CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a7f959b3d26b3bcd47d890/apa-yang-terjadi-bila-manusia-modern-hidup-tanpa-listrik

Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?



Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?

Saat ini era digital menjadi sangat penting bagi kehidupan manusia modern, disini sumber energi terbsrukan yang mulai diperhatikan dan dikembangkan untuk menopang kehidupan manusia modern adalah listrik.

Listrik menjadi sumber energi yang vital baik untuk masa depan maupun masa sekarang, setiap hal yang dilakukan manusia modern tergsntung dengan listrik dari memasak, mencuci, cash ponsel, menjalankan perangkat elektronik, menyalakan lampu dan banyak hal lainnya yang kita lakukan berkaitan dengan listrik.

Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?

Digitalisasi memang membawa perubahan manusia ke arah yang lebih simple, meningkatnya penggunaan AI dan Robotik juga memberikan pesan dunia masa depan listrik benar-benar menjadi peyangga utama.

Maka pertanyaannya apa yang terjadi bila manusia modern hidup tanpa listrik satu hari saja?

Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?

Berkaca pada kerusakan listrik di tanggal 4 Agustus 2019 untuk pasokan Pulau Jawa dan Bali, terlihat manusia akan dilanda kejenuhan bahkan banyak perusahaan yang mengalami kerugian karena tidak bisa beroperasi dengan baik. Digitalisasi dan internet masa kini memang memberikan dampak yang luar biasa bila ternyata listrik itu lumpuh.

Maka manusia modern yang terlena dengan kemudahan akibat listrik bisa saja mengalami depresi, jenuh, bosan, karena mereka tidak siap bila harus kehilangan listrik dari hidup mereka.

Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?

Saat ini listrik masih banyak didapatkan dari PLTU tentu saja bahan bakar fosil masih teramat perlu untuk bahan baku listrik, manusia masih mengandalkan pengolahan listrik dari bahan alam. Kalau saja alam ini rusak, akibat terjadinya bencana atau perang yang dahsyat lalu listrik menjadi hal yang sulit ditemukan maka manusia akan kembali restart ke zaman belum adanya listrik.

Kehidupan mereka akan survival dengan segala cara, tetap bisa hidup namun karena mereka sudah ada pengetahuan tentang listrik. Manusia akan membuat listrik yang sederhana seperti memanfaatkan aliran air sungai, atau cahaya matahari.

Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?

Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?

Namun kesempatan hidup tanpa listrik bagi manusia modern persentasenya sangat kecil, sebab listrik pertama kali ditemukan pada sekitar tahun 600 sebelum masehi (SM) oleh seorang cendekiawan asal Yunani yang bernama Thales yang meneliti batu amber lalu disempurnakan oleh ilmuwan asal Inggris yaitu William Gilbert, setelah meneruskan penelitian terhadap batu amber pada tahun 1733, lalu terus dilanjutkan oleh Charles du Fay, Benjamin Franklin, hingga ilmuwan dari Italia bernama Alessandro Volta, disempurnakan pada tahun 1831 oleh Michael Faraday yang memberikan pengetahuan listrik hingga seperti sekarang ini. Tentu keberadaan listrik saat itu banyak diterpa bencana dan perang, namun listrik tetap ada bahkan semakin berkembang, akan hampir mustahil bila listrik akan punah dan lumpuh kalau bumi tidak hancur.

Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?

Terlebih teknologi panel surya kini sudah dijual bebas walau harganya masih mahal, bukan tak mungkin nantinya solar panel akan dijual murah karena listrik semakin menjadi primadona. Kendaraan listrik tentu menjadi salah satu pemicu manusia memberikan cadangan listrik dirumah agar tidak bergantung pada PLN.

Perlahan namun pasti panel surya akan diproduksi massal dengan biaya yang lebih murah karena permintaan cenderung meningkat. Maka rumah-rumah sederhanapun memiliki panel suryanya sendiri, kalau listrik PLN lumpuh tidak akan banyak berpengaruh dimasa depan.

Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?

Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?

