CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a5799cbf66a1519e3e6169/kalau-ganja-dilegalkan-setuju-atau-tidak

Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?

Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
Gbr diambil dr Harian9.com

Pagi-pagi TS nonton TV sambil makan mie instant, isi tayangannya tentang Nia Rahmadhani dan Ardi Bakrie yang baru saja selesai menjalani rehabilitasi.

TS jadi berpikir tentang masalah narkoba ini, utamanya jenis ganja atau mariyuana.

Di Indonesia memang sudah jelas penggunaan ganja itu melanggar hukum.

Namun di dunia ini, ada beberapa negara yang justru melegalkan ganja. Termasuk beberapa negara maju seperti Belanda, Kanada dan Australia. Mereka melegalkan pemakaian narkoba ganja atau mariyuana, dengan berbagai batasan, termasuk penggunaan harian yang tidak boleh melebihi batas tertentu.

Ada beberapa alasan yang diajukan mereka yang pro terhadap dilegalkannya ganja.

Menurut mereka yang pro, dari sisi kesehatan mariyuana atau ganja tidak terlalu berbahaya. Bahkan katanya memiliki efek positif bagi penderita penyakit kanker, mulai dari sekedar meringankan mual setelah kemoterapi, sampai ada yang berpendapat ganja bisa menyembuhkan atau membunuh sel kanker.

Dari sisi ekonomi, apabila dilegalkan artinya pemasukan pajak bagi pemerintah dan juga lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Itu beberapa argumen dari mereka yang pro untuk dilegalkannya ganja.

Namun apa tidak ada efek negatif dari ganja? Kalau tidak ada efek negatifnya kenapa kemudian ganja termasuk barang yang terlarang?

Pertama ada efek adiktif dalam penggunaan ganja. Artinya penggunaan cenderung meningkat seiring makin seringnya mengonsumsi dan akan muncul efek ketergantungan.

Kemudian penggunaan ganja akan mempengaruhi kerja otak, kemampuan berpikir dan kemampuan mengingat.

Penggunaan ganja dalam jumlah kecil, atau untuk tujuan kesehatan mungkin tidak masalah. Akan tetapi begitu penggunaan ganja dilegalkan, bagaimana cara kontrol agar orang-orang tidak mengonsumsinya secara berlebihan?

Efek penggunaan ganja yang berlebihan sudah jelas buruk, baik bagi individu maupun masyarakat.

Bisa jadi nanti timbul permasalahan sosial yang lebih berat dari keuntungan yang didapatkan dengan melegalkan ganja. Pengawasan agar penggunaannya tak melewati batas yang diijinkan, tentu sama sulitnya, kalau tidak malah lebih sulit dari penegakan hukum untuk melarang penggunaan.

Jadi kalau menurut TS memang sudah tepat bila ganja termasuk sebagai obat terlarang.

Meski tentu perlu kebijakan khusus dalam hal penggunaannya untuk kesehatan.

Apalagi kalau terbukti ada kandungan dalam ganja yang bisa menyembuhkan kanker.

Kalau menurut gansists sekalian bagaimana?


Sumber referensi :
1. https://m.rri.co.id/humaniora/info-p...legalkan-ganja

2. https://m.liputan6.com/citizen6/read...anker-payudara

3. https://m.liputan6.com/health/read/4...nja-pada-tubuh

4. https://litbang.kemendagri.go.id/web...-tumor-kanker/



Beberapa Komentar yg nggak setuju dan alasannya.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


-----------

Yg setuju :

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


------

Setuju tp terbatas utk medis :

Quote:

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pmbbersatu dan 40 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lonelylontong
Halaman 1 dari 10
Waaah... Ane harus menanyakan hal enih sama Gan @c4punk1950...... Beleau yg paham masalah bijinian...
emoticon-Ngacir2
Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
setubuh banget deh klo di legalin...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
org indo belum mampu kontrolnya, nanti lebih marak disalahgunakan daripada dpt manfaatnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Setuju, karena barang ini banyak manfaatnya juga emoticon-Peace

