CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pengakuan Guru soal Siswa Penganut Saksi Yehuwa 3 Kali Tinggal Kelas, Mengejutkan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a342be4b8c8146df7ecc7a/pengakuan-guru-soal-siswa-penganut-saksi-yehuwa-3-kali-tinggal-kelas-mengejutkan

Pengakuan Guru soal Siswa Penganut Saksi Yehuwa 3 Kali Tinggal Kelas, Mengejutkan

jpnn.com, JAKARTA - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti membeberkan pengakuan DH dan D selaku guru dari tiga siswa kakak beradik yang tiga kali tinggal kelas lantaran agama yang mereka dianut.

Tiga siswa penganut Saksi Yehuwa itu merupakan peserta didik di SDN 051 Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Mereka ialah M (14) kelas 5 SD, Y(13) kelas 4 SD, dan YT (11) kelas 2 SD.

Retno mengatakan pengakuan guru itu merupakan hasil pengawasan Tim Gabungan yang terdiri dari KPAI, Itjen Kemendikbudristek, dan unsur masyarakat sipil mengunjungi sekolah ketiga korban, Senin (22/11).

"Tim melakukan wawancara dengan Ibu DH selaku guru Pendidikan Agama Kristen yang diperbantukan di SDN 051 Tarakan," kata Bu Retno dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (27/11).

Sebagai guru yang diperbantukan, DH hanya mengajar mengajar 4 siswa termasuk tiga anak penganut kepercayaan Saksi Yehuwa yang 3 kali tinggal kelas. Selain itu, tim juga mewawancarai Ibu D, guru PJOK yang juga menjadi Pembina Agama Kristen.

Menurut pengakuan DH, ketiga anak tersebut pintar, bahkan nilai-nilai pengetahuannya sering mendapat 100 alias sempurna. Selain itu, ketiga kakak beradik itu juga berkelakuan baik dan sopan.

"Hal senada juga dikemukakan oleh Ibu D selaku pembina agama Kristen," ucap Retno.


Namun, nilai pendidikan agama tiga anak itu tidak tuntas pada rapor tidak naik kelas ketiga kalinya, karena nilai praktik tidak ada, tetapi nilai kognitif/pengetahuan tinggi dan nilai afektif atau sikapnya baik.


Nah, penyebab kosongnya nilai praktik ketiga anak tersebut ialah lantaran mereka menolak bernyanyi lagu rohani yang judulnya ditentukan oleh guru pendidikan agama Kristen. "Alasannya bertentangan dengan akidahnya," ungkap Retno sesuai pengakuan guru.

Mantan kepala SMAN 3 Jakarta itu menjelaskan orang tua korban sempat meminta izin agar anaknya diperkenankan menyanyikan lagu rohani yang sesuai akidahnya, tetapi tidak diperkenankan.

Alasan penolakan guru adalah berpedoman pada kurikulum pendidikan agama Kristen, padahal Kompetensi dasar (KD) dalam kurikulum pendidikan agama Kristen justru tidak menentukan judul lagu rohani.

"KD tersebut sama sekali tidak menentukan judul lagu rohani yang harus dinyanyikan oleh peserta didik", ungkap Retno.

Sementara itu, ketika mengunjungi rumah korban, tim gabungan mendengarkan suara anak-anak tersebut dalam kasus yang menimpa mereka, yakni tinggal kelas selama tiga tahun berturut-turut.

Ketika tim bertanya apa harapan atau keinginan ketiga anak yang 3 kali tinggal kelas itu, mereka menjawab 'hanya ingin naik kelas'.

"Saat ditanya apa lagi harapannya? Jawabannya kurang lebih sama, hanya ingin naik kelas. Ketiganya juga ingin tetap bersekolah di SDN 051 Kota Tarakan," ujar Retno.


