KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Fashion /
Mengenal "Kilt", Celana Rok Traditional Pria dari Skotlandia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a49a8ad064db3b003fb650/mengenal-quotkiltquot-celana-rok-traditional-pria-dari-skotlandia

Mengenal "Kilt", Celana Rok Traditional Pria Skotlandia

Mengenal "Kilt", Celana Rok Traditional Pria dari Skotlandia
sumber : https://scotlandkilt.com/  

Bagi penggemar olahraga sepakbola pasti tidak asing lagi dengan negara Skotlandia. Negara yang bertetangga langsung dengan negara Inggris raya ini merupakan saudara lintas pulau baik hal olahraga, budaya, makanan dan tradisi. Jika kita melihat dari segi bahasa, bahasa Inggris menjadi bahasa nasional bagi negara Skotlandia. Tetapi orang-orang Skotlandia memiliki aksen tersendiri yang terbawa dari tradisi yang membuat aksen bahasa inggris Skotlandia agak susah dimengerti bagi beberapa kalangan terutama bagi orang-orang yang berasal dari negara-negara yang tidak memakai bahasa inggris sebagai bahasa nasional negaranya.

Membahas soal tradisi dan budaya Skotlandia, kita akan bertemu dengan sebuah pakaian tradisional yang biasa dipakai oleh para pria Skotlandia, apalagi sekarang pakaian tradisional ini sudah masuk kepada tren fashion bagi pria-pria disana. Pakaian tradisional ini dinamakan "Kilt". Apa itu "Kilt" ?, Kilt adalah celana rok tradisional Skotlandia berbahasan dasar dari wol yang biasa dipakai oleh pria-pria Skotlandia yang berukuran panjangnya ada disekitaran lutut dan memiliki corak atau pola kotak-kotak pada celana rok nya yang disebut sebagai corak tartan.

 Mengenal "Kilt", Celana Rok Traditional Pria dari Skotlandia
sumber : https://www.express.co.uk/news/uk/94...-football-fans  

Celana Kilt ini bisa kita jumpai pada fans-fans bola Skotlandia yang jika tim favorit mereka bertanding, para fans akan menggunakan celana rok ini sambil menyanyikan yel-yel kesebelasan tim nya. Jadi bagi penggemar sepakbola tidak akan asing lagi jika melihat di stadion-stadion para tim Skotlandia ataupun kesebelasan nasional nya bakal menjumpai supporter pria yang memakai celana rok.

Secara sejarah, Kilt muncul sekitaran abad ke 16, yang dimana pada saat itu celana rok ini dianggap sebagai lambang patriotisme yang pada jaman itu rok kilt ini layaknya baju perang dengan ukuran yang lebih panjang. Tetapi berselang perkembangan jaman dan fashion Kilt pun berubah ukuran dan model seperti sekarang.

Salah satu tokoh yang terkenal dalam perkembangan celana rok Kilt ini adalah Thomas Rawlinson yang menghasilkan modern Kilt yang digunakan layaknya pada jaman sekarang. Thomas Rowlinson lah yang mengubah ukuran Kilt yang ia buat menjadi lebih kecil dan pendek. 
sumber : https://www.lochcarron.co.uk/blog/th...y-of-the-kilt/  

Mengenal "Kilt", Celana Rok Traditional Pria dari Skotlandia
sumber : https://www.scotland.org/features/kilt-up  

Tetapi pada jaman sekarang, Kilt sudah menjadi pakaian tradisional dan sebagai salah satu identitas negara Skotlandia. Para pria di Skotlandia akan memakai Kilt pada momen-momen acara tradisional seperti event olahraga tahunan di Skotlandia ataupun acara-acara internasional untuk menunjukkan pakaian khas mereka ini.

Beberapa aksesoris yang digunakan ketika memakai Kilt sangatlah bervariasi, maka dari itu Kilt menjadi tren fashion sendiri dikalangan perancang busana traditional di Skotlandia. Pernak-pernik ataupun aksesoris yang dapat dipakai menggunakan Kilt adalah :
1. Kilt Hose = Kaus kaki panjang berasal dari wol
2. Sporran = Dompet kecil yang biasa dipakai didepan rok
3. Ghillie Brogues = Sepatu khusus saat menggunakan Kilt
4. Belt = Ikat pinggang
5. Kilt Pin = Pin yang dipasang dibagian luar Kilt
6. Sgian-dubh = Sebuah pisau hitam tradisional yang biasa disisipkan dipinggir pinggang ataupun bagian depan
7. Ghillie shirt = baju tradisional yang dipadukan dengan Kilt


Mengenal "Kilt", Celana Rok Traditional Pria dari Skotlandia
sumber : https://www.123rf.com/photo_12788278...018-in-ed.html  

Untuk peralihan masa sekarang kita bisa melihat para pemain "Bagpipes" jika sedang melakukan pertunjukkan akan menggunakan Kilt sebagai aksesoris utama dalam beberapa even kebudayaan yang biasa kita jumpai pada momen-momen marching di jalan-jalan Skotlandia. 

Selain itu, kita bisa melihat beberapa sekolah disana tetap melestarikan pakaian tradisional ini dan menggunakan nya sebagai seragam sehari-hari. Jika kita melihat beberapa film berasal dari Skotlandia, Irlandia ataupun Inggris, anak-anak sekolah tersebut menggunakan seragam dengan celana yang dipakai bermotif kotak-kotak layaknya celana rok Kilt tradisional mereka.

Mengenal "Kilt", Celana Rok Traditional Pria dari Skotlandia
sumber : https://www.strathallan.co.uk/boarding-day  



Thank You ... !!!   emoticon-Angkat Beer  emoticon-Angkat Beer  emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mashbrow dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh curry30ua
supaya sirkulasinya tidak terhambat emoticon-Angkat Beer
profile-picture
curry30ua memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
kalo di liat sekilas jadi kek bawa teflon dibawah perut..emoticon-Big Grin
profile-picture
curry30ua memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
dulu waktu kecil pertama kali liat orang pake kilt di tv, ane pikir beneran pake rok cewe. ternyata itu pakaian khas skotlandia ya. dan biasanya emang yang ada di tv itu orangnya sambil main alat musik bagpipe.

tapi kayanya budaya kilt ini nggak merambat ke bagian negara inggris lainnya ya... cuma spesifik di skotlandia.
profile-picture
curry30ua memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
kalau diamat amati hampir semua roknya bermotif kotak.
profile-picture
curry30ua memberi reputasi
cult.. clit...
ahh susah nyebutnya
emoticon-Hammer2
profile-picture
curry30ua memberi reputasi
Jadi keinget bunyi nya bagpipe..
profile-picture
curry30ua memberi reputasi
Jadi adem....
profile-picture
curry30ua memberi reputasi
pake daleman gak sih itu?
di film mel gibson gak pake daleman deh
profile-picture
curry30ua memberi reputasi
Kalau tren disini orang jenggotan pake daster
profile-picture
curry30ua memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di