Spoiler for :
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan lonelylontong memberi reputasi
Diubah oleh andree.hehasaaa
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
kalo dilegalin si mantap.tiap weekend fly diiringi lagu mbah surip emoticon-Ngakak cuman kuatirnya anak-anak remaja ikut-ikutang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
klo ane setuju aja klo dilegalin,
ini kn produk dr alam, bnyak jg sbenernya manfaatnya klo bener cara makenya.

tapi tau sendiri kn penegakan aturun di indo gmana modelnya emoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Aramina dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Legal namun terbatas kali yaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
SDM indo belum mampu...bertanggung jawab...pasti 10000% disalahgunakan untuk pribadi , bisnis dll...

Ngurus papa minta pulsa aja ga becus...apalagi ngurus ginian emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh lexia
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
jos jos jos lag ini mahh hahhahahha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
pd pernah denger ga kasus di negara ini, lupa ane di kalimantan ato lombok yah kejadiannya... jd si istri kena sakit apaaa gitu, berobat ke dkter ga sembuh2, trus di suami search gugel n ternyata pengobatannya memang membutuhkan ganja dosis ringan. mulailah si suami membeli ganja utk pengobatan istri, jln bbrpa waktu si istri mulai pulih kesehatannya karena efek pengobatan ganja ini... tp masalahnya karena keseringan beli ganja, si suami mulai terendus aparat n akhirnya ditangkap pulisi. walopun pas di pengadilan si suami udah jelasin duduk perkaranya, tetep hukum di indo tidak memperbolehkan transaksi ganja dgn dalih apapun. masuk penjara lah di suami, n setelah bbrpa bulan meninggallah si istri karena ga mendapatkan pengobatannya.... trus kalo udah gini gimana dunk??
ane sih 101% anti narkoba yah, tp knpa para petinggi ga mau buka mata buka hati lbh lebar dlm melihat sebuah perkara tp tetap berada dlm kehati2an dlm membuat peraturan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gorgeousrainbow dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 22 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 22 balasan
Banyak negara sudah melegalkan, rata2 karena untuk keperluan medis. Mungkin ada baiknya dipertimbangkan untuk melegalkannya sepanjang untuk kebutuhan medis.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Pertanyaannya salah sebenernya yang kayak gini dari dulu, mestinya:

"Sanggup tidak melegalkan ganja?"

profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalau disalah gunakan semua bisa jadi ilegal donk. kuncinya kan "penyalahgunaan".

kalau tidak disalah gunakan untuk hal yang negatif atau buruk , ya bisa jadi legal dan bermanfaat.

pada dasarnya semua yang diciptakanNya di alam semesta ini "tidak ada yang sia-sia". semua ada manfaatnya. cuma akal kita yang belum sampai untuk menemukan manfaatnya. karena begitu banyaknya, sehingga kita kesulitan untuk mempelajari dan menelitinya.

emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Untuk medis iya
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan lonelylontong memberi reputasi
Nggak legal ganja udah chaos gini, apa lagi legal... hahaha

Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?

Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?

Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak? Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak? Kalau Ganja Dilegalkan Setuju Atau Tidak?

profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
alkohol memabukkan, bikin kecanduan, dan legal untuk medis/industri.
dengan logika yg sama, seharusnya ganja juga legal.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
approved for treatments ...
the big curing problems was the legalizes ...
hard to say ...i'm here ...but ,i had big no idea ...

Spoiler for raw:
profile-picture
profile-picture
BrickLesnar dan lonelylontong memberi reputasi
3 btg perhari sih blh aja gan, kalau kebanyakan bahaya utk syaraf otak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jipop dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Jangan dulu, nanti di salahgunakan. Dimari mah lem aibon sama komix aja dipake mabok emoticon-Gila
profile-picture
lonelylontong memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo dilihat dari sisi regulasi, kepatuhan dan penegakkan hukum ane rasa belum siap gan di Indonesia. Contoh kecil aja, masih bisa tuh anak kecil disuruh beli rokok sama bapaknya dan si penjual tetep kasih dengan alasan buat bapaknya.

Jadi lebih banyak mudharatnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Halaman 1 dari 10


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di