CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Apakah Cireng Dan Boba Berbahaya Bagi Tubuh?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a22d85e22dfd2af65aace3/apakah-cireng-dan-boba-berbahaya-bagi-tubuh

Apakah Cireng Dan Boba Berbahaya Bagi Tubuh?

Tepung tapioka atau tepung yang terbuat dari singkong ini merupakan bahan dasar dari berbagai macam cemilan yang dinikmati semua kalangan, tidak ada yang bisa meragukan bahwa cemilan ini enak, namun hal yang ditanyakan banyak orang termasuk kami ane juga adalah cemilan ini sehat gak sih sebenarnya? Setelah sekian lamanya kita akan menjawab pertanyaan tersebut dalam pembahasan kali ini.

Quote:
sumber

Cemilan yang berbahan dasar tepung tapioka tidak sedikit, sehingga untuk menyederhanakan pembahasan ini ane akan menggunakan 'boba' dan 'cireng' sebagai perwakilan dari keluarga besar cemilan tapioka. Tidak sedikit artikel yang sudah ditulis mengenai mengapa cemilan ini berbahaya bagi tubuh, kalian mungkin sudah lelah melihatnya namun tahukah kalian bahwa sebenarnya cemilan ini memiliki kelebihan tersendiri. Pertama apabila kita lihat dari sisi kadar garamnya, tepung tapioka aman untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi karena tepung tapioka memiliki kandungan sodium atau garam yang rendah yaitu 145 MG per 100 gram, sebagai referensi jumlah batas harian natrium untuk pasien jantung sesuai dengan anjuran American Heart Association adalah 2300 MG, tepung tapioka juga memiliki kadar kalsium yang cukup tinggi yaitu 71 MG per 100 gramnya dibandingkan dengan tepung lain yang hanya memiliki 3 MG per 100 gram.

Sebagai perbandingan susu rendah lemak memiliki kadar kalsium 125 miligram per 100 gram sehingga tepung tapioka baik untuk pertumbuhan tulang. Selain itu sesuai dengan julukannya sebagai pengganti lemak, tepung tapioka memiliki kandungan lemak yang rendah yaitu 0,03 gram dalam satu sajian boba, sehingga kalian tidak perlu takut kolesterol naik apabila memakan cemilan tapioka. Walaupun semua hal tersebut terdengar bagus sebaiknya kalian jangan menggunakannya sebagai alasan untuk minum boba setiap hari karena sayangnya semua hal tersebut tidak sebanding dengan dampak negatifnya.

Salah satu bahaya terbesarnya adalah kadar karbohidrat yang terdapat dalam cemilan tersebut, tepung tapioka mengandung 22 gram karbohidrat per 100 gram sajian. Selain itu, tepung tapioka memberikan 130 kalori per 100 gram yaitu sama dengan 1 sajian nasi putih.

Mungkin kalian berpikir itu tidak terlalu banyak kok, namun anda harus ingat bahwa 130 kalori tersebut hanya kandungan bobanya saja, apabila kita hitung minuman dan kandungan gulanya, kandungan kalori dalam boba dapat meningkat hingga 300 kalori. Mengingat kebutuhan kalori kita per hari jika mengkonsumsi boba sudah mencapai kurang lebih 15% dan selain itu perlu diperhatikan juga bahwa karbohidrat dalam jumlah yang berlebihan dalam tubuh kita akan disimpan dalam bentuk lemak, dan untuk sobat kita sang 'cireng' tidak bebas dari bahayanya sendiri karena cireng yang digoreng dalam minyak dengan jumlah yang banyak dapat berkontribusi ke lemak tubuh anda juga.

Pada akhirnya tepung tapioka memang tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik, selain kalsium dan asam folat yang cukup tinggi kandungan vitamin dan mineral dari tepung tapioka hampir 0, jadi untuk menjawab pertanyaan sebenarnya cemilan tapioka sehat atau tidak? Jawabannya adalah tidak. Cireng, boba dan teman-temannya tidak sehat, namun apakah itu artinya kita harus selalu menghindari cireng, boba dan kawan-kawan? hmm kayaknya cukup susah ya.

Mengkonsumsi cemilan tapioka akan berdampak negatif terhadap tubuh apabila dilakukan secara berlebihan, tapi realitanya adalah kita memang mau makan cemilan ini bukan karena kandungan nutrisinya melainkan karena cemilan ini membuat kita bahagia dan apabila dampak negatifnya dapat kita tekan dengan tidak mengkonsumsinya terlalu sering maka tidak ada salahnya kita ngemil sekali-sekali.


Quote:
sumber

Cukup sekian pembahasan kali ini, cemilan yang mana favorit kalian dan mampukah kalian hidup tanpa nya? ceritakan pengalaman kalian di kolom komentar di bawah, semoga bermanfaat dan sampai jumpaa..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pphitam dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Si.jonii
Halaman 1 dari 2
emoticon-Leh Uga
Cuma pati kanji masak bahaya?
emoticon-Bingung
profile-picture
Iluminarc memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Cireng dan boba aman dikonsumsi,
Asal tidak dimakan sama bungkus nya...
emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
jlamp dan isanyk memberi reputasi
Itu cireng dan boba selama bukan neng jessica yang bikin ya aman terjamin
profile-picture
ayahnyabinbun memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Kalo di Indonesia kayaknya lum ada kasus overdosis boba, kalo cireng bahaya sekalian aja pisgor, tempe mendoan, gehu, bala-bala, comro, misro ampe pisang aroma juga bahaya
mayoritas penyukanya perempuan makanan tepung tapioka, kalo cowok tetap beras dan gandum
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Bahaya sekali kalo tiap hari cuman makan cireng sama minum boba. Pertanda ada yg salah dengan kejiwaannya.
profile-picture
jazzcoustic memberi reputasi
Untung ga sering2, ga suka2 amat juga sm boba
boba setaun sekali blom tentu.. cireng sebulan sekali blom tentu..

ah aman brarti... emoticon-Big Grin
Kalo kandungan glutennya gan? emoticon-Bingung
Kalo boba sih malah rada ngeri di campuran gula nya, kalo bahan dasar boba sih ngk ada masalah.
Trims Gan sharingnya.
Aye suka cireng panas yang baru digoreng plus cabe rawit, Gan.
emoticon-Malu.
ane suka cireng, tapi gak suka boba emoticon-Ngacir Tubrukan
sekarang udah jarang makan cireng emoticon-linux2
Cireng kena sirem kuah tahu gejrot, enak beut
asal gak setiap hari
cara pandangnya aneh ini emoticon-Leh Uga
Yg ga sehat tuh #bobachallange bre emoticon-Leh Uga
Selagi tidak berlebihan, enak soalnya cireng tuh..
Wah gue dulu jurusan IPA.
Cuma paham kalo mabok itu lama lama bisa bikin sakit. Maka nya masuk ipa soal nya yg anak anak ips pada mabok.
Ane minum boba pernah sekali. Perasaan biasa aja, ga enak enak amat tapi kok viral banget yak? Masih enak jus duren. emoticon-Ngakak (S)
Kalo cireng sering beli jaman kuliah dulu. Sejak lulus balik rumah udah ga pernah makan lagi. Ga ada yang jual juga sih disini. emoticon-Hammer (S)
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di