CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pimpinan KPK Harap Kepala Desa Korupsi Tidak Dipenjara, Ini Alasannya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a8139f47ca7133fd3a2d31/pimpinan-kpk-harap-kepala-desa-korupsi-tidak-dipenjara-ini-alasannya

Pimpinan KPK Harap Kepala Desa Korupsi Tidak Dipenjara, Ini Alasannya

Pimpinan KPK Harap Kepala Desa Korupsi Tidak Dipenjara, Ini Alasannya

Suara.com - Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan seharusnya ada langkah baru dalam penanganan korupsi bagi kepala desa. Dimana, kata Alex, bila ada kepala desa melakukan rasuah diharapkan tidak langsung dilakukan proses hukum.

"Kalau ada kepala desa taruhlah betul terbukti ngambil duit, tapi nilainya nggak seberapa, kalau diproses sampai ke pengadilan, biayanya lebih gede," kata Alexander Marwara dalam Webinar di kanal Youtube KPK, Rabu (1/12/2021).

Alasan yang disampaikan Alex yakni, jika korupsi yang dilakukan kepala desa nilai uangnya tidak begitu besar. Kemudian, dilanjutkan sampai proses pengadilan tentu biayana yang dilakukan penegak hukum cukup besar.

"Artinya apa? Nggak efektif, enggak efisien, negara lebih banyak keluar duitnya dibandingkan apa yang nanti kita peroleh," ucap Alex.

Lebih baik, kata Alex, kepala desa yang kedapatan korupsi mengembalikan uangnya ke negara. Mereka juga diminta untuk langsung dipecat dari jabatannya.

"Ya sudah suruh kembalikan, ya kalau ada ketentuannya pecat kepala desanya. Selesai persoalan kan begitu," ungkap Alex

Bila belum ada aturan terkait memecat kepala desa dan hanya ditentukan dalam persidangan tentunya, kata Alex, masyarakat setempat lebih mempunyai hak untuk menentukan untuk dimusyawarahkan.

Ia berharap aturan itu bisa dibuat oleh wakil rakyat di Senayan.

"Mungkin dengan musyawarah masyarakat desa kan mereka yang milih. Kita sampaikan 'Nih kepala desa mu nyolong nih, mau kita penjarakan atau kita berhentikan?' pastikan begitu selesai," kata Alex.

Menurutnya jika hal tersebut diterapkan dapat membuat jera kepala desa lainnya. Tidak hanya pemberantasan korupsi semata-mata dilakukan hanya dengan proses pengadilan.

"Keberhasilan pemberantasan korupsi itu bukan dengan ukuran berapa banyak orang kita penjarakan, nggak seperti itu," ujar Alex.

"Kita sudah sepakat bahwa kalau menyangkut kerugian negara, kerugian daerah, kerugian keuangan desa, ya bagaimana semaksimal mungkin uang itu bisa kembali ke kas daerah, kas negara, kas desa. Itu saya kira lebih efektif dibanding kita memenjarakan orang, lah dia punya istri, istrinya enggak kerja, anaknya tiga," jelas Alex.

Lebih lanjut, Alex mengklaim pemberantasan korupsi tetap menjadi perhatian khusus pihaknya. Ia juga minta partisipasi masyarakat.

"Ini menjadi PR kita bersama, dan desa antikorupsi ini tidak semata-mata menyangkut aparat desanya tetapi juga masyarakatnya," imbuhnya.

Sumur:
suara.com


sesat asli sesat klo kyk gitu alasannya semua tindakan hukum kyk pemerasan dll g usah di penjara dong karna biaya proses hukumnya lebih gede
emoticon-DP

kepala daerah (desa, kab., prov) yg brani korup kemungkinan besar bukan sekali melakukan tindakan korup
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 26 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh hantupuskom
Halaman 1 dari 10
Kembalikan duit + denda lalu dipecat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Maling ayam kasian ya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 14 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Oke, ane setuju.

Ga usah dipenjara, tapi dipasung. emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 10 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Mantab memang, alumni TWK luar biasa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 11 lainnya memberi reputasi
Harusnya berlaku untuk mencuri

Ketahuan mencuri, baliki barang yang dicuri, selesai

Biar para pencuri jera, sehingga kali lain hati² dalam mencuri supaya tidak ketahuan
Sudah susah-susah mencuri, ketahuan, suruh balikin, tidak menghargai orang berusaha:emoticon-Mad (S)



emoticon-Stick Out Tongue


profile-picture
profile-picture
profile-picture
garpupatah dan 18 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Lha? Hukum dijalankan aja masih banyak yg nekat curi2 nilep uang negara, apalagi klo hukum malah ga dijalankan dengan tegas?

Malah pada banyak yg coba2 nilep ntar, karena logikanya, klo ga ketauan berarti rejeki nomplok, klo ntar ketauan tinggal balikin doank beres..



emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 20 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalau gak seberapa, ya gapapa emoticon-Metal

















































emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imatz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Setuju sekali

KPK makin kuat..

Hidup KPK..

Thank you Jokowi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Yak mantap sekali, statemen bidoh begini keluar dari mulut orang KPK.

Kalo gitu bubarkan aja KPK, biaya yg dikeluarkan negara lebih gede dari pada hasil tangkepannya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
korupsi dana desa kan uangnha gede cuk
profile-picture
profile-picture
imatz dan vegasigitp memberi reputasi
angin segar buat kepala desa ............ emoticon-Toastemoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
imatz dan atmajazone memberi reputasi
Lah gimana gimana????
Perlu lah, kan biar sekalian tau juga siapa siapa aja tang terlibat, walaupun selevel desa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imatz dan 2 lainnya memberi reputasi
Oli pembangunan emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
imatz dan samsol... memberi reputasi
Kan bisa aja dibebankan kepada keluarga terdakwa segala proses dari awal sampai akhir?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imatz dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
cuma korupsi 2,5 jt - 5 jt ga gede lah

kembaliin uang nya saja sudah cukup

ga perlu penjara ott lah buang2 anggaran

emoticon-Recommended Seller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
imatz dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
Edanemoticon-DP
profile-picture
profile-picture
imatz dan vegasigitp memberi reputasi
Quote:


mohon perjelas kategori nggak seberapanya biar aman korupsi nya emoticon-Maaf Agan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rufin dan 7 lainnya memberi reputasi
gimana kalo langsung di hukum mati pak.......jelas efektif banget di negeri tirai bambu.......ah lupa ini negara tirai kelambu emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
... Oli Pembangunan Desa emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
imatz dan samsol... memberi reputasi
korupsi kepala desa kecil ? hahahha lawak anda. Nyari perbandingan yang sepadan, untuk ukuran sebuah desa, korupsi jutaan itu udah kategori besar. Ambil contoh aja kayak ADD (alokasi dana desa) itu bantuan per desa bisa ratusan juta rupiah, dari pusat udah kesunat, sampe masyarakat untuk pembangunan desa cuma puluhan juta rupiah. Belum lagi tiap kepala desa dapet tanah. Kalo goblog jangan kira kira lah. Model kayak gini jadi pimpinan KPK. Dari kecil aja udah korup, ntar jadi pejabat lebih tinggi makin beringasan korupsinya emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai emoticon-Tai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 16 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Halaman 1 dari 10


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di