CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Mbah Minto Dituntut 2 Tahun, Jaksa: Pelajaran Jangan Main Hakim Sendiri
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a5e9aa1280a7278d5a3fc1/mbah-minto-dituntut-2-tahun-jaksa-pelajaran-jangan-main-hakim-sendiri

Mbah Minto Dituntut 2 Tahun, Jaksa: Pelajaran Jangan Main Hakim Sendiri

Mbah Minto Dituntut 2 Tahun, Jaksa: Pelajaran Jangan Main Hakim SendiriDemak - Kasmito atau Mbah Minto (74) yang membela diri lawan pencuri di Demak, Jawa Tengah, dituntut dua tahun penjara oleh jaksa. Kejaksaan berharap perbuatan Mbah Minto yang membacok pencuri tersebut menjadi pelajaran bagi masyarakat agar tak main hakim sendiri.

"Tentu tidak hanya umur yang kita lihat di sini, tetapi akibat dari perbuatan yang ditimbulkan oleh terdakwa. Luka yang ditimbulkan oleh terdakwa ini memang sangat serius. Dan juga ini kita harapkan menjadi pembelajaran supaya kita tidak melakukan main hakim sendiri," kata Kepala Kejaksaan Negeri Demak Suhendra saat konferensi pers, Selasa (30/11/2021).

Mbah Minto dalam persidangan dituntut berdasarkan pasal 351 ayat 2 KUHP. Ancaman hukumannya 5 tahun penjara.

Suhendra menjelaskan kasus pidana penganiayaan Mbah Minto membacok pencuri tersebut jangan jadi pembenaran masyarakat bertindak semena-mena.

"Nah, jadi kita tidak ingin masyarakat kemudian berbondong-bondong untuk main hakim sendiri. Jadi sehingga saya khawatirkan tindakan seperti itu dianggap pembenaran. Jadi kalau kita seperti ini, datang maling kita bisa bunuh, bisa kita bacok sampai meninggal. Nah, ini yang kita harapkan ke depan, edukasi kepada masyarakat bahwa perbuatan seperti ini salah. Kecuali ada pembelaan diri tadi," terangnya.

Ia menegaskan bahwa faktor pertimbangan jaksa menuntut dua tahun penjara atas kasus Mbah Minto, berdasarkan sosiologis dan korban. Ia menerangkan bahwa korban mengalami luka yang sangat serius.

"Jadi tidak ada faktor lain yang kami pertimbangkan dalam tuntutan ini. Jadi semata-mata adalah karena pertimbangan-pertimbangan kesosial-masyarakatan dan pertimbangan pertimbangan yang kami di sini mewakili korban tentunya," ujarnya.

"Korban yang dilukai bagaimana perasaannya. Tulang belikat kiri ini sampai putus, sementara dia juga sudah berteriak-teriak supaya diampuni," pungkasnya.


Diberitakan sebelumnya, Kasmito atau Mbah Minto (74) yang membela diri melawan pencuri di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, dituntut dua tahun bui. Mbah Minto diyakini jaksa telah terbukti melakukan tindak pidana penganiayaan.

"Memohon majelis hakim Pengadilan Negeri Demak yang mengadili perkara ini menyatakan terdakwa Kasmito bin Jasmani telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana penganiayaan terhadap orang lain menimbulkan luka berat," tutur jaksa penuntut umum Handi Christian saat membacakan tuntutannya, Senin (29/11).

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa selama dua tahun penjara dikurangkan selama terdakwa ditahan dan memerintahkan terdakwa tetap di tahanan," sambung dia.

sumber:
https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5833785/mbah-minto-dituntut-2-tahun-jaksa-pelajaran-jangan-main-hakim-sendiri?tag_from=wp_nhl_7&_ga=2.211851676.90783560.1638224867-438878397.1631869722

penasaran isi BAPnya bagaimana, di satu sisi "korban" masuk ke pekarangan atau "wilayah" orang lain tidak ijin dan sudah berencana untuk mencuri ikan dengan perlengkapan yang sudah dipersiapkan.

disini ada duel satu lawan satu dan korbanlah yang mendatangi terdakwa.


profile-picture
profile-picture
profile-picture
viniest dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
agak2 aneh...jadi kalo si minto yg ternyata di bacok sama pencuri gimana ? kalo gitu di matiin aja pencurinya dengan alasan bela diri..selesai kan
Ya sudah lain kalo ada pencuri cukup dilihatin aja...

