CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Ini Nih Sebabnya Kenapa Jangan Malas untuk Lap Mobil yang Kehujanan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a724e924cad03e9c091c42/ini-nih-sebabnya-kenapa-jangan-malas-untuk-lap-mobil-yang-kehujanan

Ini Nih Sebabnya Kenapa Jangan Malas untuk Lap Mobil yang Kehujanan

Ini Nih Sebabnya Kenapa Jangan Malas untuk Lap Mobil yang Kehujanan

Memasuki bulan Desember, nyaris setiap hari hujan turun di sekitar kita. Tak sedikit yang memutuskan untuk menggunakan mobil untuk beraktivitas agar tidak terhambat. Namun, perlu diingat bahwa mobil perlu perlakuan khusus saat musim hujan agar tak mudah rusak.

Perlakuan yang dimaksud adalah mobil harus segera dilap setelah terkena air hujan atau tidak boleh dibiarkan sampai mengering sendiri. Kenapa tidak boleh dibiarkan sampai mengering?

Dikutip dari Suzuki Indonesia, air hujan menyimpan kandungan tidak kasat mata yang berisiko menimbulkan masalah pada mobil. Jika air hujan di daerah yang berada di dekat laut biasanya memiliki kandungan garam lebih banyak.

Kandungan garam pada air hujan mengandung PH antara tiga sampai lima kali yang cenderung basa dan berisiko menimbulkan karat pada bodi mobil.

Jika kalian tinggal atau bekerja di derah perkotaan dan pabrik juga punya polusi yang tinggi ini juga patut diwaspadai. Ketika polusi ini menyatu dengan udara dan bertemu dengan uap air di langit, hujan yang turun juga akan membawa polutan kembali ke bawah.

Baca : Ini Nih 6 Manfaat dari Coating Mobil pada Musim Hujan

Oleh karena itulah, sangat disarankan jika mobil terkena air hujan di daerah manapun, setelah sampai di tujuan, segeralah dibasuh memakai air biasa, lalu dilap sampai kering.

Hal ini harus segera dilakukan karena kalau tidak risiko timbul jamur dan karat baik itu di kaca maupun bodi semakin besar.

Terlebih jika setelah kena air hujan, tiba-tiba kemudian cuaca panas lagi dan air tersebut kering dengan sendirinya karena sinar matahari, proses timbulnya jamur dan karat bisa menjadi lebih cepat.

Penggunaan lap sangat disarankan untuk dibedakan. Lap yang sudah digunakan untuk bodi mobil jangan lagi dipakai untuk mengelap bagian mobil lain yang terkena hujan, seperti bagian kaca.

Kenapa harus dibedakan? Karena jika memakai lap yang sama, risiko bodi mobil atau kaca mobil tergores dengan partikel-partikel kecil yang terbawa saat mengelap bagian yang lain menjadi lebih besar.

Sumber : https://hypeabis.id/read/7643/jangan...n-ini-sebabnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zeze6986 dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jahemerah01
reservedemoticon-Malu (S)
Waaah malah biasanya ada yg nyuci mobil pake air hujan emoticon-Leh Uga
Pernah dijelasin ma almarhum bokap tentang ini...
Jadi inget bokap emoticon-Turut Berduka
mantap, om
nice info neh gans.. kayaknya mobil ane jamuran karna telat nyuci bekaas hujan.... perlu tenaga atau waktu lebih setelah kerja emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
Mau tanya akibat hujan mobil bisa berkarat apa memang seringkih itu kah? Atau perlu waktu brp lama dengan intensitas yg bagaimana?
profile-picture
zeze6986 memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Seperti ane sepulang mengail di tepi laut ane cuci pake air sumur joran beserta motornya.
Kemungkinan air hujan masih sedikit mengandung garamkah yang dapat menyebabkan karatan?
Semua butuh proses untuk menjadi berkarat, rajin2 membersihkan mobil aja sama ya perawatan seperti ngasih oli dll di area yang rawan...hehehehehehee...


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di