CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Review Lengkap BMW F30 320d
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a65050d0c6042054291ab3/review-lengkap-bmw-f30-320d

Review Lengkap BMW F30 320d

Mobilman.id - Halo mobilmania, kali ini kami akan berikan ulasan lengkap mengenai BMW F30 320d beserta kelebihan dan kelemahannya. Yuk baca sampai habis..
Review Lengkap BMW F30 320d
BMW F30 320d merupakan generasi ke 6 dari BMW seri 3. Mobil ini merupakan penerus dari BMW sebelumnya, E90.
Mobil ini diluncurkan pertama kali pada 11 Februari 2012 oleh BMW Press. 

Mesin BMW F30 320d

Mesin BMW F30 320d memiliki dua tipe kode mesin.

Yang pertama mesin berkode N47D20 (2011-2015). Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 181 HP di 4.000 rpm dan torsi 370 Nm di 2.750 rpm.

Review Lengkap BMW F30 320d

Yang kedua mesin dengan kode B47D20 (2015-2019). Mesin ini bisa menghasilkan tenaga 188 HP di 4.000 rpm dan torsi 400 Nm di 2.500 rpm.

Dengan mesin diesel, selain dikenal irit mesin ini juga bisa menghasilkan torsi yang begitu besar.

Mobil ini menggunakan transmisi 8 speed. Untuk performanya, mobil ini dapat melaju mulai dari diam sampai 100 km/jam hanya dalam 7,5 detik dengan kecepatan maksimum 325 km/jam.

Tidak terlalu impresif untuk mobil keluaran tahun 2014.

Eksterior BMW F30 320d

BMW F30 320d merupakan sedan BMW yang tampilannya lebih sporty dibanding pendahulunya.

Review Lengkap BMW F30 320d

Dimensi mobil ini cukup besar. Panjangnya mencapai 4,6 meter, lebarnya 1,8 meter, tingginya 1,4 meter, dan wheelbase mencapai 2,8 meter. 

Untuk velg standarnya memakai alloy wheels ukuran 17 inchi.

Terdapat beberapa perbedaan sedikit untuk BMW F30 320D versi LCI dan Pre-LCI.

Untuk Pre-LCI, pada trim terdapat aksen silver di sekeliling kidney grill dan lis yang ada di atas dudukan fog lamp. Memberikan kesan modern dan elegan.

Dan sedikit unik untuk versi diesel, grill pada mobil ini full silver. Ini kurang membuat keren dari segi tampilan. Dibanding BMW dengan grill berwarna hitam di bagian tengah.

Desain lampu depannya lebih sporty dan eyecatch. Ditambah dengan daytime running light (DRL) yang membuatnya semakin tajam dan agresif.

Kemudian dari lampu belakangnya, untuk versi non-facelift ada bagian yang belum LED. Kalau untuk versi facelift semua lampu sudah LED.

Review Lengkap BMW F30 320d

Soal kaki-kaki, mobil ini menggunakan ban RFT (Run Flat Tire), dimana tidak menyediakan ban serep.

Interior BMW F30 320d

Dari sisi interior, desainnya cukup fituristik. Layout dashboard BMW seri 3 selalu menyajikan driver oriented. Membuatnya asyik dikendarai.

Sentuhan kayu pada sebagian layout dashboard, handle pintu, dan konsol tengah semakin menonjolkan aura modern dan elegan pada mobil ini.

Review Lengkap BMW F30 320d

Jok depan menggunakan material kulit berkualitas. Jok ini juga bisa diatur secara elektrik di sisi depan.

Di tengahnya terdapat handrest yang bisa dibuka. Digunakan untuk menyimpan ponsel ataupun dompet.

Di bagian penumpang, tersedia tiga headrest dengan sabuk pengaman tiga titik.

Untuk legroom penumpang di sisi tengah cukup terbatas. Ini dikarenakan hadirnya gundukan untuk terowongan gardan menuju roda belakang.

Fitur dan Teknologi 

Desain kemudi BMW F30 320d dilengkapi berbagai tombol fungsi, seperti audio, telepon, dan cruise control.

Di balik kemudi, terdapat cluster instrumen yang menampilkan berbagai informasi. Mulai dari speedometer, tachometer, sisa bahan bakar, temperature mobil, hingga MID (Multi Information Display).

Review Lengkap BMW F30 320d

Pada menu iDrive 4.0 sudah ada menu multimedia untuk memutar CD, USB, dan Bluetooth serta pengaturan audio.

Fitur iDrive ini sangat lengkap. Selain berfungsi sebagai media player. Fitur ini juga bisa untuk melakukan panggilan hingga navigasi.

Fitur ini bisa diatur melalui kenop putar yang ada di bagian konsol tengah mobil.

Kenyamanan pada mobil ini begitu menyenangkan. Karena hadirnya dual-zone climate control pada sistem pendingin mobil dan pengaturan AC yang cukup mudah.

Untuk mode berkendara, terdapat beberapa pilihan mode. Mulai dari ECO PRO, COMFORT, SPORT, hingga SPORT+. Mode ini dapat mengatur respon mesin hingga kekerasan suspensi.

Untuk meningkatkan feeling berkendara, kamu juga bisa mematikan fitur ESC (Electronic Stability Control) dengan menekan tombol yang ada di atas tombol berkendara.

Kelemahan 

Teknologi mesin diesel modern nan kompleks, sudah pasti tidak bisa mengkonsumsi solar. Oleh karena itu, kamu harus memastikan ketersediaan BBM diesel yang cocok untuk kebutuhan mesinnya.

Mobil keluaran 2014 mestinya kondisi masih terjaga dengan baik. Sebelum membelinya, kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu ke bengkel resmi atau spesialis BMW.

Sejak peluncuran E90, ban BMW dilengkapi fitur RFT. Mobil ini tetap bisa jalan meskipun bannya kempes total. Mengingat ban ini sangat mahal, biasanya para pemilik menggantinya dengan ban mobil standar. Sehingga bisa memberikan efek bantingan yang lebih empuk.

Jika kamu mendapati mobil ini dengan ban standar, pastikan untuk menyiapkan alat penambal ban. Karena mobil ini tidak menyediakan ban serepnya. 

Kelebihan 

BMW F30 320d berhasil mematahkan stigma bahwa mobil mewah pastilah boros. Dengan mesin diesel, mobil ini super irit.

Mulai dari tampilan luar hingga dalam, mobil ini menyajikan kesan eksekutif dan elegan.

Ditambah banyaknya fitur canggih yang tidak bisa diremehkan. Layaknya fitur iDrive yang mampu menyajikan berbagai layanan bagi para pengendaranya.

Fitur kenyamanan dan keamanan pun sudah lengkap. Kamu juga bisa menambahkan paket BMW Driver Assistance yang menyajikan berbagai fitur keselamatan dan teknologi berkendara otonom. Seperti adaptive cruise control, lane-departure warning, dan road sign recognition.

Kisaran Harga
Mobil ini masih tergolong muda, jadi wajar jika harganya dibilang masih tinggi. Kamu bisa menemukan mobil ini berada di kisaran harga Rp 300 jutaan pada tahun 2020. Harga BMW F30 320d itu berdasarkan data iklan di Mobilman.id

ARTIKEL ASLI:
REVIEW BMW F30 320D
profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 2 lainnya memberi reputasi
Mantap..

Sedan diesel mewah..
188 hp, dengan top speed 325kmj? Wow...


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di