CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kata Ustaz: Jangan Bertikai karena Warisan, Harta Tak Dibawa Mati
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a56177e2019a041e15a200/kata-ustaz-jangan-bertikai-karena-warisan-harta-tak-dibawa-mati

Kata Ustaz: Jangan Bertikai karena Warisan, Harta Tak Dibawa Mati




Kata Ustaz: Jangan Bertikai karena Warisan, Harta Tak Dibawa Mati 
Dalam sebuah peristiwa kematian, seseorang yang meninggal dunia akan meninggalkan harta bendanya. Ini yang seringkali menjadi polemik dalam keluarga yang ditinggalkan.
Kata Ustaz kali ini menyorot soal, mau dibawa ke mana barang seseorang yang sudah meninggal? Ustaz Riza Muhammad mengingatkan dalam hal ini soal manfaat.

Barang-barang seperti tas, baju, dan kendaraan bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang lebih baik. Tidak jadi masalah jika barang tersebut dijual atau diberikan kepada orang lain.

Akan tetapi, harus dan perlu diingat jangan sampai barang-barang tersebut memicu pertikaian dan perdebatan. Semua harus diselesaikan secara adil.

Berikut penjelasan Ustaz Riza Muhammad kepada detikcom:

(Barang peninggalan orang yang sudah meninggal) Boleh nggak apa-apa disimpan. Sebaik-baik manusia yang paling bermanfaat.

Barang orang yang meninggal itu bisa dibagi ke orang dan bisa bermanfaat untuk orang lain. Itu lebih bagus daripada dibuang atau dibakar. Artinya barang yang masih layak dan bisa dipakai sehingga bermanfaat dipakai orang lain.

Kalau dijual bolehkah? Hasilnya untuk anak atau kebutuhan keluarga yang ditinggalkan? Itu nggak masalah. Kehidupan itu diambil manfaatnya. Kalau barang-barang orang yang meninggal itu dijual untuk kebutuhan yang lebih untuk kehidupan lagi, why not? Kenapa tidak? Contoh, ada motor karena anaknya butuh kehidupan untuk biaya, jual aja. Kan lebih butuh yang hidup daripada yan mati, yang mati sudah nggak mikirin itu.

(Barang peninggalan orang yang sudah meninggal jadi rebutan) Itu yang nggak boleh. Makanya Islam itu ada lembar khusus hak waris.

Baca juga:
Kata Ustaz: Mengidolakan Boleh Saja, tapi Ingat Hal Ini
Jangan sampai gara-gara dunia kita saling memutuskan silaturahim. Jangan sampai hanya gara-gara harta kita saling mencaci, jangan sampai gara-gara kehidupan yang fana ini kita saling menzalimi dan melukai. Semua ini akan berakhir dan tidak akan dibawa mati. Itu yang perlu. Jadi selama ini orang terlalu nafsu dengan dunia padahal itu apa sih?

Yang harus dipikirkan itu adalah bagaimana dengan harta itu bisa menciptakan kehidupan dunia. Bukan malah dunia yang menciptakan kehidupan yang tidak tenang, tidak damai, saling menzalimi dan sebagainya.

(Harta yang jadi rebutan) Bisa dibagi dua dari keluarga perempuan sama keluarga laki-laki, jika yang meninggal suami dan istri. Kalau sudah dibagi dua ada kesepakatan, selesai. Atau yang kedua adalah sepakat saja. Itu dijual semua untuk membiayai si anak, kalau dia meninggalkan anak. DIjual semuanya, selesai, dan dua belah pihak ini nggak dapat apa pun karena fokus ke anaknya itu aja. Adil kan?

https://hot.detik.com/celeb/d-583299...632.1638225044

MEMANG GA BISA DIBAWA MATI, TAPI SELAGI HIDUP TAK ADA YG GRATIS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 3 lainnya memberi reputasi
emoticon-Leh Uga TAJIR
Quote:


Berani hidup kekurangan dengan menyumbangkan seluruh hartanya kepada orang² miskin di seluruh indo ?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 17 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 17 balasan
emoticon-Ngakak mana ada utadz ngemeng ga bener,,noh AA jim kalo ngemeng kan kaya orang waras ,lurus ahli surga...kelakuan realnya ???????
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 37sanchi memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Coba ustad orang yg kekurangan, nyari kerja gak dapat 2, uang cuma untuk 3 hari... Yakin mau bilang gitu juga?
profile-picture
profile-picture
dante_craze dan akumidtorc memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Justru karena kagak dibawa mati makanya jadi rebutan sama yg masih idup.
emoticon-Ngakak
Tapi hidup butuh duit....

emoticon-Embarrassment
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Uang memang gak dibawa mati...
Tapi mati pun tetep butuh uang..

