CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Beri Respons Menohok soal Reuni 212, Ketua MUI Cholil Nafis: Acaranya Tidak Penting
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a44b86d81c2041ca3983f6/beri-respons-menohok-soal-reuni-212-ketua-mui-cholil-nafis-acaranya-tidak-penting

Beri Respons Menohok soal Reuni 212, Ketua MUI Cholil Nafis: Acaranya Tidak Penting

Beri Respons Menohok soal Reuni 212, Ketua MUI Cholil Nafis: Acaranya Tidak Penting

Suara.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) bidang dakwah Cholil Nafis ikut buka suara terkait rencana penyelenggaraan Reuni 212 dalam waktu dekat ini.

Melansir dari Terkini.id -- jaringan Suara.com, Cholil Nafis menyampaikan bahwa acara yang disebut-sebut akan dihelat pada 2 Desember 2021 itu tidak penting.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan itu dikhawatirkan bisa menimbulkan klaster baru penularan Covid-19 yang saat ini sedang melandai.

"Nggak usah ada reunian. Khawatir ada klaster Covid dan acaranya tidak penting," kata Cholil, dikutip dari Terkini.id, Senin, (29/11/2021).

Hal ini senada dengan pernyataan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama atau PWNU DKI Jakarta, KH Syamsul Ma’rif. Ia menyebut dirinya tak menyetujui aksi Reuni 212 yang rencananya akan digelar dalam waktu dekat.

Dalam video yang tayang di kanal Youtube PadasukaTV, Kiai Syamsul menilai, pada dasarnya tidak ada yang salah dengan kegiatan reuni.

Namun, menurutnya reuni semestinya dilakukan oleh sekelompok orang yang perkumpulannya harus jelas. Misalnya, bersama teman-teman sekolah, kampus, ataupun pondok pesantren.

"Ya kalau kita alumni perguruan tinggi atau sekolahan, atau pondok pesantren, itu biasanya ada reuni. Jadi ada sebuah proses belajar mengajar lalu mendapatkan ijazah, itu baru ada reuni. Ini hanya sekedar peristiwa satu hari kok reuni," ujar Kiai Syamsul, dikutip Suara.com, Minggu (28/11/2021).

Lebih lanjut, Kiai Syamsul menjelaskan panitia maupun penggagas acara harus mempertimbangkan esensi diadakannya reuni 212 tersebut.

"Harus dipertimbangkan lagi esensinya apa reuni itu diadakan. Kalau kita lihat sejarah latar belakang adanya 212 itu karena memang semangat pada waktu itu umat Islam kepingin punya pemimpin di Jakarta, sekarang Alhamdulillah Pak Anies sudah menjadi gubernur," tuturnya.

Meskipun ditentang oleh banyak pihak, panitia Reuni 212 mengaku masih terus mengusahakan agar acara ini tetap terlaksana.

Habib Rizieq Shihab yang disebut akan hadir dalam acara itu secara virtual bahkan telah menyampaikan ajakan pada masyarakat untuk membanjiri Reuni 212.

"Ayo Reuni Alumni 212. Ayo Hadiri & Banjiri. 2 Desember 2021," kata Habib Rizieq, dikutip dari Hops.id  Minggu, (28/11/2021).

Terkait peringatan dari beberapa pihak terkait ancaman terjadinya klaster baru Covid-19, pihak panitia menyebut saat ini PPKM di Jakarta sudah ada pada level 1 dan sudah banyak masyarakat yang berkegiatan secara massal.

"Kan sudah level 1, sudah banyak juga yang melakukan aktivitas bersama di mana-mana," ungkap Ketua Aksi Reuni 212 Eka Jaya.

https://www.suara.com/news/2021/11/2...nting?page=all

Yang sekolah dan kuliah tahunan.. Ngadain reuni alumni kaga tiap tahun.. emoticon-Malu (S)

Ini acara sehari.. Tapi pengen reunian tiap tahun.. emoticon-Malu (S)



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
koi7 dan 12 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Ga penting ????

Beri Respons Menohok soal Reuni 212, Ketua MUI Cholil Nafis: Acaranya Tidak Penting
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 19 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Berantem dulu sama anwar abbasemoticon-Stick Out Tongue
profile-picture
profile-picture
profile-picture
emiliaw dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
astagfirullah emoticon-Mad
bangke nya udah bisa mandi sendiri ya ? emoticon-Mad
beraninya menghina tanggal sakti nan penting milik ummat emoticon-Mad
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 6 lainnya memberi reputasi
horang kaya mah bebas mo reuni tiap hari emoticon-Ngacir2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
Yaiyalah, cuma ultah nya kisame aja dibikin rame.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joeco123 dan 3 lainnya memberi reputasi
ati² diincer Bahar
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 5 lainnya memberi reputasi
Pak anis memang sudah menjadi gubernur tp Imam Besar HRS msh di penjara dan di kriminalisasi..inilah penting nya reuni diadakan..ayo banjiri!!
emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
astagfirullah emoticon-Kagets
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
kalo ada amplop ya jadi penting lah pak…

emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
itkgid dan 4 lainnya memberi reputasi
"Ayo Reuni Alumni 212. Ayo Hadiri & Banjiri. 2 Desember 2021," kata Habib Rizieq

Semoga diijabah... Cucu nabi nih yang minta...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 3 lainnya memberi reputasi
Maunya apa siiih?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gomamon. dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Ya kan yg dicari dari ngadain acara reuni tiap tahun mungkin karna biasanya dapet dana dari donatur.. kalo bisa malah mereka mau reuni tiap bulan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Alumni universitas 212 monas
Reuni nya tiap tahun

emoticon-Selamat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
samsol... dan 2 lainnya memberi reputasi
Beri Respons Menohok soal Reuni 212, Ketua MUI Cholil Nafis: Acaranya Tidak Penting

emoticon-Gregetan emoticon-Gregetan emoticon-Gregetan

Ya'juj dan Ma'juj (Arab: يأجوج ومأجوج Yaʾjūj wa-Maʾjūj; Ibrani: גוג ומגוג; Ibrani: Gog dan Magog)

emoticon-Belgia emoticon-Belgia emoticon-Belgia

Assemble
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bajier dan 7 lainnya memberi reputasi
Beri Respons Menohok soal Reuni 212, Ketua MUI Cholil Nafis: Acaranya Tidak Penting

nopel 212 cs reaksyon:
😡😡😡🤬🤬🤬🗯💥🔥👊💢 how dare si cholil nafis said reuni 212 is kagak penting?!

hey, mister cholil nafis! kami ini is fatwa moi bigfans #1. so yeyy mesti dukung ane! kalau ente la (لا) dukung ane, berarti ente kafein
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joeco123 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cacarakan
rijek enak banget dia ngumpet di tahanan sambil teriak2

yang rame2 reunian bakal jadi cluster baru + bonus covid rasa omicron emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
joeco123 dan 3 lainnya memberi reputasi
esensi reuni itu ya buat pamerin massa yg bs di sewa pas pilpress, buat showcase gitu lho, gimana sih mui payah ga ngerti teknik marketing.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fishnugget dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
wajar-wajar aja gan, kemerdekaan berkumpul kan dijamin undang2.
soal namana mau reuni, tolak ini, dukung itu ya suka2 yg mau ngumpul
profile-picture
valkyr9 memberi reputasi
GNPF-MUI mana suaranya?

emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
samsol... dan valkyr9 memberi reputasi
jamaah kadrunistan


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
samsol... dan valkyr9 memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di