dipersiapkan. Namun sebaiknya Moms bisa membaca hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilah perelngkapan bayi dengan klik link di sini ya, Moms.

2. Kain waslap

Barang selanjutnya setelah perlak bayi adalah kain waslap yang khusus untuk bayi karena harus memiliki bahan dasar yang lembut dan juga halus. Tidak kasar sehingga dapat membuat kulit bayi mudah memerah. 

Memang keperluan untuk mengelap tubuh bayi ini sangat penting mengingat kebersihan dan juga kesehatannya. Sebagai new Moms, ada beberapa tata cara yang perlu diperhatikan dalam hal memandikan bayi, Moms dapat membaca secara lengkap dengan klik link di sini ya.

Karena kondisi si Kecil yang masih belum boleh dimandikan secara langsung apabila belum 6 jam dari waktu Moms melahirkan. Bahkan untuk menjaga kesehatannya, dianjurkan mulai dimandikan ketika tali pusarnya lepas. Waslap kain ini memang dikhususkan untuk mengelap dan membilas seluruh anggota tubuh bayi dan pemakaian kain dan juga selalu diperhatikan ya, Moms.
 
3. Sediakan bak mandi bayi

Moms pasti sudah familiar dengan bak mandi bayi ini, namun tetap diperlukan ketika hadirnya buah hati tercinta kita. 

Untuk itu pemilihan bak mandi bayi ini tidak boleh terbuat dari bahan yang kasar, atau ada bagian ujung-ujung yang tajam karena berbahaya sekali jika sampai terkena kulit bayi yang masih sensitif ini.

Saat memandikan bayi dengan menggunakan bak mandi, pastikan kondisi si Kecil sudah di masa 1- atau 14 hari sehingga tali pusarnya sudah terlepas ya, Moms. 

Dan Moms juga bisa memilih ukuran bak mandi bayi yang aman dan juga nyaman saat digunakan oleh Moms khususnya saat memandikan si Kecil.

4. Pilih handuk bayi yang lembut

Handuk adalah barang penting dari perlengkapan mandi bayi baru lahir yang harus disiapkan. Tujuan adanya handuk untuk bayi ini agar si Kecil tidak mudah kedinginan setelah Moms melakukan bersih-bersih pada tubuhnya, baik saat mengelap atau memandikannya. Material handuk yang dipilih juga harus berkualitas sehingga dapat menyerap air dengan baik dan pastikan sesuai dengan kebutuhan Moms juga ya, karena macam-macam handuk bayi ini di pasaran begitu banyak pilihannya.

5. Siapkan selalu sabun dan shampo bayi

Moms tentu tidak akan terlewat akan hal ini bukan? Menyediakan sabun dan juga shampo bayi ini sama halnya dalam unsur utama dalam perlengkapan mandi bayi baru lahir. 

Pilihlah produk sabun dan shampo bayi ini sesuai peruntukkannya untuk kulit bayi yang cenderung sensitif dan juga perhatikan bahan-bahan kandungan yang dipakai.

Untuk itu, pilih kandungan dari sabun ini dengan pH yang netral dan mendekati pH kulit yaitu diangka 5,5 sehingga mengurangi risiko terjadi reaksi sensitif pada kulit bayi. 

Selain itu ada beberapa hal dan juga perlengkapan yang jangan sampai membuat Moms lupa untuk membuat daftar list nya seperti hal nya sabun dan shampo bayi sehingga agar tidak terlewat, Moms dapat membacanya dengan klik di sini ya, Moms. 

6. Minyak Telon untuk tubuh bayi

Rasanya kurang pas ketika si Kecil selesai dimandikan lalu tidak diberikan minyak telon pada sekujur tubuhnya. Moms pasti sudah merasakan manfaat dari minyak telon ini untuk memberikan kehangatan dan juga aroma menenangkan pada tubuh si Kecil.

Tentunya kandungan dan juga bahan-bahan dari minyak telon ini sudah disesuaikan dengan kondisi kulit bayi yang sensitif dan biasanya terdiri dari minyak adas, minyak kayu putih dan juga minyak kelapa sesuai dengan kadar dari tiap brand minyak telon itu sendiri.

Saatnya Moms tidak perlu lagi kebingungan menyiapkan apa saja perlengkapan mandi bayi baru lahir karena list dari artikel ini dapat segera Moms catat dan semoga terus sehat dan juga aman-aman bersama si Kecil ya, Moms.

profile-picture
profile-picture
cheria021 dan rivercode memberi reputasi
Done.
I've just got myself a babyboy.
emoticon-Cool
Entar beli, duitnya masih dipegang mentri keuangan emoticon-Malu (S)
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Bak mandi engga harus. Lebih mudah mandiin oleh 2 org, digendong sambil disemprot shower.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
6 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir, Sudah Ada Semua?
Kalo ane pribadi enakan pake baby bather gan. Apalagi kalo newborn itu kan masih ringkih banget. Ane ngerasa lebih aman kalo mandi di baby bather dibanding lgsg di ember mandi.
siiiap gan..peralatan2 mandi bayi tersebut emang sebaiknya ada, kalau jaman dulu setelah mandi dibedakin pipinya biar harum tapi sekarang gak dibolehin sama dokter anak tkt masuk ke pernafasan katanya.
Jangan lupa siapkan kain kassa steril untuk membungkus tali pusat bila masih basah sebelum nantinya lepas dengan sendirinya.


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di