CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Terungkap, Ini Alasan Jokowi Ngebut Ganti PNS ke Robot
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a35e98c4ae216c821508bd/terungkap-ini-alasan-jokowi-ngebut-ganti-pns-ke-robot

Terungkap, Ini Alasan Jokowi Ngebut Ganti PNS ke Robot

Terungkap, Ini Alasan Jokowi Ngebut Ganti PNS ke Robot
Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini, ramai kabar pemerintah akan menerapkan teknologi di sistem administrasi negara dengan mengganti tenaga kerja alias Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan tenaga robot. Dengan begitu, rencana pemerintah untuk mengurangi jumlah PNS dalam beberapa tahun ke depan semakin dekat untuk terealisasi.

Hal ini juga sempat disinggung oleh Presiden RI, Joko Widodo, pada pembukaan Musrenbangnas RPJMN 2020-2024, pada Desember 2019 lalu. Jokowi mengatakan, pergantian tersebut dapat memudahkan untuk pengambilan keputusan dari tingkat daerah maupun nasional.

"Ini bukan barang yang sulit. Barang yang mudah dan memudahkan kita untuk memutuskan sebagai pimpinan di daerah maupun nasional," ujar Jokowi.

Robot tersebut kabarnya akan menggantikan eselon III dan eselon IV yang menghambat birokrasi. Penyederhanaan ini merupakan perintah Presiden Joko Widodo yang harus dilaksanakan cepat oleh para Menteri Kabinet Indonesia Maju.

Kehadiran AI sejatinya memang dapat menggantikan beberapa tugas pelayanan publik yang sebelumnya dikerjakan oleh eselon III dan IV. Misalnya, terkait pengolahan data yang sebelumnya dilakukan secara manual sebenarnya dapat diformulasikan oleh sistem.

"Nanti dengan big data yang kita miliki, jaringan yang kita miliki, memutuskan akan cepat sekali kalau pakai AI. Tidak bertele-tele, tidak muter-muter,"
tegasnya.

Di sisi lain, meski ada pergantian pelaksanaan tugas dan fungsi eselon III dan IV dengan AI, namun hal ini tak serta merta membuat penghasilan para Aparatur Sipil Negara (ASN) di posisi itu akan berkurang.

"Kami tidak ingin potong income, pendapatan dari ASN kita, yang dibutuhkan adalah kecepatan membuat kebijakan, memutuskan di lapangan, karena perubahan yg cepat, pemerintahan yang fleksibel itu dibutuhkan," tambah Jokowi.

Menurut Jokowi, perkembangan zaman yang cepat lah yang membuat pemerintah harus bisa mengikuti, termasuk soal penggunaan teknologi dan digitalisasi di bidang layanan publik.

"Kita butuh kecepatan dalam bekerja, dalam memutuskan, dalam bertindak di lapangan karena perubahan sekarang cepat," tutur Jokowi

Selain itu, Jokowi ingin pergantian ke AI dilakukan karena sejumlah negara sudah mulai melakukan hal tersebut. Indonesia, katanya, tentu tidak ingin ketinggalan untuk segera beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...i-pns-ke-robot

emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
phyu.03 dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
heleh.. emoticon-Traveller
emoticon-I Love Indonesia
PNS bisa korupsi
Robot tidak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Post ini telah dihapus
Bayangin hibah ormas buat hal2 yg bermanfaat seputar penerapan teknologi terbaru
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Birokrat mah cuma ngelaksanain perintah.
Pegangan mereka ya aturan.
Ditingkat bawah macam staff mereka gak bisa bikin improvisasi aturan ngomong A ya harus dijalanin A untuk nego dikit staff bakal ngeliat esalon 4 ato 3 bakal ngasih dispensasi
Cuma ya siapa yang brani tanggung jawab klo atas dispensasi yqng diberikan kemudian hari ternyata jadi kasus hukum misalnya.
Ini yang buat birokrasi jalannya dirasa lambat palagi buat masyarakat yang bersinggungan dengan birokrasi.
Toh kenyataannya aturan yang dibuat pemerintah sering gak bisa mengakomodir berbagai kepentingan
Penggunaan A.I buat pengambilan keputusan ditingkat esalon 3 dan 4 ?? Koq gw ngerasa ya bakal sama aja hasilnya manusia bisa nego ai mungkin bisa dalam level tertentu tapi ya tetep aja bagi sebagain orang palagi yang administrasinya gak lengkap dan bersinggungan ma birokrasi ya ngadepin ai ato manusia esalon 3 4 bakal lambat juga.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan jerryreality220 memberi reputasi
Seolah2 dgn pakai jargon keren, ai,big data,4.0,5.0..
Tiba2 urusan birokrasi dinegeri ini jd beres

Tidak semudah itu fergusso!! Eh jowokid!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cruzrebirth dan 7 lainnya memberi reputasi
Pns gak kurang sebarnya..
Yg kurang itu pns di pedalaman.. makanya butuh terus..
Tapi masalahnya begitu keterima, baru berapa tahun langsung minta pindah dgn berbagai cara emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
profile-picture
xneakerz dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Dulu semua kira kerja PNS adalah kerja mapan auto stabil mpe pensiun anti disrupsi, ternyata tuntutan zaman akhirnya PNS image terjamin pun mulai tinggal kenangan....

