CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Begini Cara Bikin Turbo di Mesin Jadi Lebih Awet
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a62503af46dd37b02a0641/begini-cara-bikin-turbo-di-mesin-jadi-lebih-awet

Begini Cara Bikin Turbo di Mesin Jadi Lebih Awet

Mobil diesel saat ini masih menjadi pilihan yang sering diambil ketika memiliki mobil. Mesin diesel dianggap lebih memiliki tenaga yang lebih besar dan tangguh, meski begitu dalam penggunaan bahan bakar sangat efisien..

Diesel pun selalu berkembang, saat ini mesin diesel telah diupgrade dengan teknologi modern yang disebut dengan turbocharger. Teknologi ini memiliki tingkat sensitif yang tinggi, untuk itu diperlukan cara untuk tetap membuatnya awet.

Beberapa cara ini dibahas pada Cara Supaya Turbo di Mesin Diesel Menjadi Lebih Awet

Secara Perlahan Lakukan Cooldown Turbo
Begini Cara Bikin Turbo di Mesin Jadi Lebih Awet
Cooldown ini bisa dilakukan dengan cara membiarkan mesin beroperasi pada RPM rendah, contohnya mobil dalam keadaan idle dalam 1 hingga 2 menit untuk menurunkan suhunya.

Hal ini bisa membantu cooldown turbo lebih lambat dan tidak terjadi penurunan suhu yang tiba-tiba. Penurunan suhu yang mendadak akan melemahkan turbo itu sendiri.


Ganti Oli Secara Teratur dan Rutin
Begini Cara Bikin Turbo di Mesin Jadi Lebih Awet
Lubrikasi turbin serta kompresor merupakan salah satu peran penting adanya oli. Jika oli sudah kotor akan menurunkan performa dari turbo karena kinerja turbo sangatlah berpengaruh dari kualitas Oli.
Melakukan penggantian oli secara rutin dan berkala juga akan membuat turbo lebih awet. Selain itu oli juga bisa membuat beberapa komponen mobil menjadi lebih awet.

Pakai Bahan Bakar Yang Sesuai
Begini Cara Bikin Turbo di Mesin Jadi Lebih Awet

Bahan bakar yang dipakai lebih baik memakai bahan bakar dengan kualitas terbaik agar pembakaran yang terjadi lebih sempurna di kompresi yang tinggi. Perlu diketahui bahwa mesin diesel yang baik cenderung memiliki kandungan sulfur yang rendah di beberapa komponen di mesin diesel terutama yang memiliki turbo.

Baca juga: Manfaat dan Cara Membersihkan Interior Mobil

Selain itu juga untuk terhindar dari kotoran yang masuk agar tersaring dengan baik diperlukan mengganti filter bahan bakar secara berkala.

Ganti Filter Udara
Begini Cara Bikin Turbo di Mesin Jadi Lebih Awet
Jika filter udara yang kotor dan rusak maka bisa saja dalam keadaan terparahnya akan membuat kerikil masuk ke dalam baling-baling turbo.

Jika terlalu banyak kotoran yang masuk kedalam turbo, bisa saja mengakibatkan kerusakan yang parah dan harus menggantinya dengan yang baru. Maka dari itu penggantian filter udara ini begitu penting dan tak boleh disepelekan.

Baca juga: Promo Mobil PPnBM 100% Blora, Semarang, dan Sekitarnya

profile-picture
profile-picture
Cucigosok dan jlamp memberi reputasi
krenemoticon-Matabelo
Mobil diesel turbo itu paling gampang maintenance, mesinnya jg ga rewel kyk mobil lainnya yg non diesel


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di