CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / Wedding & Family /
Stop Berinteraksi & Stop Ngasih Makanan ke Tetangga yg Gak Kita Kenal / Gak Deket!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a3111fd54dab77e775f549/stop-berinteraksi-amp-stop-ngasih-makanan-ke-tetangga-yg-gak-kita-kenal---gak-deket

Stop Berinteraksi & Stop Ngasih Makanan ke Tetangga yg Gak Kita Kenal / Gak Deket!

Berikut ini tradisi jadi tetangga baru di AS, dan luar negeri. Jangan samakan dengan tradisi di Indonesia ya.

Ane jelasin satu2 perbedaannya.

Quote:



Alasan pribadi ane kenapa tradisi tetangga luar negeri di atas tidak sesuai dengan budaya di Indonesia dan sulit diterapkan di masyarakat kita.


- Inisiatif memperkenalkan diri
Tetangga baru mengenalkan diri? Mayoritas di Indonesia apalagi di lingkungan komplek, kalo ada tetangga baru yg mengenalkan diri ke tetangga lama, yang ada tetangga lama akan berpikir dalam hati 'siapa elo? gak kenal tiba2 mengenalkan diri, keliatan aneh'... tetangga lama juga gak ada keperluan utk tau siapa nama tetangga baru. Hal yang sebaiknya dilakukan ya sekedar say hi atau ngangguk ngasih senyuman ke tetangga, udah segitu aja udah cukup bikin tetangga lama seneng. Lama2 kayak gitu, tetangga lama dan baru akan ada obrolan soal sekitar rumah yg berujung pada perkenalan. Tunggu aja, ga usah buru2 ngenalin diri kalo jadi tetangga baru.


- Ajak tetangga berkunjung ke rumah
Nih lagi yang absurd. Kita jadi tetangga baru, trus ngajak tetangga lama yg br kenal main ke rumah kita? Paling jawabannya iya2 aja atau lihat nanti. Most likely tetangga lama gak akan datang ke rumah, karena gak kenal dekat ama kita. Pola pikir masyarakat Indonesia itu, mau akrab dan mau berkunjung ke rumah kalo udah kenal deket.. kalo gak kenal deket, sebisa mungkin jauhin karena gak ada kepentingan buat tetangga lama.


- Berkonstribusilah membantu tetangga
Kalo udah kenal deket ama tetangga lama, okelah kita bisa menawarkan bantuan.. kalo ada iuran warga atau iuran wajib keamanan atau perbaikan jalan, tetangga baru harus kontribusi demi jaga nama baik warga. Kalo gak kenal ama tetangga lama, trus sok2 menawarkan bantuan, mereka akan nganggep kita aneh dan pastinya ditolak... Kecuali kita setengah maksa... Good luck ya apa reaksi tetangga


- Jaga keseimbangan
Ini lazim dilakukan di lingkungan manapun, luar negeri atau Indonesia. Intinya jaga sikap yg baik dan gak mengganggu, jangan sampe diomongin tetangga.


- Lakukan syukuran
Apa2an sih tips ini? Tetangga baru ngundang tetangga lama utk syukuran? Tetangga2 lama bakal berpikir dalam hati 'who the hell are you??!!!' Coba aja agan sista jadi tetangga baru trus ngundang tetangga2 lama satu blok aja ke acara rumah agan sista. Kalo di kampung biasanya sebagian bakal dateng krna ngarep makan2 gratisan dan cenderung suka ngumpul2, kalo di komplek satu tetangga lama udah mau dateng aja udh seneng kita, sisanya gak bakal dateng krna alasan yg ane sebutkan di atas, malah agan sista akan dicap aneh karena 'mengganggu' tetangga lama yg mereka gak kenal deket.

Sama halnya dengan tetangga baru yg bagi2 makanan ke tetangga2 lama yg gak kenal atau gak deket utk perkenalan diri... Kalo di kampung mungkin mereka seneng nerima makanan gratisan, kalo di komplek yang ada agan sista bakal dicap tetangga baru yang aneh, suka pamer, suka ganggu orang yg gak dikenal, dicurigain mau ngeracunin tetangga, bukannya mereka makin deket ama kita tetangga baru, yang ada malah makin dijauhin dan makin diomongin yg jelek2...

