CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mahasiswa Hina Nama Desa Berujung Sanksi Hukum Adat, Degradasi Moral Gen Milenial?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a54856d9a25d6a035344db/mahasiswa-hina-nama-desa-berujung-sanksi-hukum-adat-degradasi-moral-gen-milenial

Mahasiswa Hina Nama Desa Berujung Sanksi Hukum Adat, Degradasi Moral Gen Milenial?

Mahasiswa Hina Nama Desa Berujung Sanksi Hukum Adat, Degradasi Moral Gen Milenial?
Mahasiswa Hina Nama Desa Berujung Sanksi Hukum Adat, Degradasi Moral Gen Milenial?

Generasi milenial merupakan sebutan untuk anak-anak muda di era tahun 2000an ke atas. Yah semenjak adanya industri 4.0 ini lalu ada sebutan milenial. Asalnya juga kurang tau yang pasti diambil dari kata milenium kan ya. Apapun sebutannya, anak muda sepatutnya adalah generasi bagi para orang tuanya yang diharapkan mampu meneruskan apa yang telah dilakukan dan diperjuangkan oleh para sesepuh mereka terhadap negara dan bangsa ini.

Entah mereka abdi negara, swasta, pengusaha, atau tenaga kerja apapun itu, waktu mereka muda mereka adalah harapan bangsa ini. Harapan untuk dapat mampu membangun bangsanya ke arah yang lebih baik. Salah satunya tentu beradab ya gansis. Sesuai dengan pancasila kita lah. Namun seperti peribahasa yang mengatakan setiap yang kita inginkan gak semua sesuai harapan. Nah begitu juga dengan generasi milenial ini.

Quote:


Karena baru-baru ini ada beberapa orang mahasiswi yang menghina salah satu daerah di tanah air nya. Ane gak habis thinking deh. Menghina nama desa yang dimana dia juga tinggal disitu? Jadi beritanya itu mahasiswa yang sedang KKN di desa Kubu Kandang, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batanghari mengucapkan kata-kata yang menghina nama desa. Mereka bilang “Woy-woy anak kubu, anak kubu, anak kubu, anak kubu kandang Ha-ha-ha,” dalam video yang direkam.

Terlihat bercandaan biasa memang bagi kita. Namun untuk masyarakat desa kubu kandang hal seperti itu sangat sensitif. Bukan hanya di kubu kandang, ane yakin ini juga berlaku di semua daerah kalau urusan adat. Akhirnya para mahasiswi sumbu pendek itu di sidang hukum adat disana dan harus membayar sejumlah denda sesuai aturan hukum adat disana.

Walaupun mereka akhirnya minta maaf, dan atas kebesaran hati masyarakat kubu kandang mereka tetap lanjut KKN disana. Terlepas dari itu kita dari dulu udah diajarkan peribahasa bahwa "dimanapun tanah dipijak, disitu langit dijunjung". Yah kecuali mereka gak diajarkan itu ya. Maklum aja deh anak muda zaman sekarang.

Quote:


Yakin ane kalau mereka itu tipe pergaulan yang menyepelekan sesuatu, Bercanda nomor satu, moral dan etika nanti dulu. Maka gak heran akhirnya dalam situasi apapun mereka anggap itu bercanda dan gak jadi masalah. Tapi nih ya secara akal sehat aja kalau kita masuk ke rumah orang, masa iya terus kita ngejek dapurnya, ngejek kamar nya, ngejek kebiasaan orang dalam rumah itu? Ya enggak lah. Hanya akal yang gak sehat aja yang gak tau diri ngejek empunya rumah.

Ane juga dulu pernah praktek lapangan sebanyak 3 kali di kampung orang. Pertama di pandeglang banten, kedua di indramayu jawa barat, dan terakhir di minahasa tenggara sulawesi utara. Jadi ane tau gimana rasanya numpang ditempat orang, berbaur sama orang yang beda kultur sama kita, bahkan ikut kebiasaan yang bahkan sebelumnya gak kita tau. Sehingga ane merasa lebih sensitif terhadap warga yang daerah nya didatangi mahasiswa itu gimana.

Mereka itu berharap baik. Mereka sebisa mungkin untuk menjamu dan memberikan tamu nya yang terbaik. Tapi satu hal yang ane tau bahwa ketika kau sudah diberi kenyamanan di tempat orang, tapi malah kau gak beradab maka siap-siap kau gak ada harganya. Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media aja ya gan. Ya begitulah generasi zaman sekarang gan sis. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Mahasiswa Hina Nama Desa Berujung Sanksi Hukum Adat, Degradasi Moral Gen Milenial?
Referensi: Opini pribadi & Googling
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2021
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akuntest26 dan 27 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 5
"dimana kaki dipijak, disitu langit dijunjung"
profile-picture
profile-picture
lunar1980 dan pakisal212 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Tapi buat anak2 itu lain cerita
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Apa yang lu arepin?
Wong dia kuliah juga cuma buat naikin tarif BO nya thok,
Dengan menyandang status mahasiswa, bisa pasang harga lebih tinggi kan...??
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Topla dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
lagian kkn kok bisa di kota gitu dah? kkn kok bisa ada indomaret gitu? kkn mah taro aja pelosok, gaada sinyal, gaada minimarket. jaman gua kkn tuh fokusnya ya mengabdi buat desa itu, gimana bisa bertahan didesa itu selama sebulan walaupun ga nyaman. lah ini kkn kayaknya cuma minggir dikit doang dari kota
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 12 balasan
mahasiswa yg otaknya tolol paling juga hobinya demo apalagi nanti pas desember ada demonya wiro sableng pasti mereka bakal hadir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 7 lainnya memberi reputasi
Kenapa ndak disuruh KKN di desa Penari aja sih???
emoticon-Marah
Mahasiswa Hina Nama Desa Berujung Sanksi Hukum Adat, Degradasi Moral Gen Milenial?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
buburstroberi dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 10 balasan
cewek 90 % itu yang kkn, ngehina gitu gak takut diapa2in?
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Ane belum liat videonya sih, jadi belum ngerti kenapa penduduk desa bisa tersinggung
Mungkin intonasi atau gesturenya yg menghina kah?
emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanginiusername dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Suruh cuci sumur sajaMahasiswa Hina Nama Desa Berujung Sanksi Hukum Adat, Degradasi Moral Gen Milenial?
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Kaum zaman now, sudah hilang mah sopan santunnya
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan wolfzmus memberi reputasi
bikin naek tensi aja….
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Diubah oleh udapati
punya otak, sayang akhlaknya ga ada..pinter tidak menjamin tata krama-norma-etikanya bagus juga emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo perlu gampar aja satu satu.
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan wolfzmus memberi reputasi
Begini katanya orang indonesia yang ramah dan sopan serta santunemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bisa hilang dong bang mereka wkwkwk
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Kkn ngarep grepe² ma cinlok emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
NecroTorture dan pakisal212 memberi reputasi
yang model2 bgiIni kan pernah terjadi di jaman dulu juga gan, jadi terkait kasus ini, ya goblok aja sih itu orang2 dan bukan berarti degradasi moral gen milenial juga..
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gak tau malu..
uda numpang,hidup berdampingan selama beberapa waktu,gitu tu apa gak mikir ya mereka?misal habis berselisih paham,ada warga yang gak seneng,diem2 di santet..
biar tahu rasa nih..emoticon-Marah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan 2 lainnya memberi reputasi
KKN Biasanya ditangisi, ini malah diusir
Waterpak men
emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wen12691 dan 2 lainnya memberi reputasi
Emang goblok natural......
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di