CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Militer dan Kepolisian /
Tank T-80 Rusia di Krimea Tampil dengan Armor Baru yang Aneh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/61a22820dbce9f0c0d05b4a6/tank-t-80-rusia-di-krimea-tampil-dengan-armor-baru-yang-aneh

Tank T-80 Rusia di Krimea Tampil dengan Armor Baru yang Aneh

"Pengalaman adalah guru yang terbaik", pepatah tersebut tampaknya diimplementasikan secara serius oleh Rusia saat ini. Seperti yang sudah banyak diberitakan, pasukan Rusia kini sedang disiagakan di wilayah Krimea yang berbatasan dengan Ukraina. Di tengah kekhawatiran yang berkembang tentang potensi invasi skala besar Rusia ke wilayah Ukraina, setidaknya satu tank T-80 Rusia yang terlihat di Krimea dipasangi armor ad hoc yang tampak aneh.

Armor jenis ini semakin banyak muncul di tank Rusia akhir-akhir ini dan tampaknya digunakan untuk melindungi tank dari serangan amunisi yang berkeliaran dan pesawat tak berawak bersenjata. Pemasangan armor pada tank Rusia yang terlihat seperti sangkar burung ini kemungkinan terinspirasi oleh penghancuran yang dilakukan pada alutsista Rusia selama konflik tahun lalu di Nagorno-Karabakh.

TheDrive.com menyebutkan jika baru-baru ini di media sosial Twitter telah muncul video dari tank Rusia yang dipasangi armor yang tidak biasa. Kandang (sangkar) atau struktur seperti layar yang dipasang di puncak turret tank Rusia adalah struktur logam mentah, mirip dengan slat armor. Pemasangan logam ini jelas dimaksudkan untuk memberikan perlindungan terhadap serangan langsung dari atas. Secara tradisional, perlindungan untuk tank difokuskan pada bagian samping dan depan lambung serta bagian turret. Sementara itu armor yang tampak dalam video yang baru-baru ini diambil di Krimea adalah desain yang tampaknya belum memiliki standarisasi untuk eksperimen atau pengujian.


Quote:



Beberapa pengamat berpendapat bahwa layar atau sangkar yang dipasang di atas turret tank Rusia merupakan respon terhadap ancaman yang ditimbulkan oleh peluru kendali anti-tank canggih, atau ATGM, seperti Javelin buatan AS yang menyerang dari atas. Di mana sekarang Javelin sudah berada di tangan Ukraina. Selain ATGM, fungsi utama armor baru ini adalah untuk melindungi tank dari amunisi yang diluncurkan oleh drone.

Dalam kasus Javelin, armor itu bisa menurunkan efektivitas hulu ledak tandemnya, yang secara khusus diatur waktunya untuk menembus armor reaktif eksplosif (ERA). Bahkan jika sangkar itu tidak langsung menghentikan rudal seperti Javelin secara konsisten, armor itu bisa mengurangi efek ledakannya.

Munculnya armor terbaru ini tidak selalu menandakan persiapan untuk operasi militer yang akan segera terjadi, tetapi bisa jadi merupakan hasil dari arahan mendesak yang menyerukan solusi baru untuk melawan apa yang jelas-jelas merupakan ancaman yang berkembang dan asimetris. Jika berhasil, kemungkinan besar kita akan mulai melihat pola seperti layar atau pelindung seperti kandang yang lebih standar di masa mendatang.


Quote:


 
Tampaknya Rusia hampir pasti mengambil pelajaran dari konflik di Nagorno-Karabakh, ketika pasukan Azerbaijan menggunakan pesawat tak berawak Bayraktar TB2 buatan Turki yang dipersenjatai dengan amunisi berpemandu presisi MAM-L, dan senjata lain yang sangat berpengaruh terhadap pasukan Armenia. Selain senjata seperti MAM-L, bahkan mortir dan granat yang lebih kecil dan tidak bertenaga memiliki efek yang menghancurkan pada armor yang berat, terutama ketika digunakan dalam jumlah yang signifikan. 

Selain amunisi presisi dan rudal Javelin, fitur perlindungan diri tambahan pada tank Rusia juga disiapkan untuk amunisi berkeliaran Harop buatan Israel, yang juga digunakan di Nagorno-Karabakh. Bagaimana cara mempertahankan pasukan darat melawan amunisi yang berkeliaran dan drone yang meluncurkan amunisi kecil adalah salah satu hal yang semakin penting saat ini bagi Rusia.

Sementara itu dari sudut pandang Rusia, perlu dicatat bahwa selain Javelin dan drone TB2 maupun amunisi MAM-L yang sekarang beroperasi dengan Ukraina; pasukan Ukraina juga semakin banyak menggunakan drone yang lebih sederhana dan lebih kecil. Salah satunya adalah prnggunaan drone quadcopter yang dipersenjatai dengan mortir yang disesuaikan serta muatan bahan peledak lainnya untuk menyerang pasukan yang didukung Rusia di timur negara itu.