Jadi listrik menjadi bagian sangat penting untuk kehidupan manusia modern, adakah di desamu saat ini yang tidak ada listrik?

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2021
referensi : klik, klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star

Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?



profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 18 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 4
Semuanya bakalan terhenti...

-tanpa sinyal provider
-tanpa internet lancar
-pompa air mati/PDAM tewas
-transportasi berbasis listrik terhenti..

Karena malam gelap gulita, mungkin jam 7 malem udah molor yak... emoticon-Big Grin

Energi matahari dari panel surya yang disimpan dalam baterai paling sanggup nyalain listrik rumah beberapa jam doang... Sisanya pake Genset.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Manusia adalah makhluk yg paling pandai beradaptasi... selama tdk membuat terbunuh... manusia pasti bisa beradaptasi... Tanpa listrik...

Itulah sebab ALLAH swt menjadikan manusia khalifah dimuka bumi... krn emang diciptakan utk menguasai bumi dan beradaptasi dg kondisi bumi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 6 lainnya memberi reputasi
Ternyata listrik sudah ditemukan sebelum masehi toh, lama juga yak emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
jangankan tanpa listrik, tanpa hp aja kalang kabut gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Ndak bisak NGASKUS donk...
emoticon-Sorry
Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Ya balik ke zaman batu......ga juga...kalau cuma sekedar nyalain lampu atau yang kecil2 wattnya, tenaga listrik dari panel surya cukup, alias horang yang beneran kuaya ga bakal musingin kayak begituan...emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan c4punk1950... memberi reputasi
Konyol. Kalo jaman dlu ga ada listrik karna memang ga ada alat2 yg membutuhkan listrik

Kita udh dipenjara oleh hal2 yg membutuhkan listrik, jelas byk bakal yg mati mendadak emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Badan nya jadi berotot bre.. harus nimba air setiap mau mandi.

Pas kkn dulu di bukit pegunungan bapak bapak nya pada berotot gitu.
Angkat pasir batu nanjak santai aja kliatan nya.
Pada gak pakai sendal lagi. Takut putus kata nya .
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Jadi inget 4 agustus 2019 emoticon-Smilie
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sekarang ini tiap kemana2 pasti liat orang2 yg matanya di hpnya, liat apa di hp?
kalo ga ada listrik, ga ada lagi manusia yg liatin hp atau gadget
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan c4punk1950... memberi reputasi
sederhana ajah laah, gunakan saat dibutuhkan, dan lupakan saat tidak ada, kita harus bisa hidup dengan segala potensi yang ada. adaptasi adalah kekuatan manusia yang bisa membuatnya bertahan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Awal nya akan sulit, tp klo sdh terbiasa ya biasa aja, gw lahir di daerah trasmigran, listrik susah, kadang ada cuma seminggi 2x tp dl berasa biasa aja sih gak tersiksa jg
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan c4punk1950... memberi reputasi
Ada lagi, Rumah Sakit kolaps gan, banyak alat di RS harus pakai listrik, cuci darah, alat kejut jantung, ronsen, dan lain-lain gak akan berfungsi kalau gak ada listrik.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Kembali ke zaman sebelum masehi Apa Yang Terjadi Bila Manusia Modern Hidup Tanpa Listrik?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan c4punk1950... memberi reputasi
Jadi inget film survival family
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan c4punk1950... memberi reputasi
Jadi ga bisa ngecas Mobil Listrik emoticon-Malu


Spoiler for :
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Post ini telah dihapus
kalem aja sih... gw gak terlalu mengandalkan listrik juga... sebisa mungkin ya emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan c4punk1950... memberi reputasi
klo kata lagu, aku tak bisa hidup tanpa mu (mu = dia cewek) nah ini ga masuk logika ane..tapi klo ku tak bisa hidup tanpa listrik ini baru bener banget..desa ane udah dpt listrik, cuma ane aja blm dpt istri..😂
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan c4punk1950... memberi reputasi
gak bisa ngaskus donk gan emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan c4punk1950... memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di