Uang bukan segalanya
Tapi buat komen pke kuota juga butuh uang...

Klo gak ada uang ya gak ada buzzerRp
profile-picture
profile-picture
ayic111 dan jerryreality220 memberi reputasi
Bisa buat umroh sama naik haji pak uztademoticon-Ultah
Kata Ustaz: Jangan Bertikai karena Warisan, Harta Tak Dibawa Mati
profile-picture
ayic111 memberi reputasi
Asal dapet duit bukan hasil menjilat penguasa.
Tapi harta dipakai untuk tetap hidup layak pak. emoticon-Big Grin
benar sih, dalam hidup ini uang dan harta penting banget, walau bukan segala-galanya.

benar juga, bahwa uang dan harta memang gak dibawa mati. gak akan ada ceritanya Tuhan tanya 'hartamu seberapa banyak', tapi Dia akan tanya 'dengan apa yang kamu punya selama hidup, sudahkah kamu bantu orang lain?' Dia mau kejujuran kita.

jadi ya cukupkan diri dengan apa yang kita punya aja. yang lain-lainnya, kalo bisa kita peroleh ya rezeki, kalo nggak bisa ya nggak perlu dipaksakan. simple.
ah pak ustadz kata siapa harta gak dibawa mati
banyak kok yg sampe dibuatin duplikatnya dr kertas dibakar-bakar pas mati buat nyogok di akhirat.
ada yang dibuatin rumah-rumahan (atau beneran) segede gaban
profile-picture
jerryreality220 memberi reputasi
ngomong2 soal harta warisan, hkm positif Indonesia memberi "keringanan" pembayaran utang bagi yg meninggal
baik KHI (hkm Islam Indonesia) maupun hkm perdata nasional mengatur bila kewajiban hutang si meninggal hny sebatas harta yg ditinggalkan dikurangi biaya pemakaman
contoh: harta peninggalan 1 milyar, hutang 2 milyar, biaya pemakaman 100 jt --> kewajiban membayar hutang hny 900 jt, ahli waris tdk dibebani kewajiban menutup kekurangan 1,1 milyar

tp ada sebagian org yg suka menakut2i ahli waris bila, dgn dalil agama, tdk melunasi hutang si meninggal mk si meninggal akan kena siksa di akhirat.
imo, yg begini hny berlaku jika harta peninggalan si meninggal cukup.
kalo kasusnya spt contoh di atas mk itu tdk berlaku.
sebab hutang piutang itu diatur hukum negara, dan ketika si berhutang meninggal hukum negara bilang: bayarlah dgn secukupnya harta peninggalanmu.

meski begitu, jk ahli waris bermurah hati menutup sisa kekurangan hutang si meninggal ini adl hal bagus (bagi si berpiutang)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kardison dan 2 lainnya memberi reputasi
Memang harta gak di bawa mati , tapi kata tuan Krab 'Uang Selalu Benar' . emoticon-Smilie
profile-picture
jerryreality220 memberi reputasi
Harta ga dibawa mati tapi kalau mau hidup ya butuh harta emoticon-Hammer
profile-picture
jerryreality220 memberi reputasi
Munafik banget lu tad. .emoticon-Ngakak
goblok lu tad, justru karena harta gak dibawa mati makanya pada rebutan harta selagi masih hidup, soalnya kalau sudah mati jelas gak bisa rebutan harta lagi
Boleh bertikai dan Ribut asal benar dan menuntut Haknya.
Justru mumpung masih hidup makanya bertikai emoticon-Big Grin


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di