CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ngawur Dan Tidak Ilmiah! Seberapa Ilmiah Sih Film-Film Fiksi Ilmiah Itu?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a45956f98a787ca248f8ce/ngawur-dan-tidak-ilmiah-seberapa-ilmiah-sih-film-film-fiksi-ilmiah-itu

Ngawur Dan Tidak Ilmiah! Seberapa Ilmiah Sih Film-Film Fiksi Ilmiah Itu?

Sama seperti film thriller, drama dan komedi, film-film Sci-fi juga punya banyak penggemar loh. Namun bila kita bandingkan dengan teori wawasan umum secara umum, tidak semua film boxoffice sesuai dengan kaidah dan prinsip ilmiah. Nah penasaran seberapa detail dan akurat film-film tersebut, mari kita cek satu persatu ya seberapa ilmiah sih film-film fiksi ilmiah yang diputar di bioskop khususnya film-film bertema luar angkasa, yuk kita simak ulasannya.

1. Film Gravity
Quote:
sumber
Mulai dari film Gravity, film yang pernah masuk nominasi Oscar ini memiliki konsep cerita dan gambar yang menarik. Namun sayang ada beberapa hal yang jauh banget dari realita, pertama adalah satelit bergerak sangat cepat seperti 120 mil perjam tapi kenyataannya pergerakan satelit tidak cepat seperti itu, tapi hanya lima mil detik. Lalu ada adegan mcclosky diceritakan bisa terbang kemanapun dengan jetpack yang membantunya bergerak dengan leluasa, padahal faktanya secara teknis jetpack hanya bisa membuat astronot sedikit bergerak di sekitar pesawat bukan seperti berselancar di luar angkasa seperti yang dikisahkan dalam film itu, dan perhatikan saat rian stone saat melepaskan tali pengait dan kemudian membuatnya terhempas, ini memperlihatkan seolah-olah dia memiliki gravitasi berbeda dengan lengan satelit yang mengikatnya, padahal secara sinematografi banyak diacungi jempol.


2. Armageddon
Quote:
Selanjutnya kalau kamu yang tumbuh besar di era 90-an pasti tidak asing dong dengan film berjudul Armageddon. Yap film yang dirilis tahun 1998 ini memang menjadi salah satu film bencana paling diingat, sayangnya film ini dianggap gagal total dari kacamata sains. Mari kita mulai dengan fakta bahwa mereka berbicara dengan markas kontrol secara real-time tanpa lag, hal itu tidak mungkin terjadi karena astronot pasti akan mengalami kesulitan komunikasi ketika mendarat di asteroid, kemudian salah satu dari mereka berkata "we are coming in hot". Padahal pendaratan belum terjadi bagaimana mereka memastikan itu panas, pendaratan di asteroid juga digambarkan seperti bermain video game, seolah-olah di asetroid ada lapisan udara dan pesawat yang bisa dikendalikan seperti bumi, rancu deh. Para astronot juga digambarkan sangat lebay, padahal ketika mendapat tugas seperti ini para astronot tidak akan panik dan berteriak satu sama lain seperti dalam mesin ini, Yap film ini banyak mendapat kritikan karena fakta ilmiah yang ngawur.


3. The Martian
Quote:
The Martian menceritakan secara realistis tentang seperti apa astronot menghadapi masalah ketika menjelajahi planet merah, tidak seperti film Sci-fi yang lain The Martian justru lebih terkesan nyata seperti adegan petani di mars yang cukup realistis meskipun terlihat lebih singkat daripada di bumi. Namun proses kimia yang dibutuhkan untuk bisa menanam dan memanen terpenuhi seperti air, tanah yang kaya nutrisi, panas oksigen dan juga pupuk, namun tetap saja nih ada kesalahan ilmiah, gravitasi di mars digambarkan sama dengan di bumi padahal fakta ilmiahnya gravitasi mars hanya 38 persen dari bumi. Jadi tidak mungkin si Mark bisa sesantai itu, tapi the martian menjelaskan di mars memiliki oksigen yang sangat tipis kira-kira seperti mendaki di ketinggian 100.000 kaki untuk merasakan seberapa tipis udara di Mars.