Di sisi lain, penerjunan TB2 dan drone bersenjata lainnya oleh Ukraina, serta rudal Javelin, mengubah keseimbangan di perbatasan barat Rusia. Dan jika Moskow meluncurkan serangan di wilayah tersebut, maka kita kemungkinan akan melihat armor yang tampak seperti sangkar burung ini lebih luas.


Quote:



Pada akhirnya, langkah-langkah peningkatan armor pada tank Rusia yang lebih tua mencerminkan lambatnya program modernisasi baju besi negara itu. Yang paling disorot tentu program tank T-14 Armata generasi baru, yang dikabarkan bakal menampilkan turret tak berawak, armor pasif yang ditingkatkan, dan sistem perlindungan aktif yang khusus untuk mengalahkan ATGM dan roket anti-tank infanteri. Namun, produksi massal tank T-14 telah ditunda sampai tahun depan dan jumlah yang direncanakan untuk dipesan kini dipangkas.

Terkait situasi di dalam dan sekitar Ukraina, Kedutaan Besar AS di Kyiv pada 25 November 2021 mengeluarkan peringatan keamanan yang berkaitan tentang laporan aktivitas militer Rusia yang tidak biasa di dekat perbatasan Ukraina dan di Krimea yang diduduki. Saat ini telah muncul kekhawatiran yang berkembang bahwa, Moskow mungkin sedang bersiap untuk meluncurkan invasi skala besar baru ke Ukraina timur pada awal Januari. 

Jika invasi itu benar-benar terjadi, kemungkinan kita tidak hanya akan melihat drone dan ATGM Ukraina baru yang akan beraksi, tetapi juga modifikasi lebih lanjut dari baju besi milik tank Rusia untuk mencoba dan mengimbangi ancaman ini. Tetapi kita berharap bahwa kita tidak akan pernah melihat kedua hal tersebut.



Referensi Tulisan: TheDrive.com
Foto: Kementerian Pertahanan Ukraina, Twitter
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 13 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Halaman 1 dari 2
Pelajaran yang didapat dari konflik Nagorno-Karabakh:


Tank T-80 Rusia di Krimea Tampil dengan Armor Baru yang Aneh


Btw kalau sedang tidak ditugaskan, bagian atap tank Rusia ini bisa dibuat jemur pakaian, sepatu, bantal atau guling emoticon-Big Grin emoticon-Hammer (S)

Tank T-80 Rusia di Krimea Tampil dengan Armor Baru yang Aneh

Jangan lupa komeng gan emoticon-Hai
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh si.matamalaikat
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Iya ya, bagian atap turet semua tank nya rusia, pra airmata t14, mmg rentan thd serangan atas yg dr langit, gan.......

Rupanya militer ukraina sudah siap, atas bantuan penuh dr negara2 nato, khusus nya amrik dan turki........ tuk melawan invasi pasukan tsar rusia yg berniat mau aneksasi paksa spt kasus krimea tempo dulu, gan........tp, kali ini dgn kekuatan militer tsar rusia secara penuh......
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh yoseful
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Emg yakin tuh bsa menahan javelin? emoticon-Bingung (S)

Terlihat gtu doank
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 5 lainnya memberi reputasi
Terlepas dr evektif ngganya tuh armor, tampang tank nya jd aneh dan key nya makin berat saja.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 6 lainnya memberi reputasi
Sepertinya ini bukan sembarang Armor...

Ini semacam "Reactive Armour" yang berfungsi selain meredam / menahan terjangan proyektil, juga mengurangi dampak dari tumbukannya..

Cmiiw.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
makanya AS uda ga invest tank lg, lebih mahalan armor daripada ngehancurinnya, 2 orang aja uda bisa bawa ATGM
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Slat armour atau armour cage sudah lama dipakai dan cukup efektif dalam menahan serangan roket anti tank.
German adalah penemu dan pengguna pertama slat armour pada PD II yang ditempatkan pada ranpur / rantis yang sedang beroperasi di zona rawan serangan roket anti tank.
Slat armour berfungsi sebagai armour pasif tambahan diluar body rantis / ranpur untuk menahan laju proyektil roket anti tank yang akan tersangkut dan meledak di slat armour. Minimal dengan slat armour akan mengurangi secara signifikan laju proyektil roket anti tank jika berhasil melewati celah diantara slat armour sehingga mengurangi daya penetrasi ketika menembus body armour. Tidak ada aturan baku dalam pembuatannya karena disesuaikan dengan desain awal rantis / ranpur dan titik lemahnya terhadap serangan roket anti tank. Hal hal umum yang wajib diperhatikan adalah :