Temen ane dulu pernah jd tetangga baru di lingkungan komplek, trus bagi2 makanan ke tetangga lama, apa reaksinya? Tetangga sebelahnya cuma bilang 'terima kasih' sambil senyum kecut trus langsung buru2 masuk ke rumah... Trus bbrpa tahun kemudian tmn ane pernah liat ada tetangga dpn rumah bagi2 mangga ke tetangga2 lain yg dia kenal deket, apa temen ane sbgai tetangga baru dibagi? Hell no... Sumpah nyesel bgt temen ane krna di awal2 pindah tmn ane bagi2 makanan ama tetangga2 lama, kalo endingnya kelakuan mereka begitu ama temen ane... yang parahnya wktu temen ane renov rumah 3 bln, pernah dimaki2 tetangga sebelah soal pasir yg ga sengaja jatuh ke sebelah rumah, dan tmn ane pernah pergokin emak2 tetangga yg julid yg ngomongin dan nunjuk2 rmh temen ane krna berisik.. temen ane kecewa, buang muka, trs buru2 msk ke rumah

Jadi tetangga yg cuek di Indonesia itu udh biasa gan..
Yang penting ketemu tetangga kiri kanan cukup nyapa aja mereka udah seneng, gak perlu ngikutin tips2 aneh ala tradisi tetangga luar negeri di atas, gak cocok diterapin di Indonesia apalagi di komplek, gak usah percaya sama tips2 org2 daerah yg menerapkan tradisi 'sok akrab' kyk gitu... kalo diajak ngobrol ama tetangga lama ya ngobrol seperlunya aja sbgai tetangga baru.. nah kalo udah sering ngobrol ama tetangga lama dan gan sis merasa cocok berteman dekat dgn mereka, silahkan lakukan tips2 di atas atau mau bagi2 makanan ke mereka ya monggo, mereka bakal seneng banget nerima pemberian dari agan sista yg sudah kenal deket ama mereka...

intinya jadi tetangga baru di Indonesia itu bukan jemput bola, tapi dijemput bola...

Sebagai tetangga baru, kita cuma perlu baik sama Pak RT, sekretaris RT, RW, satpam, dan pihak2 yg bertanggung jawab sama lingkungan perumahan.... Udah itu aja... Kalo tetangga2 lama yg lain sebaiknya gak usah dipikirin... Mereka mau baik ya syukur, mereka cuek ya udah biarin aja, toh kita gak ada urusan juga ama mereka.. cari temen deket kalo bs jangan ama tetangga krna rawan jd omongan ke tetangga2 lain

Jangan sampe dicap tetangga baru yang aneh dan 'ganggu' hidup mereka ya gan sis..

Jaga nama baik kalo gak mau diomongin dan dijauhin tetangga lama...

Ini murni pendapat ane berdasarkan pengalaman pribadi dan pengalaman org2 terdekat ane... Semoga bermanfaat buat yg pindah ke lingkungan baru..

Don't talk to stranger if you don't have to.
Popularity is not important, family and friends are the important ones...

emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Helm.Proyek dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh setiapmenit
tergantung tempatnya juga kok, di kontrakan ane pada baik baik, awalnya ane inisiatif ngenalin diri sambil bawain kue2, ga usah jauh jauh minimal tetangga kanan kiri sama depan, kedepannya dicuekin sih ga masalah, tapi minimal tetangga sebelah bisa lah dititipin paket klo ane lagi diluar rumah
profile-picture
.odysius memberi reputasi
menjaga nama baik pun sama aja kok gan tetep di omongin aja klo sama tetangga mah..menurut kita baik menurut tetangga belum tentu baik, itulah uniknya bertetangga di Indonesia..emoticon-Big Grin
Syukuran itu tradisi sih. Jd klo pindah rumah baru ya usahakan bagi2 memang. Ada acara besar ya bagi2.... Demi tradisi dan kesopanan. Namanya juga warga baru ya harus ada unggah ungguh. Klo ga dilaksanakan ya makin mati kehidupan sosial. Tak kenal maka tak sayang, mau dijauhin terus? Krn sebenernya tetangga adalah keluarga pertama yg sesungguhnya (klo keluarga pada jauh)....klo ada apa2...tetanggalah yg pertama dimintain tolong (ini kata tetua dan temen ane juga)
Ya intinya di kehidupan berttangga prinsip do the best. And let God take the rest bisa diaplikasikan emoticon-Ngakak
profile-picture
.odysius memberi reputasi
Ini sih kebanyakan terjadi di komplek perumahan, yang rata2 orangnya sama2 perantau..
Di daerah ane mah beda gan, kalo ada orang baru yg ngontrak di rumahnya tuan tanah/akamsi, pasti akrabnya cepat.
Berarti elo orangnya egois, engga ada rasa untuk bersosialisasi, sekarang gua mau nanya ama elo, di rumah elo ada yg meninggal terus rumah saudara saudara elo pada jauh jauh terus elo mau minta bantuan ama siapa kalau bukan ama tetangga elo? Jangan begitu gan manusia itu dilahirkan utk menjadi mahluk sosial. Kalau elo keberatan dgn itu pindah aja ke mars...
ane pendiem dan cenderung pasif tapi masih mau berusaha buat say hello atau sekedar ngobrol tapi gak lama, gak enaknya kalo tinggal di kampung yg keorganisasiannya di junjung tinggi kek misal di Jogja nih ada yg kepemudaan sama yg RT/RW, ane yg gak banyak bicara ya cuma ikut2 doang, tapi sekalinya gak ada keliatan jadi bahan omongan, malah pernah pake nyindir2 segala lagi, gue kan perlu kerja juga cari duit buat makan, harusnya maklum lah.,
intinya sih saling hargain aja, kalo gak suka ya tinggal ngomong langsung gak usah pake ngomongin di belakang sama nyindir2.,
Ga heran di Indonesia setelah lulus sekolah/kuliah, ya udah, ga punya teman baru.

Ya gimana mau punya teman baru, wong ga punya social skill & networking.

Paling2 ya teman sekolah/kuliah yg di hubungi untuk ketemuan/main karena ya kenal dekat nya cuma sama mereka doang. Itu jg ga banyak, paling2 cuma 3-5 orang aja yg mereka kenal secara dekat.

Bisa kenal teman sekolah/kuliah jg ya karena 1 kelas/sekolah. Tau nama nya jg karena panggilan absensi di kelas, bukan karena secara aktif kenalan.


Alhasil, ya begitu, sampai tua yg cuma berteman dengan suami/istri & anak aja karena teman semasa sekolah/kuliah nya pun kini sudah punya kehidupan mereka masing-masing.


Orang Indonesia bukan cuek, mereka hanya ga punya skill social & networking karena memang ya ga pernah di ajarin di sekolah atau pun di pelajari sendiri. Karena tidak memiliki skill tersebut, alhasil lebih memilih bersikap cuek ketimbang mengasah skill sosial mereka. Kemudian melakukan pembenaran bahwa cuek itu baik. -- pft!

Alasan lain mengapa orang Indonesia enggan mau membuka hubungan dengan orang lain tidak lain adalah.. MEREKA TAKUT DI UTANGIN. Hahaha..!



profile-picture
vickytej2301 memberi reputasi
serba salah wkwkwkwkw


berbuat baik tiba tiba dikira sksd
kalo didiemin dikira sombong

tapi tetep berbuat baik aja
terlepas mereka mau komen apa aja


kalau menanam sesuatu yang baik dapetnya baik juga kok

mungkin gk dari dia bisa dari orang lain


tapi kalo berbuat jelek ya jadinya jelek juga

mungkin kita dianggep sksd kalo bawa makanan dll
tapi yang lain bisa saja nganggep kita sopan baik mau bermasyarakat

tapi kalo kita dingin diem aja kita dianggep sombong
dan yang lain pasti nganggep kita sombong juga


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di