Pengakuan Guru soal Siswa Penganut Saksi Yehuwa 3 Kali Tinggal Kelas, Mengejutkan
Komisioner KPAI Retno Listyarti. Foto: Ricardo/JPNN.com

Terakhir, anak-anak itu juga menyatakan kehilangan semangat belajar jika nanti akan mengalami tidak naik kelas lagi untuk keempat kalinya.


https://m.jpnn.com/news/pengakuan-gu...source=populer


profile-picture
profile-picture
profile-picture
indrastrid dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Jadi saksi Yehuwa agama kristen atau bukan?
profile-picture
profile-picture
kudo212 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
Nah, penyebab kosongnya nilai praktik ketiga anak tersebut ialah lantaran mereka menolak bernyanyi lagu rohani yang judulnya ditentukan oleh guru pendidikan agama Kristen. "Alasannya bertentangan dengan akidahnya," ungkap Retno sesuai pengakuan guru.

jadi hanya krn di suruh nyanyi kagak mau lantas tinggal kelas ??? emoticon-Gila emoticon-Gila emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
slider88 dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Wkwkwkw ini mah ahmadiyah versi kristen...emoticon-Ngakak
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
Biasa.....
Org kristen suka membully

Apalagi itu sekte kristen yg waras.
Yg allahnya tauhid
profile-picture
profile-picture
profile-picture
frozenade2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh antek.rakyat
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Katanya kemarin tidak mau menyanyikan lagu kebangsaan, yang benar yang nama ?
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Harusnya disuruh nyanyi lagunya saksi jehuwa

Diubah oleh antek.rakyat
giliaran ini onta pesek pada bela

giliran sendirinya beda akidah pala putus

faaak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 4 balasan
kalo gede pasti gabung sama teroris papua
profile-picture
kudo212 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Pengakuan Guru soal Siswa Penganut Saksi Yehuwa 3 Kali Tinggal Kelas, Mengejutkan

o, gosh. i hate politisasi agama
sebelumnya kes jilbab in sumbar, now kes sekolah kristian menindas siswa yehuwa

mau sampai kapan para petinggi stop to politisir relijion jadi alat penentu kenaikan kelas sekolah? and rampas hak siswa untuk study in sekolah manapun dia mau?

now is 2021 and 2022 is coming soon. 2022 is era globalisasi, science and teknologi. negara need anak bangsa yang berkualiti in ilmu pengetahuan and bisnis disamping agama
"Alasan penolakan guru adalah berpedoman pada kurikulum pendidikan agama Kristen, padahal Kompetensi dasar (KD) dalam kurikulum pendidikan agama Kristen justru tidak menentukan judul lagu rohani."

ini gurunya aja yang sesat.... udah dijelasin ngga ada kurikulum nya malah maksa...

sedikit keterangan soal saksi yehowa...

saksi yehowa beranggapan kalau yesus adalah nabi spesial seperti nabi sebelah bukan Tuhan seperti ajaran kristen pada umumnya hanya berbeda pendapat saja soal isiapa itu yesus, tapi mereka masih percaya sama yesus.
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
Gila ini guru, gara2 3 anak tsbt tidak mau menyanyikan lagu rohani sampe gak naik kelas,,,

Apa gak dipikirin masa depan sih anak?😑. 3x tinggal kelas dan umur semakin bertambah cuman karena dianggap kebo yg tersesat.

Tapi ya gak heran sih, penganut ajaran si enoh udah di dogma. Kalau beda berarti dianggap kebo yg tersesat,,,
profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 5 balasan
itu kpai mukenya gua kok enek banged yak?
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
KPAI itu apa sih, gak jelas. apa apa kok terkejut, padahal kasus bgini banyak yg tidak diviralkan. bahkan pelakunya beragama Mayoritas.

kalo jebolan KPAI saja lulusan mabok agama, mana bisa berpikir jernih.

profile-picture
gagal.jadi.nabi memberi reputasi
Lihat 23 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 23 balasan
Makanya hapus pelajaran agama, beres masalah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aldonistic dan 3 lainnya memberi reputasi
Masalah internal nih emoticon-Smilie wa orang luar cuman bisa nyimak.
Post ini telah dihapus
Intinya alasan yg dibuat-buat emoticon-Embarrassment
SDN kadron.....
profile-picture
corobikang memberi reputasi
Yah moga segera selesai dah.
dasar sempak intoleran.
profile-picture
kudo212 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di