4. Apollo 13
Quote:
sumber
Kisah penerbangan luar angkasa selanjutnya adalah Apollo 13 sebagai dramatisasi misi Apollo 13 yang ada pada tahun 1970, sebagaimana diketahui misi Apollo 13 mengalami masalah serius seperti kebakaran dan kehabisan oksigen sehingga misi tersebut dibatalkan dengan prioritas para astronot Apollo 13 dapat kembali dengan selamat ke bumi. Film Apollo 13 dibuat secara realistis dengan keadaan asli, situasi saat apotik 12 bermasalah dan usaha mereka berkomunikasi dengan misi kontrol terangkum seru, dan seperti itulah para astronot berkomunikasi. Walaupun sedikit dramatisasi namun bisa dibilang kalau situasi di film Apollo 13 merupakan gambaran nyata situasi misi Apollo 13 yang asli di tahun 1979.


5. Interstellar
Quote:
sumber
Selain Mars, informasi tentang lubang hitam juga membuat banyak orang penasaran, film Interstellar sering dipuji berkat keindahan Christopher Nolan mengarahkan film ini. Namun diluar faktor estetik sinematografi, film Ini mengandung lubang menganga dalam narasinya, salah satunya pernah diungkapkan oleh ahli astrofisika terkenal Neil Degrasse Tyson yang mengomentari soal keanehan pot Interstellar, diketahui dalam filmnya ini para astronot yang ditugaskan mencari bumi baru justru mengincar sebuah planet yang berada sekitar black hole, padahal jumlah bintang sebagai pusat orbit planet jauh lebih banyak dari lubang hitam, dan masih banyak planet-planet di dekat bumi dan tata surya yang lebih baik dan lebih aman ketimbang planet-planet yang mereka kunjungi. Keanehan lain adalah pengadopsian teori relativitas Einstein dan Hawking tentang melintasi waktu dan konsep, Einstein dan Hawking akan menangis melihat film ini jika dilihat dari sudut pandang ilmiah belum ada patokan kemampuan manusia untuk bertahan jika tersedot dalam lubang hitam, seperti yang kita tahu gaya gravitasi dengan black hole sangat kuat jadi semakin dekat kita ke lubang hitam semakin cepat ia akan mencabik-cabik. Interstellar juga memperlihatkan bagaimana perjalanan menembus ruang dan waktu dalam black hole, tapi sayangnya film ini justru memperlihatkan kesalahan tentang penghitungan waktu dengan dua keadaan yang berbeda.


6. First Man
Quote:
sumber
First Man menceritakan kisah nyata perjalanan Neil Amstrong mendarat di bulan, di luar dari segi cerita film ini menampilkan beberapa kesalahan seperti suara dan getaran, neil seperti berada dalam sebuah truk dengan getaran yang kasar dan suara berisik yang kuat. Padahal kenyataannya kita tidak dapat mendengar suara apapun dalam pesawat x15, anehnya lagi pesawat tersebut masuk ke awan dengan ketinggian 45.000 kaki, dan juga langit menjadi terang dengan biru muda, sejatinya tidak ada awan di ketinggian tersebut dan ketika kita mengendarai roket menuju antariksa kita akan melewati warna langit yang berubah mulai dari biru muda menjadi biru tua dan menuju ke hitam.

Nah tantangan dari film-film fiksi ilmiah memang tidak sekedar menempelkan ilustrasi sains dan adegan-adegan futuristik yang canggih tapi juga logika, akurasi dan ilmu pengetahuan. Dengan begitu, film tidak hanya menghibur tapi juga mendidik, ini bisa jadi jalan pintas untuk belajar tentang alam semesta, astronomi dan kosmologi dengan cara yang menarik. Gimana menurut kamu film mana yang menjadi favoritmu silahkan tinggalkan komentar di bawah, semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..