Tonggaknya krismon 98, sebelum itu mau kerja apapun ya bank, pabrik, dagang, media, transportasi, bumn apalagi pns relatif terjamin pasti kartap sampe pensiun...

Tapi setelahnya, pelan2 kerjaan diganti outsourcing, kontrak, honorer, dan PNS pun pelan2 dihilangkan diganti PPPK dan robot

Di masa depan kerjaan tetap permanen adalah langka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hhendryz dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ArdaleneDanver
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Akhirnya enam dua jadi Ras unggul emoticon-Peluk

Terima kasih darwis emoticon-Imlek
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
Ngawur, tentang Data aja masih ngaco...
Apalagi ini mau gaya-gaya'an pake Robot segala...

Junjungan Cebong emang dongok emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
bonnes dan jerryreality220 memberi reputasi
tambah banyak yg nganggur di awalΒ² dong atau statusnya jadi kontrak?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Terungkap, Ini Alasan Jokowi Ngebut Ganti PNS ke Robot

tanggung mister president jokowi, why kagak sekalian saja ganti:

1. police ke Robocop/lnspector Gadget
2. siswa school ke Astro/Atom boy
3. habib rizieq ke Dr Robotic
4. TNI ke Terminator/Universal Soldier
5. operator telpon ke C-3PO star wars
6. TNI-AL ke Jaeger (Pacific Rim)
7. angkot and truk ke Transformer
8. baby sitter ke Doraemon
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh cacarakan
Tapi kok tiap tahun masih ada saja lowongan PNS? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
kudo212 dan scorpiolama memberi reputasi
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 6 balasan
terlalu halu urus administrasi pake robot emoticon-linux2 urus data aja bocor mulu emoticon-Nohope apalagi ini yg ada bakal ada yg ngakalin dan dijadiin cuan emoticon-Nohope udah deh mending benerin etos kerja kasih KPI, PNS PNS tua yg mindsetnya senioritas buang2in emoticon-linux2 lu kira bikin AI buat mikir palsu/enggak dsb gampang? ntah ini bisikan siapa lagi emoticon-Nohope
klo apa2 bisa AI itu negara barat/jepang dsb udah g ada PNS kali emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cruzrebirth dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gusmi21
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Lebih cepat lebih baik emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
37sanchi dan jerryreality220 memberi reputasi
Lah gak usah diganti robot tapi jumlah PNS kita aja yang dikurangin...
Anggaran negara tiap tahun abis banyak cuma buat kasih makan PNS , dari komposisi anggaran belanja negara2 di dunia kita termasuk paling besar ngumpanin civil servantnya wkkwkw

Tapi susah juga, jadi presiden indonesia kalau mau ekonomi tumbuh yaa guyur aja / tambah gaji PNS otomatis ekonomi tumbuh wkkwkww

kalau mau setaun sebelum jabatan abis kurangin jumlah departemen, jadi yang sektor vital aja kaya US.. dan dibuat undang2 presiden berikutnya gak boleh rombak... πŸ˜‚πŸ˜‚

Us cuma punya 15 menteri, sedangkan negara kita 34... wkwkwkkw

di negara maju biasanya cuma ada Dept commerce
kalau disini ada dept perdagangan, perindustrian, perikanan, menteri investasi... wkwkkwkw
coba kalau itu semua digabung jadi 1 dept dibawah 1 menteri bisa hemat anggaran brapa? πŸ˜…πŸ˜…

kemudian karena sudah otonomi daerah seluruh PNS di daerah itu dibawah pemda dan semua digaji oleh pemda kecuali aparat penegak hukum.. emoticon-Smilie
gak perlu lagi kanwil2 gak jelas... hehe berani gak pak???
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cruzrebirth dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh crusaders2003
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Pun Inilah yang disebut siklus kehidupan.

Di mana penduduk di negara maju pun musti keluar eksodus rame-rame dari Kota dan mebangun desa.

Secara sejumlah profesi banyak yang tergantikan o/robot atau terdampak Pandemic panjang.

Petani-peternak dan nelayan adalah kunci-nya, yess!

emoticon-Cool





profile-picture
profile-picture
profile-picture
whitepoint dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Woi bangun mas joko udah siang emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Percuma make robot kalau ktp masih di fotokopi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cruzrebirth dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3


×
Β© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di