_______emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
hanya bisa berdoa aja dah..dari pada nambah dosa
tentu kalau tuhan itu ada dan memang benar selalu monitoring manusia selama 24/7 dan doa itu benar2 bisa dikabulkan, pencuri dan orang2 jahat tentu tidak ada. dan tentu juga pembacokan ini tidak akan terjadi. wong udah pada doa minta hidup enak, duit melimpah dan bahagia sejahtera selama hidup. jadi buat apa untuk mencuri lagi.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 49 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 49 balasan
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Setelah ane baca2,

ada perbedaan antara pengakuan si mbah dengan temuan pulisi.

Menurut si mbah, dia membacok karena diserang pake alat strum. Artinya dia membela diri karena diserang.

Sementara kata pak pulisi,
luka bacokan si maling mengindikasikan bahwa dia dibacok dari belakang. Artinya si maling tidak dalam posisi menyerang si mbah.



emoticon-linux2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
Bentar lagi d blacklist nih jaksa
Main hakimnya rame² ajaemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
dulu paman ane saat mengajari ilmu beladiri selalu berpesan saat bertarung selalu jaga emosi dan jangan pernah menyerang orang yang sudah tidak berdaya.

simaling juga sudah minta ampun tapi masih dibacok.

hmmm... sekarang baru tahu apa maksudnya.

si mbah kena vonis penganiayaan, si maling kena vonis pencurian ikan. ya begitulah hukum mau gimana lagi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Sumber:
https://www.hukumonline.com/klinik/d...-membela-diri/
profile-picture
profile-picture
4l3x4ndr4 dan 37sanchi memberi reputasi
Diubah oleh junaedi1982new
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
kalau di negara demokrasi sih bakal bebas. toh korbannya masuk properti orang lain, dan mencuri.
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Mbah minto ga punya beking kuat ataupun duit banyak di rekening, itu aja sih.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GehuRisol dan 3 lainnya memberi reputasi
hari gini maling..
emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
main slot game pak..!!
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
duduk manis dapet cuan....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zelfrizk dan 2 lainnya memberi reputasi
kalo bacoknya cuma sekali mungkin aman pake alasan bela diri, kalo bacoknya berkali-kali nah ini yang jadi pertanyaan...

mungkin kedepannya bacoknya sekali aja tapi langsung koit malingnya.
Klo ada maling trus minta ampun ane juga bakal bacok, siapa yang bisa jamin tu maling gak bacok ane klo dapat kesempatan?

Logika keblinger?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zelfrizk dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Kalo di mamarika lu masuk rumah orang tanpa permisi alias maling lu bisa di dorr ama pemilik rumah.
profile-picture
profile-picture
Nibrashilmy2 dan wen12691 memberi reputasi
pencuri hrs dimuliakan ye drunemoticon-Leh Uga
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Keren.

Hukum memandang setara, jadi yang melakukan kejahatan juga harus dilindungi.

Sip.

Anw, kalo gak membela diri sendiri, trus siapa yg mau belain? Ngundang dateng aja pake duit, apalagi minta dibelain.

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
profile-picture
andhikap0287 memberi reputasi
salah mbah manto asal bacok dulu

kenapa gak ditanya dulu

bahwa maling jangan melawan sunatulohemoticon-Recommended Seller
Klo begitu maling kita harus perlakukan dengan baik, begitu kah maksud pa Jaksa ? emoticon-Busa



Spoiler for :
Terus pelaku pencurian ga dituntut ?
Berat sebelah dong

Sini, gwa perkosa istri jaksa, kalo istrinya melawan, gwa tuntut istrinya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
zelfrizk dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di