1. Bahan slat armour juga berasal dari bahan metal armour yang kuat dan tebal agar efektif menahan laju proyektil roket anti tank.
2. Celah pada slat armour harus lebih sempit daripada diameter roket anti tank yang umumnya berdiameter 80 an mm.
3. Jarak pemasangan slat armour dengan body rantis / ranpur juga wajib diperhatikan agar efektif menahan laju dan meminimalkan dampak ledakan proyektil roket anti tank.
4.Pemasangan slat armour juga wajib memperhatikan tambahan bobotnya agar tidak mengganggu manuver dan performa rantis dan ranpurnya.

Slat armour pada bagian samping German Bundeswehr Panzer IV Ausf
Tank T-80 Rusia di Krimea Tampil dengan Armor Baru yang Aneh

Slat Armour pada APC M113
Tank T-80 Rusia di Krimea Tampil dengan Armor Baru yang Aneh

Slat Armour pada kabin CAT D9 Armoured Bulldozer
Tank T-80 Rusia di Krimea Tampil dengan Armor Baru yang Aneh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh gonugraha76
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 8 balasan
aneh tapi berfungsi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
Estetika bentuknya kurang jd bentuknya terasa aneh.
Tetapi secara fungsinya mungkin dpt.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pilotugal2an541 dan 5 lainnya memberi reputasi
Udah cem besi yang ditempelin aja itu pelindungnya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


semoga invasinya nggak pernah terjadi gan



Quote:


masih belum tahu gan, setidaknya bisa mengurangi efek ledakannya. cmiiw emoticon-Ngacir



Quote:


armor ini adalah salah satu solusi untuk menahan gempuran ATGM atau amunisi dari drone gan emoticon-Ngacir


Quote:


kalau menurut ane fungsi utamanya untuk mengurangi dampak tumbukannya, cmiiw



Quote:


sekarang mempertebal armor tank jadi nggak relevan gan, soalnya ATGM modern sudah bisa menembusnya.

solusinya adalah memakai sistem peringatan dini seperti Trophy buatan Israel, untuk meningkatkan kesadaran situasional kru. Trophy sudah mulai dipasang di Leopard dan Abrams emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Quote:


terimakasih om tambahannya, jadi semakin tahu soal slat armor ini.

besi yang dipasang layaknya pagar pada ranpur di atas termasuk slat armor juga ternyata emoticon-Cendol (S)



Quote:


yang penting fungsinya gan emoticon-Big Grin


Quote:


iya gan, buat mengurangi dampak ledakan dari rudal/amunisi yang ditembakkan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 5 lainnya memberi reputasi
Yg atas buat mengurangi daya ledak javelin dan misil udara ke darat lainya, karena jidat atas biasanya tipis dan misilnya tipe benturan meledak(maaf gak apal nama jenis misil)

Kalo yg di samping2 armor kek pager itu buat obat peluru yg sistemya nempel kek tanah liat terus meledak yg effect nya lebih parah kalo nempel armor langsung

Semua pager tersebut kurang berguna lawan full metal jacket sama yg pelurunya kek panah tinggal tebel2lan armor tapi minimal pager ini membantu kemungkinan mantul/recoset lebih tinggi jadi jatuhnya berguna juga ini pager

Btw kotak2 ditata itu juga tujuanya sama kek pager ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pulaukapok dan 4 lainnya memberi reputasi
anti atgm, anti rudal drone, jemur krupuk & tadah hujan emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan 2 lainnya memberi reputasi
apa iya armor tipis gitu bisa mengurangi efek penghancur misil javelin?
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan nowbitool memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tank itu berarti kelemahannya serangan infantri yah...

Apalagi kalau lawan bawa rpg dan rudal anti tank...
profile-picture
profile-picture
TuanLi dan jagotorpedo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
gak usah skeptis dulu..
liat aja dulu kinerja di lapangan...

Merkava aja turretnya pake rantai + bola² logam, atau Sherman jaman PD2 yg pake rantai tank (track) yg dipasang terbalik di badannya. (padahal tampilannya jadi aneh²...emoticon-Big Grin)
...,cmiiw...
profile-picture
gonugraha76 memberi reputasi
kirain biar nggak kepanasan drivernya...
emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
profile-picture
jagotorpedo memberi reputasi
Gak tau ya tapi ngeliat tank dicampur baja tempel jadi kayak ngeliat mobil campur aduk di mad max. emoticon-Leh Uga
Tar lama2 pasang kanopi galvalum juga, alesannya buat ngurangi panas dan ujan sekalian lumayan buat nambah kerjaan bengkel las di sono emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 2


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di