CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Novel Baswedan Bakal Ikut Audit Bisnis PCR Luhut-Erick Thohir
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a58fbce7c5730e315cb072/novel-baswedan-bakal-ikut-audit-bisnis-pcr-luhut-erick-thohir

Novel Baswedan Bakal Ikut Audit Bisnis PCR Luhut-Erick Thohir

Novel Baswedan Bakal Ikut Audit Bisnis PCR Luhut-Erick Thohir

Jakarta, CNN Indonesia -- Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan mengaku siap dan ingin ikut mengaudit bisnis tes PCR oleh PT Genomik Solidaritas Indonesia (GSI).
Diketahui, Menko Marves Luhut Binsar dan Menteri BUMN Erick Thohir terlibat dalam bisnis PCR yang dilakukan oleh PT GSI.

"Kesempatan untuk bisa mengaudit ini kesempatan yang baik. Saya dengan kemampuan saya, punya pendidikan auditor juga, saya juga mantan penyidik, saya juga punya pendidikan hukum tentunya saya punya kemampuan untuk analisis dan lain-lain," ujar Novel dalam konferensi pers Kaukus Masyarakat Sipil di Cikini, Senin (29/11).

Novel tergabung dalam Kaukus Masyarakat Sipil yang digagas Waketum Gerindra Ferry Juliantono dan sejumlah aktivis.

Menurutnya, jika PT GSI diaudit, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya dapat diungkap dan lebih jauh dapat diusut. Dia yakin audit adalah pintu utama membuka persoalan tersebut.

"Semua orang yang berlaku jahat dengan mengambil keuntungan [dari PCR] ini harus dimintakan pertanggungjawaban," ujar Novel.

Novel mengaku dirinya dan kawan-kawan sudah mengantongi beberapa data sekunder terkait keterlibatan kedua menteri tersebut.

Salah satunya mengenai pembuatan laboratorium yang ternyata sederhana dan semestinya bisa didirikan lebih banyak sekaligus merata.


"Ini masalah serius. Tentunya ketika hal sepenting ini dikuasai oleh pihak-pihak tertentu dan kemudian diambil keuntungan untuk pribadi atau kelompok-kelompok tentu ini masalah serius bukan dilihat sebagai hal sepele," tambahnya.

Novel Baswedan tidak sendiri. Bersama Kaukus Masyarakat Sipil untuk Demokrasi dan Keadilan Sosial, Novel bakal bekerja sama dengan kantor akuntan publik untuk mengaudit PT GSI.

Nantinya, ada kantor akuntan publik yang akan melakukan audit. Perwakilan kaukus, Ferry Juliantono mengatakan Luhut dan Erick Thohir tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun selama proses audit dilakukan.

"Proses audit ini perlu dilakukan supaya masyarakat juga bisa mendapatkan kepastian dan kita juga menyampaikan kepada Pak Luhut untuk segera dalam waktu yang singkat, silakan Pak Luhut sampaikan ke kami, kapan kami bisa segera melakukan audit terhadap perusahaan Pak Luhut tersebut?" kata Ferry.

Sebelumnya, dugaan bahwa Luhut dan Erick Thohir terlibat bisnis PCR pertama kali diungkap oleh eks Direktur YLBHI Agustinus Edy Kristianto.

Kala itu, Edy menyebut keterlibatan Luhut ini lewat PT Toba Bumi Energi dan PT Toba Sejahtra, anak PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA).

Sedangkan Erick Thohir terkait dengan Yayasan Adaro Bangun Negeri yang berkaitan dengan PT Adaro Energy Tbk (ADRO). Perusahaan itu dipimpin oleh saudara Erick, Boy Thohir.

Luhut sempat mengatakan siap diaudit. Dia bicara demikian untuk menanggapi tudingan dirinya mengambil untung dari bisnis PCR.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...t-erick-thohir

Mas novel jangan cuma siap ikut audit nya aja.. Udah siap terima resiko nya ga??.. emoticon-Malu (S)

Quote:


Jangan cuma mau nowel tapi pas d towel balik.. Teriak2 d zolimi kaya kasus TWK.. emoticon-Malu (S)


Quote:


Lab sederhana??.. Kok situ ga ada suaranya terkait lab BSL3 pak anies yg katanya seminggu jadi??.. Waktu itu anda masih d KPK lho.. emoticon-Malu (S)

Novel Baswedan Bakal Ikut Audit Bisnis PCR Luhut-Erick Thohir



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr9
Halaman 1 dari 2
ya silahkan di audit ,
nanti bsa di buktikan di pegadilan ,
apakah benar melanggar hukum atau tidak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Mau cari perkara sama luhut..Kayak punya nyawa serep aja
emoticon-Traveller:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
buat tawar menawar kasus formula e-ek
sebelumnya bambang bewok juga bolak balik ke KPK

wan gabut panik panik emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:



inisiatif sendiri nih, pingin show off ato sekedar cari2 ............... emoticon-Bingung





kok mendadak inget seseorang yg ngemis2 jabatan ya ..........emoticon-Shutup
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 9 lainnya memberi reputasi
hmmmmm.....
ane ykin ad masalah....
emoticon-Cool

cman bisa msuk nggk?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
memilih buah memang harus yang terbaik,

termasuk memilih buah ceri emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 12 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Mending tenaga dicurahkan untuk pendampingan ke proyek yg sedang atau akan berjalan
Kalau ngoprek masa lalu malah kontraproduktif
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
tipikal batak lah
gertak dulu
nah sekarang dijawab
ya paling ngeles sambil gagahan bawa power
profile-picture
profile-picture
wilkes12 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Makin aktif ya bund
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
Yang punya bosowa juga dong
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
ngurusin lab orang .sodatanya bikin lab dr awal pandemi ampe skrng gk ada wujudnya 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 14 lainnya memberi reputasi
Jangan lupa tambahin juga dong vel, lu punya pengalaman nembak tersangka pencurian sarang burung walet, 1 meninggal 4 cacat permanen emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
ukur kekuatan diri, ukur kekuatan lawan kalo mau memenangkan "pertempuran" ini emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
Novel lagi butuh job
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 7 lainnya memberi reputasi
Silahkan...

Sekalian yg chaplin donk biar adil...

emoticon-Wakaka

profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
Ini kayaknya lebih baik judulnya, "Balas dendam berbalut audit" emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 5 lainnya memberi reputasi
Cuma biar headline berita berubah dari formula e + sumur resapan ke bisnis PCR luhut..

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Yg audit ya hendaknya pihak yg ga punya konflik kepentingan.

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 6 lainnya memberi reputasi
ya silakan diaudit,
udah ditantang sama luhut juga kan?

pihak yang nuduh yah siap siap dengan konsekuensinya kalau tuduhan tidak terbukti..
yang dituduh juga harus siap siap kalau semisalnya tuduhan terbukti..

mau terbukti ataupun nggak, saya yah cuman seorang rakyat biasa..
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 4 lainnya memberi reputasi
Jika kedapatan melanggar, hukumnya akan diubah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 3 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di