Referensi : 1234 & 5
profile-picture
profile-picture
profile-picture
EriksaRizkiM dan 25 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Si.jonii
Halaman 1 dari 5
1. satelit itu kecepatannya 7000 mph
2. "We are coming in hot". Itu sebuah ungkapan bukan literal yang artinya mereka dalam posisinya berbahaya, kalo sering main game Call of Duty pasti tau

Namanya juga film dibuat untuk menghibur,bedakan ama film dokumenter ilmiah

mengkritik tapi gak riset dulu jadi lucu emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aditmaukemana dan 34 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ssdestroyer
Lihat 11 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 11 balasan
Pada interstellar, tokoh utama digambarkan tidak sampai masuk area event horizon dan diselamatkan oleh "they". Dari sinilah cerita fiksi dimulai.
profile-picture
profile-picture
pein666 dan wanpantau memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
semua itu bohong gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qoryqory dan 2 lainnya memberi reputasi
ya namanya juga pelem,justru ngawur dan tidak ilmiahnya itu yg jadi hiburan
profile-picture
profile-picture
agusn6778 dan wanpantau memberi reputasi
Ane paling sukak The Martian...
Ngawur Dan Tidak Ilmiah! Seberapa Ilmiah Sih Film-Film Fiksi Ilmiah Itu?
Ngawur Dan Tidak Ilmiah! Seberapa Ilmiah Sih Film-Film Fiksi Ilmiah Itu?
profile-picture
pangeran2013 memberi reputasi
namanya juga sci-fi
profile-picture
profile-picture
agusn6778 dan caerbannogrbbt memberi reputasi
paling puyeng nonton film scifi judul 2001 a space odyssey
profile-picture
c00lgl4ss3s1 memberi reputasi
Soal Film Interstellar bahasan dimensi ke empat smepet da yg buat pembahasannya disini.

Dan itu terjadi di kaskus yang lama.
profile-picture
profile-picture
Gailham dan agusn6778 memberi reputasi
Gk demen gw ama film Armageddon
Seolah2 asu is the hero emoticon-Cape d... emoticon-fuck3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
Genrenya sains fiksi bukan fiksi dan sains, jadi ya bebas aja buat adegan yg ga masuk akal berdasar teori sains nyata
profile-picture
profile-picture
dealovie dan PACIFIC2012 memberi reputasi
Film fiksi ilmiah yang paling bagus itu Star Trek sama MIB emoticon-Ngacir2

Jadi, aku paling suka dengan "Interstellar" bro2 Agan2 dan Aganwati2...
Ada "THEY" nya....
profile-picture
agusn6778 memberi reputasi
The martian masih dabest bre, menurut ane sih emoticon-Ngakak
Lah lebih tidak ilmiah sinetron gan emoticon-Wakaka
profile-picture
neodjary memberi reputasi
Sesuai namanya

FiksiNgawur Dan Tidak Ilmiah! Seberapa Ilmiah Sih Film-Film Fiksi Ilmiah Itu?
Om, ini kan film fiksi.
Ilmiah itu itu rating kedua krn film fiksi ini membahas tentang sains dan teknologi.

Fiksi om


profile-picture
agusn6778 memberi reputasi
diantara sekian pilem, yg no.2 dulu paling banyak perdebatan (pas jaman sekolah dulu).
scene pertama pas pengisian bahan bakar roket di satelit luar angkasa, kok kayak anteng2 aja bisa lari2 gitu, padahal pilem2 lain keadaan didalem satelit luar angkasa itu kan minim gravitasi.
emoticon-Bingung emoticon-Cape d...

kemudian scene pesawat bisa mendarat di Asteroid.
kok di asteroid kayak ada gravitasi seperti dibumi?
meskipun dijelaskan kalau setiap benda luar angkasa ada gravitasi, dan ukuran asteroid sebesar kota LA, tetep aja banyak hal yg gak masuk akal.
emoticon-No Hope


tapi apapun itu, yah namanya juga pilem cuma buat sekedar hiburan aja.
emoticon-Cool
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Namanya juga film, kalo mau perfect=teorinta, ga bakalan greget jg filmnya. Datar2 aja pasti dianggap salah jg , malah jadinya film dokumenter emoticon-Ngakak
Diubah oleh z3f
Post ini telah dihapus
mau gak selogis apapun, armageddon is de best emoticon-Jempol
profile-picture
agusn6778 memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di